12 Peralatan Wajib Yang Harus Dimiliki Oleh Vlogger

Kamis, 02 November 2017
Kamera DSLR

Demam menjadi Vlogger semakin meningkat seiring dengan perkembangan gadget dan ramainya media sosial yang menyajikan gambar dan video. Berbagai gadget canggih yang memungkinkan Vlogger melakukan aktivitasnya. 

Ada banyak peralatan ngevlog yang harus dimiliki oleh seorang Vlogger untuk mendapatkan hasil gambar yang memikat selain tentunya editing video untuk dimasukkan ke media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Youtube.

Selain untuk hobi, ternyata NgeVlog juga bisa menghasilkan uang, apalagi jika sudah memiliki pelanggan setia di Youtube atau followernya yang banyak. Berbagai brand ternama akan menghubungi Anda untuk memberikan campaign (kampanye) tentang produk atau jasanya. 

Tetapi untuk menjadi seorang Vlogger, tentu harus memiliki peralatan yang mendukung aktivitasnya tersebut. Dari sekian banyak ada beberapa peralatan yang wajib dimiliki oleh seorang Vlogger, dan ini sudah masuk ke dalam whistlist saya di Hari Belanja Online Nasional 2017

Berikut 12 Peralatan Wajib Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Vlogger : 
Kamera Mirrorless
  1. Kamera DSLR/Mirrorless. Untuk mendapatkan hasil video yang bagus tentu harus memiliki kamera DSLR atau Mirrorless. Karena dengan menggunakan kamera DSLR atau mirrorless hasil videonya lebih detil dan tidak pecah saat melalui proses editing dan dimasukkan ke dalam media sosial termasuk ke Youtube. 
  2. Microfon
  3. Microphone. Untuk mendapatkan hasil suara yang jelas dan jernih maka alat yang dibutuhkan adalah microphone yang sensitif. Dengan microphone tersebut proses editing di software pembuat film tidak terlalu lama karena suaranya sudah bagus. 
  4. Camera Lighting 
  5. Camera Lighting Kit. Untuk menghasilkan gambar atau video yang sempurna maka peralatan lighting sangat dibutuhkan sehingga tidak lagi video yang dihasilkan gelap dan tidak menarik saat diunggah ke media sosial atau Youtube. 
  6. Kamera Action
  7. Kamera Action. Untuk kegiatan di arena yang ekstrim seperti saat arum jeram, menyelam, terjun payung dan kegiatan aktivitas yang menantang maka kamera yang dibutuhkan tentu bukan lagi kamera DSLR atau Mirrorless, tetapi kamera action yang bisa dibawa kemana-mana termasuk saat menyelam, atau kegiatan ekstrim lainnya.
  8. Tripod
  9. Tripod dan Monopod. Peralatan ini juga wajib dimiliki oleh seorang Vlogger, minipod digunakan saat menenteng kamera smartphone sedangkan tripod digunakan untuk penopang kamera DSLR/Mirorrless agar gambar atau videonya stabil. Dengan menggunakan peralatan tersebut diharapkan hasil gambar yang didapatkan akan lebih baik dan tidak goyang.
  10. Gimbal Stabilizer
  11. Gimbal Stabilizer. Untuk Vlogger yang menggunakan kamera smartphone maka membutuhkan alat untuk menjaga keseimbangan agar gambar atau video yang dihasilkan tidak goyang dan videonya lebih smooth atau halus saat dibagikan ke media sosial
  12. Kartu Memori
  13. Kartu Memori. Kartu memori microSD atau memori tambahan jika sewaktu-waktu memori utama pada kamera DSLR atau Mirrorless penuh maka bisa langsung mengganti dengan memori yang masih kosong. 
  14. Smartphone
  15. Smartphone. Selain menggunakan kamera DSLR atau Mirorrless, Ngevlog juga bisa menggunakan smartphone. Tentu syaratnya harus memiliki sensor kamera depan dan belakang yang besar, memiliki kemampuan EIS (Electronic Image Stabilization) dan OIS (Optic Image Stabilization) agar gambar atau video yang dihasilkan tidak goyang. 
  16. Drone
  17. Drone. Saat berada di atas pantai atau di obyek wisata tertentu yang pemandangannya sangat indah tetapi sulit dijangkau dengan menggunakan kamera atau smartphone maka peralatan yang dibutuhkan vlogger adalah dengan menggunakan drone. Selain bisa digunakan untuk mengambil gambar atau video dari atas juga bisa digunakan untuk foto selfie atau wefie bersama teman-teman.
  18. Laptop. Edit video atau film dengan menggunakan laptop biasa tentu akan sering ngelag atau jeda sehingga proses editing lebih lama. Maka untuk mempercepat hasil edit video dan segera dimasukkan ke media sosial adalah dengan menggunakan laptop dengan prosesor, RAM dan memori internal yang besar.
  19. Software Edit Film
  20. Software Edit Film. Salah satu penunjang keberhasilan dari seorang Vlogger adalah software edit film atau video. Sehingga hasilnya seperti seorang pembuat film atau video profesional. Ditunjang pula dengan kemampuan Vloggernya untuk belajar agar bisa menghasilkan karya yang menakjubkan.
  21. Modem
  22. Modem. Film atau video yang sudah diedit dengan menggunakan software edit film, tentu akan bisa dinikmati dan diapresiasi oleh orang banyak jika diunggah ke media sosial atau Youtube. Untuk itu seorang vlogger membutuhkan modem untuk mengunggah film atau video hasil kreasinya.
Itulah beberapa peralatan yang wajib dimiliki oleh seorang vlogger. Untuk mendapatkan semua peralatan tersebut, Anda bisa melakukan pembelian pada saat Harbolnas nanti melalui link affiliate saya bersama Lazada Indonesia di sini


Semua gambar diambil dari Lazada Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar test