Aug 28, 2017

Kinerja Komputer Handal dan Penyimpanan Optimal Dengan Seagate Barracuda Pro 6TB

Kinerja Komputer Handal dan Penyimpanan Optimal Dengan Seagate Barracuda Pro 6TB

Seagate Barracuda Pro 6TB (Dok. Pribadi)

Sebagai seorang Blogger, Youtuber dan juga Teacher atau Guru, tentu saya dituntut untuk memiliki komputer pribadi atau PC (Personal Computer) dengan spesifikasi yang bisa menunjang hobi dan aktivitas tersebut. Untuk menunjang kinerja tersebut tentunya dibutuhkan penyimpanan yang besar di komputer sehingga data yang disimpan lebih banyak dan komputer tidak lemot hanya gara-gara memorinya kecil.

Tempat penyimpanan di komputer atau di laptop dikenal dengan nama Hardisk. Bentuk Hardisk sendiri biasanya berbentuk kotak dan di dalamnya terdapat piringan tempat menyimpan data. Hardisk bersifat menyimpan data secara paten walaupun komputer atau laptop dimatikan, data tersebut aka nada di dalam hardisk tersebut kecual dihapus secara manual atau terkena virus.


Banyak varian hardisk yang beredar di pasaran dari bentuk, kapasitas dan performanya. Media penyimpanan yang besar sangat dibutuhkan karena untuk menyimpan berbagai file tentang RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Silabus, Daftar Nilai, Daftar Absen dan lain sebagainya.

Seagate BarraCuda Pro 6TB (Dok. Pribadi)
Selain itu sebagai orang yang hobi dengan tulis menulis di dunia maya atau seorang blogger tentu tidak hanya membuat tulisan yang akan dipublikasikan di blog, tetapi membutuhkan perangkat yang bisa menyimpan foto, video dan file berkapasitas besar yang nantinya akan diolah menjadi tulisan di blog.
Membuka Blog (Dok. Pribadi)
Hobi lain yang saya sukai saat ini adalah membuat film pendek atau membuat rekaman-rekaman yang menarik, kemudian film atau video tersebut dimasukkan ke situs penyimpanan video terbesar di dunia yakni Youtube. Maka salah satu yang dibutuhkan adalah hardisk yang berukuran besar.
Spesifikasi Seagate Barracuda Pro 6TB (Dok. Pribadi)
Di saat senggang saya juga sering bermain game seperti Point Blank atau Fifa Online di komputer saya. Sayangnya sewaktu menggunakan hardisk berkapasitas 500GB sering sekali komputer ngelag atau jeda saat membuka situs-situs game online tersebut.

Tetapi beruntung setelah menggunakan hardisk Seagate Barracuda Pro 6TB, dan Intel Optane tampilan gambar saat memainkan game di komputer tidak lagi nge-lag atau jeda. Selain itu untuk menginstal berbagai aplikasi game atau aplikasi lainnya hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat. 

Saya melakukan beberapa serangkaian ujicoba dan untuk membuktikannya motherboard, hardisk tidak dimasukkan ke dalam casing komputer. Salah satu ujicobanya adalah menginstal aplikasi Point Blank dari Garena menggunakan komputer dengan motherboard ASUS Prime Z270-A, dengan hard disk Seagate BarraCuda Pro 6TB, Intel Optane, prosesor Intel i5 7600 dengan clock 3,5GHz, dan RAM 16GB DDR4 2133MHz. Waktu yang dibutuhkan untuk menginstal game tersebut ternyata kurang dari 3 menit. 
Selain itu saya juga mencoba untuk menginstal aplikasi edit film atau video yakni Camtasia dan aplikasi edit gambar atau foto Adobe Photoshop. Waktu yang dibutuhkan untuk menginstal kedua aplikasi tersebut sangat cepat sekali bahkan kurang dari satu menit. 

Sedangkan untuk menulis di Microsoft Word atau aplikasi Office lainnya sangat responsif dan tidak menunggu waktu yang lama. Begitu juga saat digunakan untuk mencari file dari folder memori yang disimpan sangat cepat dan tidak ada lag sama sekali. 

Dari serangkai ujicoba dan menjalan berbagai aplikasi dengan menggunakan Hardisk Seagate Barracuda Pro 6TB dan Intel Optane dapat disimpulkan bahwa hardisk ini sangat responsif, cepat dan tidak bising walaupun hardisk ini memiliki kecepatan 7200RPM (Rotasi per menit).

Seagate Barracuda Pro 6TB dan Intel Optane (Dok. Pribadi)

Selain itu hardisk ini dapat membantu pekerjaan saya karena memiliki kinerja yang optimal dengan ruang yang sangat luas dan responsif untuk berbagai situasi tanpa terlalu khawatir akan konsumsi daya yang boros dan tidak bising. Mudah-mudahan informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.
Kinerja Komputer Handal dan Penyimpanan Optimal Dengan Seagate Barracuda Pro 6TB
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon