Inilah Fitur dan Teknologi Mobil Impian

Minggu, 30 Juli 2017
Mobil Aston Martin DB 10 (Foto birminghampost.co.uk) 

Bicara mobil canggih tentu pikiran kita akan tertuju pada film-film fiksi ilmiah atau film action yang menggunakan mobil canggih dalam aksinya seperti James Bond, Transformers, Transporter, Fast and Furious, dan lain sebagainya. 

Mobil-mobil canggih tersebut memiliki kelebihan dibandingkan dengan mobil lainnya. Mobil-mobil ini biasa ada pada pameran mobil atau film-film fiksi ilmiah atau action seperti dikendarai oleh James Bond yang memiliki ban anti bocor, kursi penumpang yang bisa didorong keluar, alarm yang terhubung dengan gadget milik James Bond dan masih banyak fitur menarik lainnya.
Lamborghini Centenario (Foto Cinemags.id)

Sedangkan mobil dalam film Transformers, mobil supercar tersebut bisa berubah wujud menjadi robot yang bisa bisa menumpas para pelaku kejahatan dengan melakukan berbagai atraksi seperti terjun payung, penembak jitu, pengguna samurai dan lain sebagainya. 

Audi S8 (Foto : www.carcanyon.com)
Begitu juga dengan film Transporter yang menggunakan mobil canggih dengan kemampuan bisa berjalan dengan kondisi ban yang miring, dilengkapi dengan berbagai fitur yang menarik termasuk kecepatannya yang bisa mencapai 100km/jam hanya dalam waktu 4,2 detik. 

Lykan HiperSport (Gambar Otomotif.tempo.com) 
Apalagi mobil-mobil modifikasi yang digunakan dalam film Fast and Furios yang memang diseting untuk balapan di jalanan bukan di sirkuit. Tentu mobil-mobil ini sangat digandrungi para penggemarnya apalagi ditunjang dengan NOS (Nutrous Oxide System) yang membuat kecepatan mobil bertambah kencang lebih dari biasanya. 

Tapi sebenarnya mobil impian saya bukan mobil yang memiliki kecepatan tinggi melainkan mobil yang memiliki kenyamanan dan keamanan yang tinggi. Berikuti ini mobil canggih impian saya : 
Bodi dan desainnya menawan (www.suryamalang.tribunnews.com)

Bodi dan desain 
Mobil impian saya adalah mobil yang memiliki desain yang aerodinamis, keren dan bodi menggunakan bahan yang tahan terhadap benturan saat terjadi kecelakaan. Dengan bodi yang kuat membuat pengemudi dan penumpangnya tetap aman di dalam mobil saat terjadi kecelakaan. 
Interior mobil nyaman (Gambar www.arsuwandi.blogspot.com)

Interior nyaman 
Salah satu hal yang diharapkan saat berada di dalam mobil adalah interiornya. Jok yang bisa diatur sehingga nyaman saat duduk atau untuk beristirahat, dilengkapi dengan sabuk pengaman untuk seluruh penumpang, serta dilengkapi dengan pegangan pada bagian atas samping saat ada pengereman mendadak. 
Sistem pengereman otomatis (Gambar www.viva.co.id)
Sensor Pengereman Otomatis 
Mobil impian saya adalah mobil yang memiliki sensor pengereman otomatis. Fitur canggih ini tentu sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya tabrakan dengan kendaraan lain yang berada di depannya yang terdeteksi oleh radar khusus sehingga mobil akan mengerem secara otomatis. 
Sensor Parkir (Gambar www.jurnalasia.com) 
Sensor Parkir 
Sensor ini bermanfaat bagi pengemudi yang akan memarkirkan mobil agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan yakni menyenggol mobil atau benda lain. Sensor ini akan memberikan tanda khusus jika sudah mendekati kendaraan atau benda lain. 

Pedal gas (Gambar www.bluemaize.net)

Pedal Gas Otomatis 
Fitur ini layak disematkan dalam mobil di masa yang akan datang, fitur pedal gas otomatis ini digunakan untuk mempertahankan laju kendaraan pada kecepatan stabil tanpa menginjak pedal gas (cruise control) dan dilengkapi dengan kemampuan menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan yang ada di depannya. 
Kulkas pada mobil (Gambar www.waeco.com)
Dilengkapi Dengan Kulkas Mini dan dispenser 
Untuk kenyamanan pengemudi dan penumpang selama di perjalanan, keberadaan kulkas mini yang ditempatkan di pintu mobil atau di antara dua jok sangat dibutuhkan untuk kenyamanan selama di perjalanan terutama saat penumpang dan pengemudi kehausan. Tidak hanya kulkas, sebaiknya dilengkapi dengan dispenser untuk air panas terutama bagi pemilik kendaraan yang memiliki bayi sehingga tidak usah mencari air panas saat bayi membutuhkan susu botol. 

