Jan 16, 2016

10 Akuisisi Termahal yang Dilakukan oleh Google Dalam Satu Dekade

10 Akuisisi Termahal yang Dilakukan oleh Google Dalam Satu Dekade

Akuisisi Google

Akuisisi adalah pembelian suatu perusahaan oleh perusahaan lain. Akuisisi telah menjadi manuver yang signifikan bagi perusahaan yang sedang berlomba dengan perusahaan lain untuk mendapatkan pendapatan tertinggi. Hal ini menjadi tren bagi di sektor teknologi informasi di mana perusahaan yang menyusun strategi untuk meningkatkan kinerja dan meluncurkan lebih banyak produknya. 

Teori akuisisi dan ekspansi dalam segala hal juga diterima dan dilakukan oleh raksasa mesin pencari Google. Dalam satu dekade (sepuluh tahun) terakhir, perusahaan teknologi ini telah membuat banyak akuisisi yang nilainya fantastis di sektor teknologi informasi. 

Berikut 10 Akuisisi Termahal yang dilakukan oleh Google dalam satu dekade : 

  1. Skybox Imagine. Dengan harapan untuk memperoleh gambar dengan resolusi tinggi untuk observasi Bumi dari satelit, serta video definisi tinggi dan layanan analisis, Google mengakuisisi SkyBox Imagine dengan harga $ 500 Juta untuk Google Maps-nya. Perusahaan pencitraan satelit tersebut dapat membantu memberikan gambar terbaru dengan akurasi terbaik. 
  2. Dropcam. Dropcam dan Dropcam Wi-Fi Pro dan opsional Cloud Recording membantu menghubungkan Anda dengan orang-orang yang Anda cintai dari tempat yang jauh menggunakan perangkat pintar Anda. Akuisisi Google dari Nest Labs pada tahun 2014 diikuti dengan pembelian Dropcam untuk membantu pemilik mengawasi rumahnya. Akuisisi ini membuat Google harus merogoh kocek sebesar $ 555 Juta. 
  3. Postini. Layanan keamanan weba dan email ini diakuisisi oleh Google pada tahun 2007 dengan harga $ 625 Juta. Layanan ini awalnya digunakan oleh perusahaan untuk keamanan layanan email Google atau Gmail. Dengan maksud untuk meningkatkan pertumbuhan teknologi ini, kemudian diakuisisi oleh Google. Namun, layanan ini dihentikan pada tahun 2014. 
  4. ITA Software. ITA Software dikenal sebagi menyediakan solusi inovatif untuk industri perjalanan. ITA Software digunakan untuk menawarkan tiket pesawat langsung sehingga membuat perjalanan yang mudah dan praktis. Perangkat lunak ini memiliki kepentingan besar dalam pemesanan jasa perjalanan sehingga menarik Google untuk memperolehnya. Pada tahun 2010 seharga $ 700 Mn. Setelah akuisisi, Google Penerbangan diluncurkan. 
  5. AdMob. Platform iklan mobile ini diakuisisi oleh Google pada tahun 2009 dengan harga $ 750 juta. Sebelum mengakuisisi perusahaan ini, Google melihat internet mobile melihat pertumbuhan yang cepat dan memprediksi bahwa iklan mobile hal besar berikutnya, yang akhirnya membuat Google melirik AdMob. 
  6. Waze. Aplikasi navigasi berbasis GPS diakuisisi oleh Google pada tahun 2013 dengan harga $ 996 Juta. Berfokus pada peningkatan pengalaman mengemudi, aplikasi ini adalah membentuk komunitas driver. Keterlibatan pengguna dalam aplikasi ini memikat Google untuk memperoleh dan menyatukan dengan layanan lainnya. 
  7. Youtube. Walaupun aplikasi ini sudah lama terjadi tetapi merupakan salah satu akuisisi terbesar yang dilakukan oleh Google. Google harus merogoh koceknya dengan mengeluarkan dana sebesar $ 1,65 Miliar untuk memperoleh situs berbagi video ini. Situs ini memungkinkan penggunanya mengunggah video, menginspirasi dan menginformasikan kepada orang lain dengan konten asli. 
  8. DoubleClick. Iklan digital semakin diminati di masa yang akan datang, platform ini menghubungkan orang yang tepat pada waktu yang tepat. Platform ini mengembangkan dan memberikan layanan iklan online. Sehubungan dengan hal itu untuk mendapatkan lebih banyak eksposur di web dan muncul di ruang iklan online, Google mengambil alih perusahaan ini pada tahun 2007 senilai $ 3,1 Miliar. 
  9. NestLabs. Perusahaan otomatisasi rumah ini diakuisisi pada $ 3,2 Miliar menjadikannya akuisisi terbesar kedua Google. Perusahaan mengembangkan sensor kemudi, serta memungkinn Wi-Fi-enable yang bisa memngetahui termostat dan mendeteksi asap untuk membuat rumah pintar. Dengan maksud untuk mencapai basis pengguna yang lebih luas, Google mengambil alih perusahaan ini pada tahun 2014. 
  10. Motorola. Akuisisi perusahaan telekomunikasi multinasional menandai kesepakatan terbesar dalam ruang teknologi. Diakuisisi oleh dengan mengeluarkan dana sebesar $ 12,5 Miliar, jauh diatas perusahaan-perusahaan lain yang diakuisisi oleh Google lainnya. Namun, perusahaan ini tidak menuai keuntungan bagi Google dan dijual kembali ke Lenovo dengan harga $ 2,21 Miliar. 
10 Akuisisi Termahal yang Dilakukan oleh Google Dalam Satu Dekade
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon