Cara Mengambil Foto Makanan Menggunakan Kamera Smartphone Anda

Minggu, 24 Desember 2017
Mengambil foto makanan dari atas (Dok. Didno)

Semenjak kamera smartphone sudah hampir setara dengan kamera DSLR atau Mirrorless, banyak pengguna smartphone menggunakan kamera smartphone untuk fotografi. Dari mengambil gambar pemandangan, orang bahkan hingga mengambil gambar makanan. 

Tetapi masih banyak pengguna smartphone yang belum memahami cara menggunakan smartphone saat mengambil gambar makanan sehingga hasil akhirnya masih belum sempurna. Nah pada kesempatan ini saya akan berbagi cara mengambil foto menggunakan kamera smartphone. 

Berikut cara mengambil foto makanan menggunakan kamera smartphone

  1. Foto menggunakan cahaya alami. Mengambil gambar dengan cahaya alami akan terlihat lebih baik karena pencahayaan bisa mempengaruhi kontras gambar yang diambil. Untuk itu carilah posisi terbaik saat akan mengambil gambar makanan seperti dekat jendela atau dekat dengan cahaya. Anda bisa menggunakan pengaturan kamera otomatis atau mengatur ISOnya. ISO yang lebih rendah akan menghasilkan gambar lebih tajam dan rinci.
  2. Gunakan optical zoom. Jika smartphone Anda memiliki optical zoom gunakan fitur tersebut saat mengambil gambar dari atas atau dari samping makanan tersebut. Gunakanya adalah untuk menghasilkan gambar yang lebih dekat dan menghilangkan bayangan saat mengambil gambar.
  3. Gunakan Fitur Khusus. Jika smartphone Anda dilengkapi dengan kamera yang memiliki mode khusus untuk memotret makanan secara khusus maka gunakan mode tersebut. Dengan mode ini akan dihasilkan kontras, eksposur, dan ketajaman secara otomatis sesuai yang diharapkan.Salah satu fitur yang ada mode khusus foto makanan adalah Samsung Galaxy S8.
  4. Sesuaikan Kontras Warnanya. Untuk mengambil foto makanan, salah satu caranya adalah mengatur kontras saat akan mengambil gambar makanan tersebut. Ada beberapa smartphone yang dilengkapi fitur pengaturan kontras warna saat akan mengambil gambar.
  5. Saat yang tepat mengambil gambar dengan tangan satu. Saat yang tepat mengambil gambar dengan tangan satu adalah saat memamerkan makanan tanpa menggunakan piring seperti es krim, atau makanan yang bisa dipegang dengan tangan satu. 
  6. Foto Bokeh. Ada beberapa smartphone seperti Zenfone 3 dan Zenfone 4 yang sudah dilengkapi dengan fitur kedalaman bidang. Dengan fitur ini pengguna cukup menekan beberapa saat pada bagian makanan saja maka bagian belakangnya akan terlihat bokeh atau blur. 
  7. Mengambil Gambar Macro. Untuk menghasilkan gambar yang detil maka salah satu caranya adalah dengan mengambil gambar macro. Caranya adalah kamera smartphone di dekatkan pada bagian yang akan difoto sehingga detil dari makanan tersebut akan terlihat. Untuk menghasilkan gambar macro bisa juga dengan mengiris makanan sehingga terlihat detil dari makanan tersebut. 
  8. Gunakan bantuan teman untuk menyalakan senter atau flash. Jika kondisi minim cahaya maka mintalah bantuan teman Anda untuk menyalakan senter atau flash dari kamera smartphonenya. Hasilnya tentu berbeda antara menggunakan flash dari kamera dengan dibantu penyinaran dari teman Anda. 
  9. Posisi pengambilan gambar. Untuk menghasilkan gambar makanan terbaik ada beberapa cara diantaranya adalah posisi pengambilan gambar makanan. Jika makanan tersebut ingin terlihat semua maka mengambil gambar makanan dari atas tetapi jika hanya sebagian dengan ingin menampilkan detil makanan bisa mengambil dari posisi samping. 
Itulah beberapa tips mengambil gambar makanan dengan menggunakan kamera smartphone yang Anda miliki. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar test