Feb 20, 2015

Mesin Pencari Ini Diprediksi Bisa Mengalahkan Google

Mesin Pencari Ini Diprediksi Bisa Mengalahkan Google

Mesin Pencari Memex
Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Pentagon, kabarnya tengah mengembangkan mesin pencari internet yang baru dan lebih canggih dibandingkan mesin pencari milik Google. Kelebihannya seperti apa mari kita ulas. 

Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), lembaga riset milik Pentagon, sekitar setahun ini mengerjakan proyek bernama Memex. Tujuan pembuatan proyek ini adalah untuk melacak informasi di internet yang tidak bisa dijangkau mesin cari seperti Google. 


Ada banyak website atau situs yang tidak akan muncul jika ditelusuri dengan mesin pencari pada umumnya dan hanya bisa diakses dengan menggunakan software khusus. Diperkirakan jumlahnya bisa mencapai 900 miliar halaman web atau situs. 

Biasanya, situs semacam itu dimanfaatkan oleh para pelaku kriminal agar tidak mudah dilacak oleh siapa pun. Sebagai contoh bandar narkoba atau perdagangan manusia. Karena itu, penegak hukum perlu dimudahkan untuk mengaksesnya. "Kami ingin meningkatkan kecanggihan pencarian online. Juga mudah untuk digunakan," demikian diungkap Chris White, Program Manager DARPA. 

Memex sendiri merupakan singkatan dari memory dan index. Saat ini, produk tersebut sudah diujicoba, antara lain oleh aparat kota New York untuk mengungkap kasus perdagangan manusia. Mesin pencari seperti Google, Bing, atau Yahoo memang tujuannya komersial dan diperkirakan hanya mampu mengindeks 5% saja dari keseluruhan internet. 

Sementara itu Memex tujuan utamanya adalah membongkar sisi gelap dunia maya. DARPA meyakini kalau nantinya Memex bermanfaat besar bagi pemerintah dan militer atau bahkan perusahaan. Saat ini, Memex masih berada dalam tahap prototipe. Kita tunggu saja apakah Memex bisa mengalahkan Google?. 

Mesin Pencari Ini Diprediksi Bisa Mengalahkan Google
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon