Oct 2, 2011

Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia


Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia. Saya akan mendefinisikan pengertian satu persatu kata-kata ini. Pertama pengertian blogger, Blogger adalah pekerjaan menulis atau memposting suatu tulisan yang berisi teks, gambar, suara, video atau perpaduan unsur tadi menggunakan akses internet melalui media blog.

Kedua pengertian nusantara, Pengertian Nusantara adalah sebutan (nama) bagi seluruh wilayah kepulauan Indonesia. (Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Ketiga pengertian Blogpreneur, Blogpreneur merupakan kependekan dari Blog Enterpreneur, Blog adalah suatu jenis halaman web yang biasanya menampilkan entri-entri yang diberi tanggal dalam urutan kronologis yang terbalik. Sedangkan pengertian Enterpreneur atau Wirausaha Menurut Wikipedia jenis usaha mandiri yang didirikan oleh seorang wirausahawan, atau sering pula disebut sebagai pengusaha. Wirausahawan adalah seseorang yang mampu menciptakan lapangan kerja baru dan mencari cara-cara atau teknik yang lebih baik dalam pemanfaatan sumber daya, memperkecil pemborosan, serta menghasilkan barang atau jasa dalam upayanya memuaskan kebutuhan orang lain.

Keempat Pengertian Indonesia, Indonesia adalah negara di Asia Tenggara, yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Jadi menurut saya Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia adalah Para pemilik blog atau blogger yang ada di wilayah Indonesia yang memiliki komitmen untuk menjadikan blog sebagai tempat untuk mencari penghasilan atau berwirausaha dengan menghasilkan barang atau jasa dalam upaya memuaskan kebutuhan sendiri dan orang lain.

Dunia blogging di Indonesia paling unik di dunia karena selain berisi bermacam-macam konten yang berdasarkan kesenangan/hobi penulisnya. Kontennya ada yang di Indonesia sangat bervariatif diantaranya berisi konten tentang pendidikan, teknologi, kesehatan, gadget, jual-beli, pribadi, musik, game, hiburan, kuliner, hobi, internet, software, wisata, berita, olahraga, politik dan lain-lain. Blogger di Indonesia juga sering membentuk suatu komunitas berdasarkan wilayah. Ada komunitas blogger Aceh, Medan, Depok, Bekasi, Bandung, Surabaya, Semarang, Makasar, Kalimantan, Ambon dan masih banyak lagi lainnya.

Cara menjadi blogprenuer sebenarnya gampang-gampang susah. Ada kalanya orang ngeblog hanya senang dengan kegiatan menulis atau catatan harian pribadi, tetapi ada juga yang memanfaatkan blog sebagai media untuk mencari penghasilan. Diantaranya para blogger memanfaatkan blog sebagai media promosi untuk menjual barang atau jasanya kepada pembaca secara online. Kemudian ada juga pemilik blog yang memanfaatkan blognya sebagai tempat untuk mencari penghasilan dengan cara memasang iklan di blog yang kita miliki.

Sekarang banyak perusahaan yang memfasilitasi antara advertiser/brand untuk melakukan kampanye marketing melalui jaringan blogger Indonesia baik dari luar negeri ataupun dalam negeri. Salah satu contohnya Idblognetwork yang memanfaatkan blog sebagai media menghasilkan uang dengan cara PPC atau pay perclik, PPA atau pay per action dan PPP atau pay perpost. Semua itu dapat berhasil jika ditunjang dengan bagaimana cara mendapatkan pengunjung yang banyak ke blog kita dengan cara-cara yang bertanggungjawab.


Harapan saya dengan adanya Blogger Nusantara ini terjalinnya hubungan silaturrahmi yang erat antar sesama blogger di seluruh Indonesia tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras dan adat istiadat (SARA) dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, kebebasan berekspresi, hak individu atau lembaga, hasil karya pihak lain, norma masyarakat, dan bertanggungjawab. Dengan terus mengembangkan jiwa kewirausahaan kepada blogger di Indonesia. Oleh karena itu saya mendukung acara ini yang memiliki slogan “Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia
Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon