Konsep Kecerdasan Buatan Dari Lenovo Ini Membuat Hidup Lebih Mudah

Kamis, 20 Juli 2017
Kecerdasan Buatan dari Lenovo (Gambar Slashgear.com)

Persaingan antar perusahaan untuk membuat AI (Artificial Intelligence) atau Kecerdasan buatan akhir-akhir ini dilakukan oleh berbagai perusahaan dari Google ke Apple, dari speaker pintar hingga mobil pintar. Sementara orang atau perusahaan yang berbeda memiliki gagasannya masing-masing tentang Kecerdasan buatan ini. 

Kecerdasan buatan dalam teori dan dalam praktiknya memang berbeda, hampir semua sepakat untuk menggunakan AI untuk membangun masa depan yang lebih baik. Salah satunya adalah Lenovo perusahaan elektronik terkemuka di dunia kini terjun menginvestasikan dalam tren ini.

Dalam ajang Tech Innovatin World di Shanghai China, Lenovo menunjukkan keseriusannya dalam bidang AI dengan menampilkan lima produknya yang sudah menggunakan kecerdasan buatan yang mungkin atau mungkin tidak Anda lihat dalam waktu dekat ini. 

Lenovo melalui departemen litbangnya telah menyiapkan asisten virtual yang diberi nama CAVA. Seperti banyak asisten virtual lainnya, CAVA menggunakan pemrosesan bahasa alami untuk mengelolanya, seperti saat seseorang mengirimi Anda sebuah pesan undangan rapat. 

Asisten ini juga bisa meramalkan cuaca dan kondisi lalu lintas dengan memberikan saran kapan waktu terbaik untuk berangkat ke acara rapat tersebut. Tidak seperti asisten pribadi lainnya, Lenovo menawarkan CAVA dengan pengenalan wajah berbasis pembelajaran yang mendalam termasuk untuk membuka kunci ponsel. 
Xiaole (Gambar Slashgear.com)

Teknologi AI atau kecerdasan buatan dari lainnya adalah Xiaole, sebuah platform layanan pelanggan. Jika Anda berpikir petugas telepon otomatis atau resepsionis mengganggu, bayangkan layanan pelanggan otomatis. Dengan memanfaatkan kekuatan AI untuk belajar dari umpan balik pelanggan dan percakapan untuk menawarkan bantuan teknis. Sehingga Anda tidak perlu berbicara lagi dengan manusia untuk masalah keluhan melalui telepon. 

Di samping AI, VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality) juga sedang hangat dibicarakan di industri teknologi, dan Lenovo menyebutnya daystar. Headset mandiri dengan unit pemrosesan video sendiri, perangkat AR memanfaatkan platform AR Lenovo untuk melakukan pengenalan objek, mengunggah konten 3D dari objek dunia nyata yang dipindai, dan interaksi multiplayer. 
daystAR (Gambar Slashgear.com)

AI bukan hanya tentang kesenangan, produktivitas, atau bisnis. Bisa juga tentang kesehatan. SmartVest melakukan lebih dari sekadar mendengarkan detak jantung Anda. Kecerdasan buatan ini memiliki 10 sensor yang mencatat ECG (Electrocardiogram) Anda selama 24/7, membantu mendeteksi kelainan atau bahkan mengirim peringatan jika terjadi anomali jantung. 

Lenovo juga menggunakan kecerdasan buatan bernama SmartCast +, yakni speaker cerdas yang tidak hanya bisa melakukan pengenalan objek dan AR. 
SmartVest (Gambar Slashgear.com)

Tetapi speaker ini bisa melakukan hal yang berbeda dari tempat yang lain. Tetapi ini masih berupa konsep dari Lenovo belum diterapkan secara masal ke produk-produknya yang beredar di pasaran.

0 komentar:

Posting Komentar test