10 Cara Mengoptimalkan Baterai Ponsel Agar Tahan Lebih Lama

Minggu, 27 Agustus 2017
Baterai Ponsel (Dok. Pribadi)

Pengguna ponsel tentu menginginkan perangkatnya bisa bertahan lebih lama dan tidak buru-buru diisi ulang baterainya. Karena itu banyak vendor yang sudah membuat ponsel dengan kapasitas baterai yang besar di atas 3000 mAh yang bisa bertahan selama seharian. 

Tetapi kenyataannnya kapasitas baterai yang besar tidak cukup untuk membuat perangkat bertahan lebih lama karena perangkat tersebut digunakan untuk berbagai keperluan dari mengakses internet, berkirim pesan dengan aplikasi perpesanan, bermain game dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi hal tersebut, tentu ada beberapa cara agar Anda bisa mengoptimalkan baterai ponsel yang digunakan. Berikut 10 cara agar baterai ponsel Anda tahan lebih lama : 

  1. Matikan koneksi nirkabel. Ponsel Anda memiliki segudang koneksi yang berbeda, beberapa di antaranya adalah koneksi wifi dan Bluetooth. Agar baterai tidak cepat habis maka sebaiknya matikan koneksi nirkabel saat tidak digunakan karena koneksi tersebut cepat mengurasi baterai. 
  2. Menonaktifkan GPS dan layanan lokasi. Agar ponsel Anda tidak cepat habis baterainya maka sebaiknya menonaktifkan GPS dan layanan lokasi karena fitur tersebut menyedot baterai ponsel Anda.
  3. Tahan keinginan untuk terlalu sering memeriksa ponsel Anda. Pengguna ponsel seperti sudah terkena sindrom karena ingin buru-buru melihat ponsel walaupun tidak ada notifikasi atau getar dari ponsel yang digunakannya. Maka dari itu tahan keinginan untuk memeriksa ponsel Anda Karena setiap kali Anda menghidupkan layar akan mengurangi masa pakai baterai ponsel tersebut. 
  4. Beralih ke mode pesawat. Jika Anda tidak ingin mematikan ponsel Anda sepenuhnya, beralih saja ke mode pesawat untuk mematikan semua radio, dan beralih kembali dari mode pesawat hanya saat Anda perlu melakukan panggilan atau mengirim pesan teks. 
  5. Isi ponsel Anda sebelum pemadaman listrik. Jika Anda mengetahui akan ada pemadaman listrik maka sebaiknya ponsel Anda diisi ulang hingga penuh agar bisa digunakan selama seharian tetapi jika listrik sudah padam maka segera cabut ponsel Anda agar tidak mempengaruhi baterai ponsel Anda. 
  6. Mengisi baterai cadangan. Jika Anda memiliki telepon dengan baterai swappable, atau baterai ekstra, pastikan baterai cadangan tersebut terisi penuh sebelum terjadi pemadaman listrik. Sebagai alternatif, gunakan laptop agar terisi penuh karena dapat digunakan untuk mengisi baterai ponsel melalui koneksi USB. 
  7. Menonaktifkan pemberitahuan. Sebagian besar smartphone terhubung ke satu akun e-mail atau akun lainnya, dan perangkat ini akan memberikan pemberitahuan saat ada pesan masuk atau pemberitahuan lainnya, untuk menghemat baterai sebaiknya mematikan pemberitahuan tersebut. 
  8. Berhenti sejenak untuk streaming. Jika Anda ingin mendengarkan musik atau video, sebaiknya jangan gunakan layanan streaming, karena akan membuat baterai ponsel cepat habis. Oleh karena itu sebaiknya memutar video atau lagu yang sudah diunduh di ponsel saja. Begitu juga dengan bermain game, sebaiknya tidak terlalu sering bermain game yang memerlukan koneksi internet yang menghabiskan baterai. 
  9. Matikan layar. Jika ponsel tidak digunakan sebaiknya matikan layar atau atur otomatisnya agar tidak terlalu lama karena semakin lama layar menyala maka semakin boros baterai ponsel tersebut. Selain itu cobalah atur kecerahan ponsel Anda secara otomatis sehingga baterai ponsel tersebut tidak cepat habis. 
  10. Beralih dari menelpon ke kirim pesan teks. Kalau bukan hal penting sekali maka sebaiknya gunakan pesan teks daripada menelepon. Karena sifat pesan teks yang bisa dibaca berulang kali dan tidak menyedot baterai yang banyak berbeda dengan menelepon yang cukup menyedot baterai ponsel Anda. 
Itulah cara mengoptimalkan baterai Ponsel Anda agar bisa tahan lebih lama sehingga Anda bisa menggunakan seharian tanpa terburu-buru mengisi ulang baterai, dikutip dari Cnet (26/08/2017). 

0 komentar:

Posting Komentar test