Dec 12, 2011

Windows Phone sudah mendukung teknologi NFC

Windows Phone sudah mendukung teknologi NFC


Sepertinya teknologi NFC akan meramaikan smartphone atau handphone keluaran terbaru. NFC sendiri adalah singkatan dari Near Field Communication, yakni seperangkat teknologi konektivitas nirkabel berbasis teknologi ''Radio Frequency Identification'' (RFID) yang menggunakan induksi medan magnet untuk memungkinkan komunikasi antar perangkat elektronik dalam jarak yang dekat seperti infra merah, bluetooth atau wi-fi.

Microsoft telah mengatakan bahwa Windows Phone dengan platform 7,5 sudah mendukung teknologi komunikasi NFC. Namun teknologi itu akan diaktifkan atau tidak tergantung OEM (Original Equipment Manufacturer). Jadi jika OEM ingin mengaktifkannya maka NFC bisa diaktifkan dan digunakan di perangkat tersebut.

NFC atau Near Field Communication kedepannya bisa digunakan untuk pembayaran di tempat umum atau pusat perbelanjaan, pembelian tiket, dan lain-lain. Syaratnya toko atau penyedia jasa harus dilengkapi dengan hardware pembayaran supaya dapat berkomunikasi dengan ponsel NFC. Smartphone kita tinggal didekatkan dengan terminal pembayaran hanya beberapa sentimeter saja kemudian transaksi dapat terlaksana. Selain itu NFC juga memungkinkan smartphone dapat bertukar link, rincian kontak atau informasi lainnya. Beberapa vendor dunia sudah mulai menerapkan teknologi NFC ini pada produk terbarunya seperti Nokia N9, Nokia 700, Samsung Galaxy S II, LG Prada K2 dan lain-lain.

Sumber
Windows Phone sudah mendukung teknologi NFC
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon