Oct 24, 2012

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris


Bagi sebagian pelajar di Indonesia, pelajaran Bahasa Inggris mungkin termasuk pelajaran susah dan tidak disukai, apalagi cara guru memberikan pelajaran di kelas terlalu serius, monoton dan tidak menyenangkan. Membuat siswa semakin tidak menyukai pelajaran Bahasa Inggris. Oleh sebab itu saya sebagai seorang pengajar, harus pintar-pintar mencari metode pembelajaran yang menyenangkan.

Bermacam-macam metode pembelajaran yang ada saat ini, dari ceramah, diskusi, demonstrasi, ceramah plus, resitasi, Eksperimental, study tour, latihan ketrampilan, pengajaran beregu, peer teaching method, metode pemecahan masalah, project method, taileren method sampai metode global. Ada cara mudah belajar bahasa Inggris yang menurut saya dan siswa sukai yaitu dengan cara mendengarkan musik, tapi tentunya musiknya harus berbahasa Inggris dan tentunya peralatan yang digunakan harus disiapkan.

Adapun cara-caranya adalah sebagai berikut :

  1. Pilih lagu yang disukai. Pilih penyanyi dan lagu berbahasa Inggris yang kamu sukai. Dengan cara ini, tentunya siswa akan lebih senang untuk mendengarkan dan secara tidak langsung liriknya pun bisa diikuti. 
  2. Pilih lagu yang slow bila ingin mengerti dan lancar berbahasa Inggris, agar siswa dapat dengan mudah mencerna kata-kata yang diucapkan oleh si penyanyi. 
  3. Jangan memilih lagu yang alunan musiknya keras, seperti musik rock. Pilih jenis musik dan lagu yang slow, seperti akustik, pop, jazz dan sebagainya. 
  4. Ketahui liriknya, tidak hanya mendengarkan lagunya saja, namun kamu harus mengetahui lirik lagu tersebut 
  5. Berlatihlah dengan mendengarkan liriknya dulu kemudian tuliskan liriknya. Dengan begitu, siswa dapat melatih logika bahasa & pendengarannya. 
  6. Setelah menulis lirik lagu tersebut sesuai dengan apa yang kamu dengar, carilah lirik yang sebenarnya dan cocokkan. 
  7. Ikut menyanyikan, mulailah menyanyikan lagu tersebut semirip mungkin dengan penyanyinya. Cara ini akan melatih pronunciation siswa. 
  8. Apabila memungkinkan nyanyikanlah lagu dengan keras dan lantang. Jangan takut salah saat mengucapkan. 
  9. Kuncinya adalah percaya diri dan teliti dalam memperhatikan lagu yang dinyanyikan. 
  10. Artikan kata-kata tersebut menggunakan kamus. Arti lagu juga perlu diketahui, agar kamu dapat memahami & kaya akan vocabulary atau perbendaharaan kata. 
  11. Biasakan juga untuk menggunakan kata-kata berbahasa Inggris tersebut dalam kehidupan sehari-hari.  
Selamat mencoba. Dikutip dari akun twitter @IndosatMania
Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon