Inilah Jajaran Smartphone Kamera Ganda yang Patut Dilirik

Rabu, 28 Juni 2017
Kamera ganda Xiaomi Mi 6 (Gambar Xiaomitoday)

Ada tren yang tidak bisa dibendung dan terkadang tidak diprediksi sebelumnya. Tahun 2017 ini pabrikan smartphone berlomba-lomba membuat smartphone yang memiliki layar lebih besar dan bezel yang semakin sempit bahkan tidak ada bezel. 

Selain itu, mereka fokus pada kamera depan yang lebih baik yang memungkinkan pengguna untuk mengambil sudut selfie yang lebih lebar. Sekarang muncul lagi tren yakni banyak vendor yang mengeluarkan produknya dengan kamera ganda.

Produk-produk China memang mendominasi tetapi masih ada produk non China yang memiliki kamera ganda atau lebih dikenal dengan istilah Dual-Camera yang patut diperhitungkan. 

Berikut ini Jajaran Smartphone Dual-Camera yang patut dilirik :
ASUS Zenfone Zoom S (Dok. Pribadi)

  1. ASUS Zenfone Zoom S. Smartphone terbaru dari ASUS ini memiliki kamera ganda pada bagian belakang, dimana kamera utamanya memiliki aperture f/1,7 dengan 25mm wide-angle dengan menggunakan sensor Sony IMX362 dengan resolusi 12MP dan senor 1,4µm piksel serta sebuah kamera zoom 59mm 12MP dengan dukungan 2,3x optical zoom serta total 12x zoom. 
  2. Xiaomi Mi 6 (Gambar Xiaomitoday.com)
  3. Xiaomi Mi 6. Smartphone dengan layar 5.15 inci pertama di dunia yang juga mendukung zoom optik. Xiaomi Mi 6 memiliki lensa wide-angle dual-camera 12MP + lensa telefoto 12MP. Ini hampir sama sensor yang disematkan pada iPhone 7, namun bedanya mereka disesuaikan dengan perangkat lunak dari Xiaomi sendiri. Mi 6 memiliki 4-axis OIS, mode potret yang mendukung latar belakang seperti SLR, penglihatan stereoskopik binokuler dan algoritma kedalaman, Smart Beauty 3.0, merekam dan menganalisis informasi wajah dan Menyediakan foto yang bagus dengan dukungan 2x optical zoom. 
  4. OnePlus 5 (Gambar Xiaomitoday.com)
  5. OnePlus 5. Banyak yang menuduh OnePlus 5 meniru desain iPhone 7. Tapi sebenarnya OnePlus 5 memiliki kamera ganda dengan lensa 16MP aperture f/1.7 reguler dan 20MP f/2.6 telephoto. Ini adalah sistem kamera yang berbeda dengan iPhone 7 Plus, karena telah membatalkan sistem satu RGB dan satu sensor Monokrom. 
  6. Oppo R11 (Gambar Xiaomitoday.com)
  7. Oppo R11. Fitur kamera memang menjadi titik utama penjualan dari jajaran R. Tapi pabrikan ini lebih fokus pada kamera depan. Maka agak heran ketika Oppo memutuskan untuk memasang kamera ganda di belakang. Oppo bekerjasama dengan Qualcomm telah mengerjakannya untuk waktu yang lama untuk menghasilkan perangkat dual-kamera pertama yang menggunakan chip Snapdragon 660 (Spectra 160 ISP). Oppo R11 mengemas kamera belakang 16MP + 2MP (wide-angle + telephoto) dengan aperture f / 1.7, dan digital zoom 2x, mode potret dan masih banyak lagi. 
  8. Huawei P10 (Gambar Xiaomitoday.com)
  9. Huawei P10. Smartphone yang diluncurkan awal tahun ini menggunakan dual-kamera dimana satunya menggunakan monokrom 20MP dan sensor RGB 12MP dan aperture f /2.2. Inilah merupakan sensor pertama yang digunakan untuk menangkap foto hitam putih sekaligus fokus pada kondisi kurang cahaya dan meningkatkan kejernihan. Kameranya dilengkapi dengan x2 optical zoom. Smartphone ini fokus pada sistem pelacakan wajah 3D hingga bisa mengenali wajah melalui lebih dari 100 titik identifikasi untuk menentukan lokasi semua elemen wajah. Serta bisa menghilangkan cacat kulit dan ketidaksempurnaan riasan serta menghilangkan area overexposed dan masuk dengan efek bokeh.
  10. Nubia Z17 (Gambar Xiaomitoday.com)
  11. Nubia Z17. Smartphone ini dilengkapi kamera ganda di bagian belakang dengan sensor 23MP + 12MP. Lensa tersebut mendukung aperture F / 1.8, CMOS 1 / 2.55 inci, 1.4um pixel, 2x dual zoom, 10x dynamic zoom dan 0.03 seconds fast focus. Perangkat kerasnya terdengar cukup atraktif, namun yang lebih menarik lagi adalah perangkat ini dilengkapi dengan mesin gambar NeoVision 7.0. Termasuk memiliki resolusi yang lebih besar, algoritma zoom, scene recognition, dan dual-camera 3A algoritma. Serta dilengkapi dengan mode potret, kamera stereo, aperture 3.0, kamera WiFi dan fitur kamera menarik lainnya serta mudah dalam penggunaan, seperti dikutip dari Xiaomitoday.com (28/06/2017).  
Itulah smartphone-smartphone dengan dual-camera yang layak jadi referensi Anda sebelum membeli perangkat tersebut. 

0 komentar:

Posting Komentar test