Air bag (Gambar www.indonesiaautosblog.com)
Air Bag Untuk Pengemudi dan Penumpang 
Air bag sangat bermanfaat saat terjadi benturan atau kecelakaan, dengan air bag ini pengemudi dan penumpang bisa terhindar dari benturan dengan bodi mobil atau dengan penumpang lainnya yang bisa menyebabkan kematian atau lupa parah. 
Ban anti bocor (www.infokuberita.com)

Ban Anti Bocor 
Layaknya dalam film James Bond, saya berharap memiliki mobil yang anti bocor sehingga bisa digunakan ke berbagai tempat di seluruh Indonesia atau dunia tanpa khawatir bannya akan bocor yang bisa mengganggu aktivitas Anda. 
DVD pada mobil (Gambar www.autobild.com)

Fitur Hiburan 
Mobil idaman yang diimpikan lainnya adalah tersedianya fitur hiburan untuk seluruh penumpang dan pengemudi. Adanya fitur musik dan video melalui CD, DVD, flashdisk atau microSD membantu mengusir jenuh bagi pengemudi dan penumpang terutama saat kendaraan sedang dalam kondisi macet. 

Akses Wifi pada kendaraan (www.yangcanggih.com)

Akses WiFi 
Internet kini sudah menjadi kebutuhan maka saat tidak ada akses internet maka seluruh penumpang akan merasa bosan dan jenuh saat berada di dalam kendaraan. Mobil impian ke depan harus dilengkapi dengan Hotspot WiFi yang disematkan ke dalam mobil melalui modem yang sudah disematkan ke dalam mobil idaman. 
Mobil yang bisa berjalan di air (Gambar www.techlife.co.id)

Bisa Mengambang di Air 
Mobil impian yang ingin dimiliki oleh saya adalah memiliki teknologi bisa mengambang di air. Fitur ini sangat bermanfaat terutama pada musim hujan sehingga mobil bisa tetap melaju walapun dalam kondisi air yang sedang tinggi. 
Terrafugia (Gambar www.cnet.com)

Bisa Terbang 
Saat ini sudah ada mobil yang bisa terbang seperti besutan dari Terrafugia, teknologi ini sangat berguna terutama saat terjadi kemacetan parah sehingga bisa terlepas dari jebakan kemacetan jika menggunakan teknologi canggih ini. Tapi memang ada juga resikonya apabila sudah dilegalkan kendaraan bisa terbang karena lalu lintas udara bisa padat dan bisa berbahaya bagi penduduk yang berada di bawahnya. 
GPS (Gambar www.mobilku.org)

GPS
Kendaraan masa depan akan terintegrasi dengan GPS dan Google Maps sehingga kendaraan akan menyarankan kepada pemudinya mencari jalan yang tercepat agar tidak terjebak kemacetan selama berjam-jam serta menunjukkan jalan yang tepat saat pengemudi belum mengetahui jalan yang akan dituju.  
Mobil otonom Google (Gambar www,tempo.co)

Mobil Otonom
Mobil impian nantinya tidak perlu pengemudi atau pegang kemudi. Mobil bisa berjalan dengan sendirinya tinggal menekan tombol asal dan tujuan maka mobil tersebut akan berjalan dengan sendirinya.

Mobil Tenaga Surya www.omgals.com

Bahan Bakar Hemat Energi
Bahan bakar yang digunakan pada mobil impian sebaiknya adalah bahan bakar yang hemat energi dan bukan bahan bakar dari fosil. Energi alternatif seperti mobil tenaga surya, mobil listrik atau mobil dengan bahan bakar air harus dikembangkan sehingga mendapatkan mobil yang hemat energi dan tidak merusak lingkungan. 

Itulah teknologi canggih yang wajib disematkan ke dalam mobil impian atau mobil-mobil masa depan. Karena kenyamanan dan keamanan saat berkendara adalah faktor utama baik tidaknya sebuah kendaraan.
Pameran Mobil GIIAS 2015 (Dok. Pribadi) 


Bagi Anda yang ingin menyaksikan mobil-mobil impian bisa datang di ajang Pameran Mobil terbesar di Asia Tenggara yakni GIIAS 2017 di ICE BSD (Bumi Serpong Damai) City Tangerang tanggal 10 - 20 Agustus 2017 mendatang.

0 komentar:

Posting Komentar test