Inilah Ponsel-ponsel Terbaik Sebelum Ada iPhone

Sabtu, 01 Juli 2017
Sony Ericsson K800i (Gambar Phonearena.com)

Apple baru saja merayakan 10 tahun kehadiran iPhone. Sebelum ada iPhone sebenarnya banyak ponsel-ponsel terbaik yang dibeli oleh penggunanya. Tetapi semenjak kehadiran iPhone mengubah segalanya termasuk keberadaan ponsel-ponsel tersebut. 


Saat itu ada banyak ponsel, dari yang memiliki keyboard QWERTY lengkap hingga ponsel Nokia terbaik dan perangkat yang merupakan hasil kolaborasi antara Sony dan Ericsson menjadi ponsel yang memiliki kemampuan lebih unggul dari iPhone karena memiliki beberapa keunggulan diantaranya sudah memiliki koneksi 3G. 


Sementara itu iPhone pertama banyak kekurangannya seperti tidak ada GPS, tidak ada rekaman video, dan bahkan tidak bisa terhubung ke jaringan 3G, namun demikian Apple terus berinovasi dan merevolusi ponsel secara keseluruhan dengan antarmuka dan sentuhan baru yang yang memungkinkan untuk mengetik tanpa mengklik keyboard dan tampilan layar besar dan desain baru. 

Untuk lebih memahami perubahaan tersebut, berikut ini ponsel-ponsel terbaik sebelum kehadiran iPhone : 

BlackBerry Curve (Gambar PhoneArena.com)

BlackBerry Curve. 8300 BlackBerry mendapat sorotan setelah peluncuran Quark pada tahun 2003, karena ponsel ini menggabungkan email, web, dan BBM ke dalam satu perangkat dengan keyboard QWERTY lengkap. Kemudian, BlackBerry ini meningkatkan fiturnya pada BlackBerry Pearl, ponsel yang lebih kompak dan juga yang ponsel pertama dengan kamera, serta trackpad baru untuk navigasi, namun perangkat utama sebelum iPhone sebenarnya adalah Curve. BlackBerry Curve lebih bertenaga dan menampilkan resolusi yang lebih tinggi, namun kekurangannya menjadi jelas dengan hadirnya iPhone, yakni antarmuka pengguna yang jauh lebih unggul dan lebih nyaman. 

Nokia N95 (Gambar Phonearena.com)

Nokia N95. Nokia saat itu adalah pembuat telepon terbesar di dunia yang tidak memiliki pesaing yang berat dan N95 adalah salah satu perangkat terbaiknya. Pembuat ponsel asal Finlandia itu membuat segala jenis ponsel dalam berbagai bentuk, ukuran dan harga, dan N95 menampilkan kamera yang benar-benar menakjubkan dan mendukung koneksi 3G yang cepat. Sayangnya setelah iPhone datang semuanya berubah karena iPhone lebih inovatif. Pengalaman pengguna yang kecewa saat membuka halaman web dan keyboard yang lambat membuat mereka meninggalkan Nokia dan beralih ke iPhone. 
Palm Treo 600 (Gambar PhoneArena.com)

Palm Treo 650. Palm merupakan ponsel produktivitas terbaik kedua setelah BlackBerry pada saat itu dan dilengkapi dengan pengalaman 'komunikator' serupa dan bahkan sudah menyematkan stylus. Treo 600 dengan cepat menyesuaikan diri sebagai standar smartphone, dan Palm Treo 650 adalah penerusnya yang lebih baik. Memang perangkat ini memiliki antenna dan berbodi lebih gemuk pada bagian sisinya serta memiliki kelebihan keyboard fisik dan D-pad yang keren untuk navigasi. Ponsel ini berjalan menggunakan Palm OS khusus. Sistem ini menampilkan kalender, klien email, kalkulator, jam dunia dan fitur lainnya, sehingga beberapa pengulas menyarankan konsumen untuk membuang ponselnya, dan PDA dan MP3 playernya juga dan memilih Palm Treo 650. 
Samsung BlackJack (Gambar Phonearena.com)

Samsung BlackJack. Salah satu ponsel yang memikat banyak pengguna saat itu adalah Samsung BlackJack karena desainnya yang ramping dan perangkat kerasnya yang hebat. Ponsel ini sudah mendukung Bluetooth 2.0 dan push e-mail sayangnya belum ada konektivitas Wi-Fi. BlackJack berjalan menggunakan sistem operasi Windows Mobile 5.0, dan bahkan berhasil diperbarui ke Windows Mobile 6, namun ini hanya terdengar bagus sebelum muncul iPhone. Tak lama setelah peluncuran iPhone, BlackJack tampak sangat usang dan tidak menarik lagi. 
Sony Ericsson K800i (Gambar Phonearena.com)

Sony Ericsson K800i. Sony terkenal sebagai perusahaan membuat ponsel dengan kamera yang hebat. Ponsel ini dilengkapi kamera 3,2 megapiksel dengan lampu kilat Xenon yang memberikan hasil maksimal dengan hasil fotonya. K800i adalah perangkat pertama yang dicap sebagai ponsel kamera 'Cyber-shot', dan juga yang pertama dengan mesin grafis baru yang hebat yang memungkinkan permainan full Java 3D. 
Moto RAZR (Gambar Phonearena.com)

Moto RAZR. Diluncurkan beberapa tahun sebelum iPhone, tetapi kehebohan akan Moto RAZR langsung memudar saat iPhone diluncurkan, namun banyak orang masih menggunakan Moto RAZR. Bahkan Moto RAZR V3 adalah model yang paling populer dan terjual lebih dari 130 juta unit di seluruh dunia. Ponsel ini menyombongkan diri dengan desain flip-outnya yang rampingnya dan Nampak lebih futuristik. Beratnya hanya 3,3 ons jelas berbeda dengan ponsel yang lain. Moto RAZR V3 sayangnya spesifikasinya terbilang standar hanya ada kamera VGA dan tidak bisa merekam video pada awalnya. 

Itulah ponsel-ponsel ternama sebelum kehadiran iPhone, tetapi semenjak kehadiran iPhone beberapa perusahaan bahkan harus gulung tikar tidak bisa bersaing lagi, dikutip dari PhoneArena.com (29/06/2017).

0 komentar:

Posting Komentar test