Google Assistant Segera Hadir Untuk Feature Phone

Rabu, 06 Desember 2017
JioPhone (Gambar Phonearena.com)

Android Go bukan satu-satunya hal penting yang diumumkan oleh Google sebelumnya. Tetapi ada beberapa hal penting lainnya dengan potensi untuk mempengaruhi kumpulan pengguna ponsel yang jauh lebih besar yang hanya disebutkan secara singkat oleh Google. 


Ternyata, Google Assistant pun akan menyambangi Feature phone. Untuk menunjukkan hal ini serius, Google mengumumkan bahwa mereka membawa Google Assistant ke feature phone sementara hanya tersedia di India, dengan nama the Reliance JioPhone. 


Perangkat ini didukung oleh sistem operasi kustom yang disebut KaiOS, yang berdasarkan sistem operasi Firefox, dan memiliki asisten suaranya sendiri yang bernama HelloJio. 

Agar dapat menempatkan Asistennya di dalam JioPhone, Google harus menyesuaikannya terutama dengan layar QVGA 2,4 inci di ponsel tersebut. Meski begitu, UI (User Interface) berbeda dengan apa yang kita lihat pada smartphone, dan beberapa fitur yang lebih canggih belum diimplementasikan. 

Kabar baiknya adalah fungsi utama dari asisten tersebut sudah tersedia bagi mereka yang menggunakan JioPhone. Meski ini lebih mirip tes untuk Google Assistant, mungkin saja feature phone akan lebih banyak lagi yang akan mendapatkan asisten suara di masa yang akan datang. 

Ada ratusan juta orang di seluruh dunia yang masih menggunakan feature phone, jadi langkah Google bisa dibilang berani, tetapi masih harus dilihat lagi apakah Google berinisiatif memperluas penggunaan Google Assistant pada feature phone di negara lain selain India atau tidak seperti dikutip dari PhoneArena.com (05/12/2017).

0 komentar:

Posting Komentar test