Mar 2, 2018

10 Tips Cara Memilih Smartphone Xiaomi

10 Tips Cara Memilih Smartphone Xiaomi

Xiaomi Mi Mix 2 (Gambar Xiaomitoday.com)

Tak bisa dipungkiri, smartphone telah menjadi bagian integral kehidupan kita sehari-hari. Sebagian besar dari kita hampir tidak bisa bertahan selama kurang lebih 12 jam tanpa smartphone kita. Namun, setiap orang berbeda-beda terhadap smartphone yang dibutuhkannya ada yang antusias terhadap spesifikasi kamera, baterai, prosesor dan lain sebagainya. 

Salah satu raksasa manufaktur China yakni Xiaomi merupakan salah satu perusahaan yang memiliki semua jajaran smartphone yang mungkin Anda perlukan baik kelas low-end, mid-range ataupun flagship. Jika Anda ingin memiliki smartphone Xiaomi yang dibutuhkan maka Anda harus mengetahui caranya.

Berikut 10 Tips memilih smartphone Xiaomi

  1. Lakukan Pembelian di Waktu yang Tepat. Jika Anda benar-benar ingin membeli smartphone Xiaomi yang sempurna, maka pastikan Anda mengetahui perangkat yang akan datang. Alasannya sederhana, yakni harga ponsel yang akan dibeli sekarang mungkin beberapa hari atau minggu ke depan harganya akan turun karena sudah ada perangkat yang baru. Jadi kalau mau beli yang baru sebaiknya beli pada saat launching pertama atau tunggu beberapa bulan kemudian jika mau menunggu karena harganya dipastikan akan turun. 
  2. Hardware Lama Tidak Selalu Usang. Kebanyakan dari kita beranggapan bahwa ponsel yang sudah berumur satu tahun, hardware atau perangkat kerasnya sudah usang. Namun, hal ini tidak selalu benar. Ponsel menjadi usang oleh penggunaan dan bahkan model yang sangat baru pun bisa saja jadi usang karena penggunaan terus-menerus. Seperti prosesor Snapdragon 821 yang dibenamkan pada Xaomi Mi Note 2 bukanlah prosesor terbaru namun smartphone masih tetap memberikan kemampuan yang maksimal. 
  3. Prosesor Lama Bukan Berati Ketinggalan Zaman. Prosesor andalan akan memberikan performa yang mumpuni, tetapi ternyata prosesor kelas menang seperti Snapdragon 660 (Pada Xiaomi Redmi Note 5 dan Xiaomi Mi Note 3) menawarkan kinerja yang cukup baik bagi sebagian besar pengguna. Namun, jika Anda seorang penggemar gamer berat dan membutuhkan kekuatan untuk bermain game maka memang Anda memerlukan ponsel Xiaomi yang memiliki prosesor Snapdragon 835 dan GPU Adreno 540. 
  4. Ukuran layarnya Disesuaikan Dengan Kebiasaan Anda. Jika Anda suka mengoperasikan smartphone Anda dengan satu tangan, maka Anda tentu membutuhkan perangkat atau smartphone yang berukuran kecil tidak lebih dari 5,5 inci, seperti Xiaomi Redmi 5A atau Mi 6 sudah cukup. Namun, jika Anda memerlukan pengalaman pengguna yang lengkap untuk menikmati video dan game, maka Anda perlu memanfaatkan mode multiwindow di Android. Jadi Anda memerlukan layar yang lebih besar seperti Xiaomi Mi Mix 2 yang berukuran 5,99 inci dengan rasio aspek 18: 9. 
  5. Tidak Harus Megapiksel Kamera Besar. Sebagian besar pengguna smartphone yang menyukai kamera yang besar dan sering disesatkan oleh besarnya megapiksel kamera. Sebenarnya nilai megapiksel tidak menjadi prioritas, perhatikan spesifikasi lain seperti aperture (cari angka yang lebih rendah) dan fitur khusus seperti dual lens dan optical image stabilization (OIS). Xiaomi Mi 6 merupakan sebagai salah satu smartphone Mi terbaik dalam hal kualitas kamera. Kameranya memiliki Dual lens 12 MP (f / 1.8, 27nm, 1 / 2.9 ", 1.25 μm, axis 4 OIS) + 12 MP (f / 2.6, 52mm, 1 μm), zoom optik 2x, deteksi fasa autofocus, dual- LED dual-tone flash dan kamera keduanya memiliki kemampuan 8 MP. 
  6. Stok Android Vs MIUI. Sampai saat ini, penggemar Xiaomi tidak memiliki pilihan lain selain menggunakan Sistem Operasi MIUI karena semua smartphone Xiaomi dilengkapi dengan sistem ini. Namun, hal itu telah berubah sejak kedatangan Xiaomi Mi A1 yang menggunakan Stock Android dan akan memberi update Andriod terbaru. Jika Anda menyukai kustomisasi dan suka menggunakan banyak fitur yang menakjubkan seperti Dual App, Second Screen, Apps Vault, Quick Dial, Games Booster maka pilihannya adalah menggunakan MIUI. 
  7. Jangan Beli Lebih Dari Yang Anda Butuhkan. Smartphone flagship Xiaomi seperti Xiaomi Mi MIX 2, Mi 6 dan perangkat premium lainnya dijual dengan harga di kisaran Rp.6 – 9 jutaan. Namun, jika Anda memerlukan smartphone Xiaomi yang sempurna dengan anggaran terbatas maka pilihannya adalah Xiaomi Redmi Note 4, Xiaomi Redmi 4X atau Xiaomi Redmi 5A.
  8. Baterai Besar dan Pengisian Cepat. Masalah baterai menjadi masalah tersendiri bagi pengguna smartphone. Sekarang banyak orang yang mencari smartphone dengan kapasitas baterai yang besar, dan memiliki fitur pengisian cepat agar tidak berlama-lama mengisi ulang. Xiaomi memiliki Redmi 4X dengan Snapdragon 625 dengan kapasitas baterai yang bisa dibilang awet. Dengan smartphone ini, Anda bisa pergi selama 10 jam tanpa halangan. Namun, jika Anda memerlukan layar yang lebih besar, Xiaomi Mi Max 2 dengan baterai Li-on 5300 mAh atau Xiaomi Mi Note 2 yang memiliki layar berukuran 5,7 inci dengan baterai 4020 mAh (dengan pengisian cepat) dan bisa digunakan lebih dari 12 jam pemakaian.
  9. Opsi Penyimpanan Tidak Harus Besar. Sejujurnya, smartphone dengan memori kurang dari 32GB bukan berarti akhir dari segalanya. Jika Anda ingin merasa nyaman saat bermain game, film, dan segala jenis multimedia, maka carilah opsi memori 32GB atau lebih. Tetapi jika Anda mencari penyimpanan internal yang kurang dari 32GB maka tetapi dilengkapi dengan slot microSD maka pilihannya ada pada Xiaomi Redmi 5A, Redmi Note 5A, dan Redmi Y1. 
  10. Program Tukar Tambah. Ada beberapa toko offline atau online yang program tukar tambah dengan smartphone lama Anda dengan yang baru dengan harga diskon, jika Anda memiliki smartphone yang cukup jadul sehingga Anda tidak ingin menggunakannya lagi maka silakan Anda ganti dengan yang baru tetapi jika memiliki uang silakan membeli smartphone yang baru, seperti dikutip dari Xiaomitoday.com (02/03/2018). 
Mudah-mudahan tips memilih smartphone Xiaomi ini bermanfaat untuk Anda semua.
10 Tips Cara Memilih Smartphone Xiaomi
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon