Hati-hati Ini Nama-nama Virus Pada Perangkat Android Anda dan Tanda-tandanya

Sabtu, 15 April 2017
Ilustrasi virus Android (Gambar Gadgetcares.com)

Smartphone Andaroid banyak diburu oleh para pengguna di seluruh tanah air, selain karena fitur-fiturnya yang menarik juga karena ponsel tersebut dibanderol dengan harga yang murah serta pengguna bisa mendapatkan banyak aplikasi dan game android secara gratis dan berbayar. Ada ratusan ribu lebih aplikasi yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. 


Tapi sayangnya aplikasi-aplikasi tersebut ada yang disertai masuknya virus ke dalam smartphone Android yang digunakan. Akibatnya, banyak pengguna Android mengeluh tiba-tiba ponselnya ngehang atau pulsanya terkuras habis. Nah, untuk mencegah hal ini terjadi, Anda harus membiasakan diri untuk mengetahui beberapa virus pada Android beserta cara kerjanya, 


Berikut ini nama-nama virus yang menyerang perangkat android dan cara kerjanya : 

  1. Trojan Obad. Virus di Android yang satu ini adalah berbahaya, tidak hanya Android tetapi juga PC dan tablet. Bagaimana tidak, sampai saat ini Kaspersky sebagai produsen antivirus terbesar saat ini dibuat jengkel. Pasalnya Android Trojan mampu masuk ke sistem menggunakan simbol kompleks yang sulit untuk dideteksi, atau dengan kata lain, ia adalah ahlinya "bersembunyi". Meskipun dapat dikurangi, tetapi anti virus Kaspersky sendiri belum mampu menghilangkan Trojan tersebut ke akar-akarnya. Pertama, Trojan Obad ini akan membawa Anda ke sebuah website yang menyediakan download aplikasi. Setelah file atau aplikasi download, Trojan akan segera bertindak dengan cara secara ganas. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam mengunduh aplikasi karena akan banyak terinfeksi virus Trojan Android. Jika Anda telah mendeteksi virus ini, sebaiknya untuk tidak menyebarkan file tersebut dengan cara menonaktifkan Bluetooth. Karena Trojan ganas ini akan dengan mudah menyebar bila menggunakan bluetooth.
  2. Andr / BBridge-A. Malware atau virus pada Android yang satu ini akan menginstal aplikasi tambahan pada Android Anda tanpa sepengetahuan dan seizin penggunanya alias mengambil alih hak-hak Anda. Setelah itu, ia akan mengirimkan informasi penting dari ponsel. Malware ini bisa membaca SMS, mengirim SMS, dan menghapus item terkirim sehingga tanpa disadari SMS bisa terjadi berulang-ulang. Akibatnya, pulsa Anda cepat habis.
  3. Andr / BatteryD-A. Seperti namanya virus ini akan membuat baterai smartphone Anda menjadi cepat habis. Karena virus ini akan mengirimkan informasi penting dari HP Anda dan Download aplikasi tanpa izin. Ketika Anda membuka aplikasi di Android, iklan tidak penting akan muncul. Akibatnya, baterai semakin lemah. Ketika di smartphone Android Anda ada virus Baterai-A maka harus siap-siap membawa charger kemana pun Anda pergi. 
  4. Virus Hipposms. Virus ini memang sengaja dibuat untuk menjadi miskin pengguna Android karena pulsa Anda tersedot terus. Salah satu caranya adalah membuat smartphone Android ini terus-menerus mengirim SMS premium. Meskipun Anda sudah menonaktifkannya melalui operator seluler tersebut terkadang Virus Hipposms masih tetap ada dan menyedot pulsa Anda. Jika Anda tidak merasa mendaftar layanan SMS premium tersebut tapi tiba-tiba memperoleh SMS, maka kemungkinan smartphone Anda sudah terkena virus ini. Kabarnya virus ini baru beredar di China baiknya adalah virus ini beredar di China, meskipun demikian sebagian pengguna dari Indonesia bisa terjangkit virus ini jadi harus segera mengupdate antivirusnya.
  5. Andr / Do Sheep -A. Anda mungkin pernah mengalami Facebook, Twitter atau Linkedin Anda melakukan update status yang jelas. Jadi berhati-hatilah dengan yang namanya virus pada Android yang satu ini. Dia adalah Hacker yang merusak sistem jejaringan sosial Anda. Menyebalkan, terutama saat virus itu melakukan hal-hal yang tidak diinginkan di beranda penggunanya, seperti dikutip dari Gadgetcares.com 
Itulah beberapa virus berbahaya di Android pada Smartphone Android Anda. Untuk mencegah hal tersebut sebaiknya Anda segera memperbarui antivirus Anda baik yang berbayar maupun yang gratisan. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi, segera instal antivirus terpercaya pada smartphone anda.

1 komentar on Hati-hati Ini Nama-nama Virus Pada Perangkat Android Anda dan Tanda-tandanya

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam