ads

Inilah Fitur-fitur dan Tren Terbaru Smartphone Tahun 2017

Selasa, 18 April 2017
Fitur dan tren smartphone 2017 (Gambar Gadgets.ndtv.com)

Tahun 2017 banyak sekali smartphone-smartphone terbaru yang diperkenalkan oleh para vendor. Vendor yang mempunyai banyak inovasi terutama dalam fitur-fitur menarik akan bisa bertahan dan menguasai pasar, sementara vendor yang tidak memiliki inovasi akan tenggelam. Tahun ini diprediksi akan menjadi tahunnya inovasi smartphone. 

Tetapi tahun ini banyak perubahan-perubahan baru yang kini menjadi tren untuk smartphone 2017 dan sudah diterapkan oleh vendor-vendor ternama dunia seperti Apple, Samsung, LG, Sony, Motorola, Huawei, OPPO dan vendor lainnya.

Ponsel modular yang banyak ditunggu ternyata tidak terlalu menarik untuk dilanjutkan sehingga beberapa vendor menggantinya dengan fitur yang lain. Berikut ini fitur dan tren smartphone di tahun 2017 : 
Samsung Galaxy S8 (Gambar Gadgets.ndtv.com)
Desain lebih elegan dan bentuk lebih panjang
Smartphone keluaran terbaru memiliki bentuk yang lebih elegan dan ukuran yang lebih panjang dengan ukuran aspect ratio 2:1. Smartphone Samsung terbaru yakni S8 memiliki bentuk yang lebih panjang dari smartphone biasanya. Ini bisa dipahami karena cocok untuk para pengguna yang menggunakan dengan satu tangan. 
iPhone 7 (Gambar Makemac.com) 

Tidak Ada Jack Headphone 
Ide ini memang berawal dari produsen Apple yang menghilangkan lubang jack headset 3,5 mm pada smartphone terbarunya yakni iPhone 7. Keputusan menghilangkan lubang headphone ini bukan tanpa sebab karena penggantinya yakni port USB Type-C selain bisa digunakan untuk mengisi ulang juga bisa digunakan untuk mentransfer data, sedangkan untuk mendengarkan musik atau video bisa menggunakan headset Bluetooth atau wireless. 

iPhone 7 Plus dengan kamera ganda (Sumber Liputan6.com)
Kamera Ganda 
Dual Camera atau kamera ganda kini menjadi tren seperti disematkan pada Oppo F3. Samsung Galaxy S8, iPhone 7 Plus, LG G5, Xiaomi Mi5 dan lain-lain. Kamera ganda ini memiliki beberapa keunggulan seperti hasil zoom lebih bagus, sensor lebih besar, dan kedalaman gambar lebih baik. Tentu dengan kamera ganda ini hasil foto dan video menjadi lebih maksimal. 

Sony Xperia XZs (Sumber Gambar GSMArena.com)

Sensor Kamera Semakin Besar 
Tren sensor kamera smartphone akan semakin besar, kalau selama ini sensor kamera utama atau kamera depan di kisaran 8, 13 dan 16 MP tetapi tren di tahun 2017 akan menggunakan sensor di atas 16MP seperti Vivo V5 yang menggunakan sensor kamera depan 20MP, Sony Xperia XZs dengan kamera utama 19MP dan smartphone lainnya. 
Asisten pribadi Bixby (Sumber upstation.unipin.co.id)

Fitur Asisten Pribadi 
Digital Assistant atau Asisten pribadi yang disematkan dalam smartphone semakin dibutuhkan oleh penggunanya dan menjadi fitur Anda bagi para vendor smartphone. Di awali oleh Apple dengan Sirinya dan Samsung dengan Bixbynya. Asisten pribadi bisa menjawab pertanyaan yang kita butuhkan dan menjalankan perintah penggunanya. Selain itu bisa juga mempelajari selera musik dan kebiasaan yang sering kita lakukan, dan akan memberi rekomendasi, memberi update informasi terbaru, mengatur jadwal dan berbagai hal lainnya. 
Tanpa tombol di smartphone terbaru (Sumber gambar 

Hilangnya Tombol Di Smartphone 
Beberapa vendor di tahun 2017 ini seperti Samsung Galaxy S8 sudah tidak lagi menggunakan tombol home di layar depan dan menggantinya dengan icon pada smartphone sedangkan smartphone lain seperti iPhone 8 akan segera menyusul. Untuk tombol yang ada di samping kanan dan kiri masih tetap ada untuk tombol volume dan power. 

Xiaomi Mi Mix (Sumber gambar Xiomitoday.com)

Bezel Semakin Tipis 
Bezel atau frame layar bagian luar dari smartphone semakin hari semakin tipis terutama di tahun 2017 ini. Bahkan beberapa vendor sudah mengeluarkan produknya dengan bezel yang sangat tipis bahkan hampir tak bertepi atau semuanya layar sentuh, seperti produk terbaru dari Xiaomi Mi Mix yang memiliki bezel sangat tipis. 

Itulah fitur dan tren smartphone di tahun 2017 menurut pridiksi para pemerhati smartphone dunia.

0 komentar:

Posting Komentar test