ads

7 Manfaat Menonaktifkan Ponsel Saat Tidur yang Jarang Diketahui

Jumat, 07 April 2017
Tidur bersama ponsel (Gambar kesekolah.com)

Ponsel atau sekarang lebih keren lagi namanya yakni smartphone atau ponsel pintar, sudah menjadi barang yang wajib dibawa kemana pun kita pergi. Tidak hanya itu ponsel juga menjadi barang yang tidak bisa jauh walaupun saat tidur sekali pun. 

Padahal terkadang manusia tidak ingin terganggu dengan hal-hal yang mengganggu pada saat tidur seperti ada bunyi SMS, telepon, atau notifikasi dari media sosial atau aplikasi perpesanan yang terkadang tidak tahu waktu saat orang sedang istirahat atau sedang tidur.

Oleh karena itu sebaiknya kita sebagai pengguna ponsel harus pandai-pandai memanfaatkan ponsel tersebut dan bisa mengendalikannya bukan kita yang dikendalikan oleh perangkat yang membuat penggunanya bisa sakit karena terganggu pola tidur dan istirahatnya. 

Untuk itu sebaiknya sebagai pengguna sesekali menonaktifkan ponsel tersebut untuk beberapa saat terutama saat kita beristirahat. Berikut ini 7 manfaat menonaktifkan ponsel saat tidur yang jarang diketahui : 

  1. Tidak terganggu. Dengan menonaktifkan ponsel saat tidur, Anda tidak akan terganggu dengan bunyi atau getar dari ponsel Anda sehingga pada saat bangun tidur Anda segar kembali. 
  2. Tidak terkena radiasi elektromagnetik. Ponsel atau smartphone memiliki sinar radiasi elektromagnetik yang dapat membahayakan kesehatan apabila tubuh terlalu lama terpapar sinar tersebut. Sinar radiasi tersebut dapat memicu tumbuhnya sel kanker dan tumor pada tubuh. 
  3. Terhindar dari panas. Ponsel atau smartphone akan mudah panas ketika sering dioperasikan dan menyimpan panas di dalamnya. Panas tersebut dapat membahayakan kesehatan penggunanya terutama pada malam hari sehingga sebaiknya jauhkan dari jangkauan Anda. 
  4. Menormalkan ponsel. Ponsel yang terlalu panas bisa normal kembali saat ponsel atau smartphone dinonaktifkan terutama layar dan baterai ponsel. Oleh karena itu matikan ponsel untuk menormalkan kembali ponsel Anda. 
  5. Mengatasi Ghost Touch. Jika smartphone Anda mengalami ghost touch atau ponsel seolah-olah mengetik sendiri maka cara terbaik adalah menonaktifkan smartphone tersebut selama semalaman atau seharian. Smartphone akan normal kembali dan ghost touch pada perangkat Anda akan bisa teratasi. 
  6. Mengatasi Blue Light. Ponsel atau smartphone atau gadget lain mengeluarkan cahaya yang disebut dengan blue light. Menurut beberapa penelitian kesehatan, cahaya ini mampu menghambat produksi yang bernama hormon melatonin yang menginduksi tidur Anda. 
  7. Menghemat kuota. Secara tidak langsung dengan menonaktifkan ponsel atau smartphone saat Anda beristirahat kuota internet Anda tidak cepat habis karena otomatis tidak ada yang masuk dari notifikasi media sosial atau aplikasi perpesanan dan pembaharuan aplikasi. 
Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk Anda yang mengharapkan hidup yang berkualitas.

0 komentar:

Posting Komentar test