Nov 9, 2011

Robot Pengangkat Pasien Atau Orang Jompo

Robot Pengangkat Pasien Atau Orang Jompo


Robot ini diciptakan untuk memindahkan orang dari tempat tidur ke kursi roda atau sebaliknya, bisa juga dari lantai ke tempat tidur atau kursi roda. Robot ini diberi nama Robot RIBA II. Robot yang dikembangkan oleh Tokai Rubber Industries and RIKEN dari Jepang. Nantinya robot ini akan ditempatkan di rumah sakit atau panti jompo.

Robot RIBA II mempunyai gerakan yang lembut agar tidak melukai pasien atau orangnya pada saat disentuh atau mengangkatnya. Robot ini dibuat selembut mungkin dengan seluruh eksteriornya menggunakan bahan dasar karet, serta sensor sentuh sangat fleksibel yang disebut sensor SR yang dikembangkan oleh Tokai Rubber Industries. Sensor ini adalah sensor pertama di dunia dengan yang terbuat dari karet.


Sensor SR tersebut digunakan pada lengan atas, lengan bawah, dan tubuh robot tersebut. Mereka mampu mendeteksi berat dan postur pasiennya. Teknologi ini dapat mengontrol robot pada saat mengangkat pasien sehingga pasiennya akan merasa aman tidak takut terjatuh. Robot ini mampu mengangkat beban hingga 80 kg. Robot ini masih dalam proses pengembangan dan akan dikomersialisasikan pada tahun 2012. Kedepannya robot RIBA II ini bergerak lebih cepat, aman, ringan dan murah.

Sumber
Robot Pengangkat Pasien Atau Orang Jompo
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon