Google Konfirmasi Alasan Apple Menghilangkan Jack Headphone

Sabtu, 07 Oktober 2017
Google Pixel 2 (Gambar BGR.com)

Apple akan selamanya dikenang sebagai perusahaan yang menghilangkan headphone jack. Perusahaan lain melakukannya sebelum iPhone 7 keluar, namun tidak satupun dari mereka yang mendapat banyak kritik dari publik. Apple menangani masalah ini saat acara peluncuran iPhone 7, dan menjelaskan mengapa ia memilih menghilangkan jack headphone. 

Google mengikuti langkah Apple setahun kemudian, tidak mengherankan mengingat Google lebih menyukai Apple dalam hal desain produk, dan terbukti pada acara peluncuran Google Pixel 2 pada minggu ini. 

Setelah mengejek iPhone Apple 7 tahun lalu, Google yang terlihat vokal tentang keputusannya dalam membuang jack headphone tersebut, akhirnya mengikuti jejak Apple dan terlihat menghindari banyak pertanyaan saat acara berlangsung. 

Namun, sekarang kita tahu mengapa smartphone Google Pixel 2 tidak memiliki port 3.5mm, seperti yang baru saja dijelaskan oleh Google. 

Saat berbicara dengan TechCrunch, salah satu pentolan Google yakni Mario Queiroz mengatakan bahwa Google ingin membuat ponsel yang semua layar. Dan memiliki jack headphone 3.5mm di dalam ponsel tidak sesuai dengan strategi perancangannya. 

"Alasan utama menghilangkan jack headphone adalah membangun jalur desain mekanis untuk masa depan," kata Queiroz. "Kami ingin tampilan layar dekat ke tepi. Tim kami mengatakan, 'jika kita akan melakukan peralihan, secepatnya, bukan nanti.' Tahun lalu mungkin terlalu dini. Sekarang ada lebih banyak ponsel tanpa jack headphone di pasaran." 

Itulah sebabnya mengapa Google meluncurkan Pixel Buds, saingan dari AirPods, namun juga produk yang dimaksudkan untuk "memecahkan" masalah yang diciptakannya dengan menghapus port audio yang dianggap sudah uzur. 

Pada bulan Januari 2016 lalu, sekitar delapan bulan sebelum iPhone 7 diluncurkan, sebuah teori suara menjelaskan bahwa Apple ingin meluncurkan semua layar ponsel di masa depan, perangkat yang tidak memiliki tombol home. Untuk melakukannya, Apple perlu membuang jack headphone 3.5mm karena menyia-nyiakan banyak ruang. 

Kecuali jika Anda menyukai perangkat yang lebih tebal. Bahkan jika Anda melakukannya, Apple dan perusahaan lain tidak akan pernah mempertimbangkan untuk membuat perangkat lebih besar hanya gara-gara mereka memasang jack headphone 3.5mm di dalam ponsel yang memiliki layar semua. 

Google sepertinya sudah siap bersaing dengan Apple dengan mengeluarkan produk terbarunya Google Pixel 2 dan Google Pixel 2 XL yang tidak memiliki lubang untuk jack headphone, seperti dikutip dari BGR.com (06/10/2017).

1 komentar on Google Konfirmasi Alasan Apple Menghilangkan Jack Headphone

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam