Inilah Fitur-fitur Ponsel Yang Mengalami Evolusi

Senin, 25 Desember 2017
BlackBerry Porsche (Gambar Crackberry.com)

Evolusi tidak saja terjadi pada manusia atau hewan saja tetapi juga terjadi pada smartphone atau ponsel. Perangkat dengan fitur tertentu yang tidak bisa beradaptasi maka dia akan mati dengan sendirinya. 

Beberapa fitur yang dulu disematkan pada ponsel kini perlahan mulai ditinggalkan oleh vendor karena dianggap jarang digunakan dan sudah tidak tren lagi. Dari sekian banyak fitur ada beberapa fitur yang mengalami evolusi. 

Berikut fitur-fitur ponsel yang mengalami evolusi : 

    Radio FM pada ponsel (Gambar wincamp.org)
  1. Radio FM. Fitur ini awalnya sangat berguna karena selain untuk hiburan juga digunakan untuk informasi jalan raya dan berita terbaru. Tetapi kini sejak akses internet mudah dan murah maka fitur ini semakin ditinggalkan. Untuk hiburan pengguna ponsel lebih banyak yang menggunakan pemutar musik atau video. 
  2. Keyboard pada ponsel (Gambar Tekno.Kompas.com)
  3. Keyboard. Pada saat kemunculannya semua ponsel menggunakan keyboard untuk memudahkan pengetikan atau menekan tombol nomor saat menelepon. Tetapi semenjak ada layar sentuh semua ponsel menghilangkan papan ketik atau keyboard pada ponselnya. 
  4. Lampu flash Xenon (Gambar Gadgetplus.id) 
  5. Lampu Xenon. Awal kehadiran ponsel dengan kamera dan lampu kilat menggunakan lampu Xenon, kini keberadaannya tergantikan oleh lampu LED untuk membantu pencahayaan terutama pada malam hari.
  6. Samsung Galaxy K Zoom (Gambar Sisidunia.com)
  7. Lensa Zoom. Ponsel kamera dengan lensa zoom awalnya diminati karena kualitas gambarnya lebih baik saat mengambil gambar tetapi bentuknya yang gemuk membuat pengguna enggan menggunakan ponsel tersebut. Sekarang smartphone sudah dilengkapi dengan zoom optical dan bentuknya tetap lebih ramping. Beberapa smartphone yang dulu menggunakan lensa zoom adalah Samsung Galaxy K Zoom, ASUS Zenfone Zoom ZX551ML.
  8. Oppo N3 (Gambar Oppo.com)
  9. Lensa putar. Lensa putar disematkan pada smartphone untuk mengambil gambar pada bagian belakang dan bagian depan seperti Oppo N3. Tetapi kini tidak lagi digunakan karena menggunakan kamera depan dan belakang yang berbeda. 
  10. Port HDMI. Slah satu ponsel yang menyematkan port ini adalah BlackBerry Porsche tetapi keberadaannya tergantikan dengan port USB 2.0 dan USB 3.0 untuk transfer data dan untuk menghubungkan ke perangkat komputer atau proyektor menggunakan port tambahan. 
  11. iPhone 7 (Gambar kompasiana.com)
  12. Port Jack Audio 3.5mm. Port ini sudah dihilangkan pada beberapa smartphone terbaru besutan Apple yakni iPhone 7. Alasan menghilangkan port jack audio 3.5mm karena bisa menggunakan headset yang menggunakan port USB 2.0 atau USB 3.0. 
Itulah beberapa fitur ponsel yang mengalami evolusi. Ke depan fitur apalagi yang akan hilang pada perangkat ponsel, seperti dikutip dari GSMArena.com (20/12/2017) 

0 komentar:

Posting Komentar test