Sep 22, 2011

Amprokan Blogger Hidupkan Suksesmu

Amprokan Blogger Hidupkan Suksesmu



Amprokan Blogger Hidupkan Suksesmu. Hari Sabtu dan Minggu tanggal 17 dan 18 September 2011 lalu saya mengikuti Ampokan Blogger 2011 yang diadakan di Aula Asrama Haji Bekasi. Acara ini dibuka secara resmi oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia Bapak Tifatul Sembiring. Acara ini diikuti tidak hanya dari blogger bekasi saja melainkan dari berbagai wilayah seperti dari Jakarta, Depok, Banten, Sukabumi, Subang, Bandung, Cianjur, Semarang, Indramayu, Ciamis, Padang, Jogjakarta, Ambon, Makasar, Kalimantan dan lain-lain. Acara Amprokan Blogger 2011 diisi oleh para penggiat internet dan penggiat pencinta lingkungan.


Tema yang diusung pada kesempatan ini adalah Blogger Membudayakan Kecerdasan Ekologis. Saya dapat menangkap “sesuatu banget” dari tema ini. Diantaranya blogger tidak hanya berinteraksi di dunia maya saja melainkan harus bisa bersosialisasi dengan masyarakat sekitar dan lingkungannya. Blogger dituntut untuk lebih peduli, lebih mencintai lingkungan ekologis yang ada di wilayahnya masing-masing. Tidak hanya melalui tulisan di blog tetapi juga diharapkan dengan bukti nyata di lapangan.

Pembicara yang hadir di acara ini antara lain Onno.W.Purba (pakar teknologi informasi), Nukman Lutfie (pakar sosmed) , Anggara Suwahyu (pakar hukum), Iman Brotoseno (Blogger Asean), Indriyatno Banyumurti (Ketua Relawan TIK Nasional), Emmy Hafied (Green Peace), dan Eka Budianta (Pengelola Botanical Garden). Selain itu ada pembicara dari PANDI, ICT Watch (Internet Sehat), dan Mobile Blogging Indosat sebagai Sponsor utama acara ini. Pembicara yang hadir benar-benar sangat relevan sekali dengan temanya. Salutnya lagi panita Amprokan Blogger 2011 ini di ketua oleh Wijayakusumah atau yang lebih dikenal dengan Om Jay tapi Om Jay sedang dirawat di rumah sakit karena terkena demam berdarah. Tapi acara berjalan dengan lancar berkat kesigapan dan kerjasama yang rapi seluruh panitia.

Pada malam harinya setelah makan malam acara dilanjutkan dengan sarasehan dengan gaya lesehan dan santai menampilkan penggiat internet sehat yakni Doni BU, Komunitas dari Jalin Merapi dan Blogger Ambon di moderatori oleh Blonthankpoer. Dengan gaya santainya kami berdiskusi tentang kebebas berekspresi di internet dan etika berinternet. Selain menampilkan pembicara-pembicara yang relevan dengan tema acara Amprokan Blogger 2011, acara ini juga dimeriahkan dengan pembagian hadiah kepada peserta yang mengikuti acara ini. Diantaranya ada lomba live twit dengan hastag #ABSuksesmu dengan mention ke @IndosatMobile, lomba komunitas terseru, dan penghargaan kepada peserta yang datang paling jauh dan ada pengundian hadiah dan pastinya ada music live.

Setelah acara sarasehan selesai semua peserta yang datang dari jauh menginap di Islamic Center. Disini kita bisa sharing dengan teman-teman tentang blog dan internet dan masalah pribadi. Seru juga kita bisa saling mengenal lebih jauh dan terjalin silaturahmi yang erat antar peserta. Panitia juga menyediakan kopi dan mie seduh untuk seluruh peserta. Benar-benar kita diperlakukan sebagai tamu istimewa.

Pagi harinya seluruh peserta diajak menuju ke Kota Jababeka Cikarang. Disana kami mengikuti penjelasan dari Marketing Jababeka tentang program-programnya yang akan datang. Salah satunya yang menarik adalah penjelasan mengenai Jababeka MovieLand atau Hollywoodnya Indonesia. Rencananya Jababeka akan membuat mengembangkan pusat industri film di Indonesia bekerjasama dengan berbagai pihak termasuk perguruan tinggi dan pusat perbelanjaan. Di Jababeka juga ada lomba live twit dengan menggunakan hastag #JababekaMovieLand dan mention ke @kjat01.

