Sep 5, 2011

Smartphone dan Tablet Sebagai Perangkat Medis

Smartphone dan Tablet Sebagai Perangkat Medis


Revolusi dalam dunia kesehatan dan profesi medis diam-diam telah berlangsung dua tahun terakhir, dengan menggunakan smartphone dan tablet yang akan mengubah cara kita mendapat dan memproses informasi medis. Biasanya kita akan pergi ke dokter untuk mengecek tekanan darah, mengecek gula darah, USG, atau aktifitas kesehatan lainnya. Tapi sekarang tidak lagi karena ada beberapa aplikasi dan perangkat yang bisa kita gunakan pada smartphone atau tablet kita dan ini disebut dengan mHealth (mobile health). Aplikasi ini bisa berjalan untuk sistem operasi iOS, Android, dan BlackBerry. Mungkin kedepannya bisa digunakan untuk semua platform.

Berikut aplikasi dan perangkat kesehatan untuk smartphone atau tablet :

1. iBGStar Blood Glukose Meter
Alat ini digunakan untuk mengukur glukosa darah, yang dikembangkan oleh AgaMatrix. iBGStar dapat melacak glukosa anda, asupan karbohidrat, dan dosis insulin yang harus diberikan. pengguna iPhone dan Android dapat menggunakan alat dan aplikasi ini dengan menghubungkannya melalui bluetooth. Alat ini sangat bermanfaat untuk penderita diabetes atau kencing manis.

2. Thinklabs Stethoscope App
Aplikasi untuk iPhone ini digunakan untuk memvisualkan dan merekam gelombang detak jantung secara real time. Kemudian rekaman tadi bisa diedit dan direkam untuk keperluan diagnosa dokter.

3. Mobius SP1
Alat dan aplikasi ini digunakan untuk mendiagnosa kandungan atau USG (ultrasonografi). Alat yang bentuknya kecil ini dapat mengambil dapat dengan mudah dan aman menyimpan semua arsip dengan menggunakan jaringan seluler, Wi-Fi, atau konektivitas langsung ke komputer pribadi.

Memang alat dan aplikasi ini harus berbayar tapi kita sebagai pengguna smartphone atau tablet semakin dimanjakan dan dipermudah apalagi jarak dari rumah ke dokter pribadi kita sangat jauh, dikutip dari PhoneArena. 
Smartphone dan Tablet Sebagai Perangkat Medis
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon