5 Fitur Android Oreo Yang Membuat Pengguna Android Ingin Segera Merasakannya

Selasa, 12 September 2017
Fitur Picture-in-picture pada Android Oreo (Gambar Cnet.com)

Sistem operasi Android terbaru yakni Android Oreo baru saja menyambangi perangkat Android. Sementara ini baru beberapa perangkat yang sudah bisa mencicipi sistem operasi Android tersebut. Pembaruan perangkat lunak smartphone ini membawa sejumlah perubahan yang menjanjikan seperti peningkatan masa pakai baterai dan performa perangkat tersebut. 

Ada perangkat Android terbaru yang sudah mencicipi Android Oreo seperti Google Pixel atau Nexus. Tetapi Google berjanji bahwa perangkat lunak tersebut akan menyambangi beberapa perangkat lain yang sebelumnya sudah menggunakan Android Nougat.

Ada beberapa fitur yang disematkan pada Android Oreo yang membuatnya menarik para pengguna Android sebelumnya untuk merasakannya. Berikut ini 5 fitur menarik yang ada di Android Oreo : 

1. Picture-in-picture 
Mode picture-in-picture memungkinkan penggunanya mengecilkan video menjadi kotak berukuran kecil dan dapat disesuaikan sehingga Anda dapat tetap bisa melihat video tersebut saat membuka aplikasi yang lain. Untuk menyesuaikan ke mode picture-in-picture, video harus diputar di layar penuh. Kemudian tekan tombol home. Ubah ukuran kotak dengan mengetuk sekali, atau pindahkan di sekitar layar. Anda juga dapat melanjutkan pemutaran video tersebut sambil melihat pemberitahuan yang lainnya. 

Picture-in-picture hanya tersedia di beberapa aplikasi termasuk Chrome dan YouTube Red. Jika fitur ini terasa mengganggu, Anda bisa mematikannya dari menu pengaturan. Buka Setelan> Aplikasi dan Pemberitahuan> Lanjutan> Akses aplikasi khusus> Picture-in-picture dan matikan untuk setiap aplikasi. 

2. Mencubit kamera 
Aplikasi kamera tidak banyak yang berubah kecuali tombol video yang beralih antara mode kamera dan video. Apa yang baru dan sangat berguna adalah fitur quick zoom. Cukup ketuk dua kali di layar untuk memperbesar, atau menyesuaikan gambar. Proses HDR sedikit lebih cepat pada Oreo dibandingkan dengan Nougat, tapi perbedaannya tidak terlalu besar. 

3. Emoji baru 
Emoji yang ada pada perangkat Android selama ini mungkin sudah terlalu bosan. Nah pada Android Oreo yang terbaru ada sekitar 70 emoji baru yang baru termasuk T-Rex, Dracula dan gambar favorit lainnya. 

4. Sesuaikan pemberitahuan 
Ada fitur titik notifikasi merupakan fitur tambahan yang ada di Android Oreo. Titik tersebut akan muncul di atas ikon aplikasi saat ada pemberitahuan baru atau sesuatu yang memerlukan perhatian Anda. Buka aplikasi tersebut atau tekan agak lama untuk segera mengintip notifikasi apa yang muncul. 

Jika Anda lebih memilih tampilan bersih dan tampilan lebih rapi dan bersih Anda dapat mematikan titik pemberitahuan tersebut. Anda juga memiliki kontrol yang lebih spesifik atas pemberitahuan tersebut menggunakan saluran. 

Sebagai contoh saat membuka YouTube dengan dua saluran yakni unduh notifikasi dan pemberitahuan umum. Untuk setiap saluran, Anda dapat memilih bagaimana Android menampilkan pemberitahuan atau Anda bisa meletakkannya di layar kunci, mengedipkan lampu, menunjukkan titik atau melakukan ketiganya. Ini sangat berguna, bagi pengguna dengan cara mencubit sesuai keinginan penggunanya. 

5. Isi Otomatis 
Fitur pada Android Oreo yang menjadi favorit adalah penggunaan manajer kata sandi dengan dukungan Isi Otomatis seperti LastPass, 1Password atau Dashlane. Fitur yang ada di Android Oreo akan secara otomatis memasukkan kredensial Anda saat Anda masuk ke aplikasi. 

Caranya Autofill default ke Google Smart Lock terlebih dahulu dengan membuka pengaturan yakni Pengaturan> Bahasa dan Input> Isi Otomatis. Saat Anda membuka aplikasi yang memerlukan info masuk seperti Facebook atau Twitter, Anda tinggal ketuk tombol masuk dan tombol isi otomatis maka secara otomatis Anda akan masuk ke akun tersebut. 

Sebenarnya ada banyak fitur menarik pada Android Oreo seperti peningkatan dukungan audio Bluetooth dan Wi-Fi Aware dan masih banyak lagi lainnya seperti dikutip dari Cnet.com (11/09/2017).

0 komentar:

Posting Komentar test