Setelah penjelasan tentang Jababeka dan botanical gardennya. Kami diajak berkeliling kota Jababeka dipandu oleh Marketing dari Jababeka. Sambil dijelaskan mengenai sejarah, perumahan, fasilitas umum, pengolahan air, dan rencana ke depan Kota Jababeka. Oh ya yang belum tau singkatan Jababeka, Jababeka adalah singkatan dari Jawa Barat Bekasi.


Sesuai dengan rencana semula bahwa jika kita berkunjung ke Jababeka kita harus membuat sesuatu yang bermanfaat untuk lingkungan, karena kami datang pada musim kemarau maka kami melaksanakan program pelepasan burung ke habitat alam yang asli. Pada tahun sebelumnya karena acara Amprokan Blogger pada musim hujan maka diadakan penanaman pohon di areal botanical garden Jababeka.

Selesai pelepasan burung kami kembali ke kantor pemasaran untuk makan siang. Sambil kami menikmati makan siang panitia mengumumkan pemenang lomba live twit dan pemenang pertamanya adalah saya. Lumayan hadiahnya Merchandise dari Jababeka MovieLand.

Setelah makan siang kami kembali ke mobil bis untuk melihat-lihat daerah penambangan pasir di daerah Bekasi. Tapi sebelum masuk ke mobil bis setiap komunitas mendapat uang pengganti transportasi yang jumlahnya lumayan untuk membeli “sesuatu”.

Di perjalanan kami saling bercanda dan bercerita tentang masalah pribadi, blog dan lain-lain semakin menambah ke akraban sesama blogger. Setelah menempuh perjalanan sekitar 30 menit kami sampai di wilayah penambangan pasir ilegal di kecamatan Serang Baru. Dan kami terbelalak melihat pemandangan ini betapa tidak para penambang pasir ilegal ini telah mengeruk sebagian bumi ini hingga puluhan bahkan ratusan meter dalamnya. Kemudian setelah tidak ada pasirnya mereka membiarkan begitu saja daerah tersebut sehingga tercipta situ atau danau buatan yang baru.


Kami dan para santri yang diundang panitia Amprokan Blogger 2011 melihat-lihat bekas penambangan pasir yang sudah menjadi danau atau situ yang sangat indah. Saya sempat berbincang dengan teman-teman blogger berpikir bagaimana melestarikan lingkungan sekitar Bekasi dengan memanfaatkan situ atau danau ini untuk obyek wisata yang bisa menghasilkan devisa bagi masyarakat sekitarnya. Dan menanami kembali lahan yang tandus dengan pohon-pohonan. Tapi itu hanya pemikiran saya belum tentu sama dengan para pengusaha pasir di wilayah itu yang menginginkan pendapatan besar tanpa memikirkan kerusakan lingkungan yang diakibatkannya.

Setelah melihat-lihat situ bekas penambang pasir kami berkunjung ke tempat penangkaran buaya di Taman Buaya Indonesia Jaya dan melihat atraksi debus dan para pawang ular dan buaya beraksi. Walaupun kami disambut dengan turunnya hujan yang lebat tapi tidak menghalangi kami untuk melihat atraksi seni asli Indonesia ini.

Selesai melihat atraksi kami kembali ke bis dan kembali ke Islamic Center dan pulang ke rumah masing-masing. Dalam hati saya acara Amprokan Blogger 2011 ini memang sangat berkesan walaupun ada beberapa kekurangan karena perubahan acara yang harusnya ke Hutan Mangrove dengan tujuan menanam tanaman mangrove di pesisir pantai, dialihkan ke Situ di Serang Baru tetapi tidak mengurangi kemeriahan dan keakraban sesama blogger. Walaupun hanya dua hari tetapi terasa berkesan dihati. Dan memberi semangat dan inspirasi baru bagi kami para blogger untuk terus peduli dengan lingkungan dan mencapai apa yang dicita-citakan. Sangat cocok sekali slogan “Amprokan Blogger Hidupkan Suksesmu
Amprokan Blogger Hidupkan Suksesmu
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon