Ini Dia Kartu microSD 512GB Pertama di Dunia

Rabu, 24 Januari 2018

microSD Integral 512GB (Gambar BGR.com)

Semakin sering jeprat-jepret atau menyimpan file musik atau video kini tidak khawatir lagi memberatkan smartphone karena tersedia kartu microSD berukuran besar. Kalau selama ini paling besar kapasitas penyimpanan microSD sebesar 256GB kini sudah ada yang mencapai 512GB. 

Walaupun bentuknya yang mungkin berukuran kecil, tapi kartu microSD memiliki penyimpanan yang besar, dan bisa digunakan untuk berbagai perangkat termasuk perangkat, ponsel atau smartphone, dan tablet. Produsen penyimpanan data SanDisk sudah membuat versi microSD 400GB, dan Samsung memiliki kartu microSD berkapasitas 256GB.

MicroSD Samsung 256GB (Gambar BGR.com)

Kini sebuah perusahaan bernama Integral akan segera meluncurkan kartu microSD berkekuatan 512GB. Perusahaan Integral yang berbasis di Inggris ini akan mengalahkan SanDisk dan Samsung sebagai pembuat perangkat penyimpanan pertama yang mengumumkan kartu microSD 512GB. Kartu dengan nama microSDXC V10 512GB UHS-I U1. 

Kartu tersebut memenuhi standar Video Speed Class 10 (V10), yang artinya akan mendukung transfer data Full HD yang cepat, paling tidak 10MB / detik kecepatan tulisnya. Sedangkan Kecepatan bacanya di kisaran 80MB/detik, yang sedikit lebih rendah dari kecepatan baca 100MB / detik milik kartu microSD SanDisk dengan kapasitas 400GB. 

Kartu microSD tersebut akan bekerja dengan baik di sejumlah perangkat termasuk smartphone dan tablet berbasis Android. Rencananya Kartu microSD Integral 512GB diluncurkan bulan depan. Sayangnya belum diketahui harga pastinya. Sebagai pembanding Kartu microSD dari SanDisk dengan memori 400GB dibanderol dengan $ 249,99 atau setara dengan Rp. 3,2 jutaan. 

Sementara itu Samsung beberapa minggu yang lalu mengumumkan bahwa mereka siap untuk memproduksi modul penyimpanan 512GB untuk smartphone dan tablet, yang dipersiapkan untuk Samsung Galaxy S9 akan tersedia dalam versi penyimpanan 512GB. 

Dengan asumsi Samsung memang akan meluncurkan Galaxy S9 dengan memori 512GB, produk penyimpanan baru Integral dengan demikian pengguna Samsung Galaxy S9 akan bisa menyimpan data sebesar 1TB, seperti dikutip dari BGR.com (23/01/2018).

0 komentar:

Posting Komentar test