Soal dan Kunci Jawaban PAT Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019

Monday, May 13, 2019
Soal PAT Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019

Soal dan Kunci Jawaban PAT Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 – Penilaian Akhir Tahun (PAT) pada kurikulum 2013 atau Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) pada kurikulum 2006 hari ini Senin 13 Mei 2019 baru saja dilaksanakan dengan mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia dan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti atau sesuai dengan agama yang dianut peserta didik masing-masing. 

Pada kesempatan ini kami berbagi soal PAT Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 tahun pelajaran 2018/2019 beserta kunci jawaban yang mudah-mudahan bermanfaat bagi peserta didik untuk evaluasi diri, dan bapak atau ibu guru untuk analisis soal setelah PAT. 

Berikut Soal dan Kunci Jawaban PAT Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 :

I. Pilihlah jawaban yang paling tepat.
1. Bacalah paragraf-paragraf berikut dengan cermat!
(1) Buah Mangga Indramayu (Mangifera indica) atau mangga cengkir sudah sangat dikenal masyarakat luas. Mangga ini diberi nama sesuai sesuai dengan daerah asalnya, yaitu Indramayu. Ukuran buahnya cukup besar dengan daging buah yang tebal. Rasanya yang manis dan juga segar membuat buah mangga Indramayu menjadi populer dan juga disukai oleh banyak orang.
(2) Hujan terbentuk melalui beberapa tahapan. Pembentukan hujan diawali dengan proses penguapan air oleh sinar matahari. Matahari yang menyinari bumi dapat menimbulkan efek panas sehingga menyebabkan air danau, sungai, dan laut menguap ke udara. 
(3) Ada yang menarik dari Film ini, penuh dengan momen menyentuh dengan chemistry kuat antarpara pemainnya, Warga Baru merupakan film pendek yang berkualitas diangkat dari kisah nyata. Kisah para warga tahanan Polres Indramayu. Namun lebih dari itu, film ini juga merupakan film yang sarat pesan dan mencerahkan. Dibalur dalam sempal guyon mazhab humor orang Indramayu.
(4) Film 5cm adalah film drama Indonesia yang dirilis pada 12 Desember 2012. Film ini merupakan film yang diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama dari salah satu karya novelis muda Indonesia Donny Dhirgantoro. Film yang disutradarai oleh Rizal Mantovani ini diperankan oleh Fedi Nuril sebagai Genta, Denny Sumargo sebagai Arial, Raline Shah sebagai Riani, Igor Saykoji sebagai Ian, Herjunot Ali sebagai Zafran, dan Pevita Pearce sebagai Adinda.
Paragraf yang termasuk teks ulasan adalah ....
A. (1) B. (2) C. (3) D. (4)

Bacalah teks ulasan berikut ini dengan cermat untuk menjawab soal nomor 2, 3, dan 4!
Film Dilan 1990 merupakan sebuah film yang sangat identik dengan kehidupan remaja pada saat itu. Mulai dari pacaran, tawuran, hingga konflik yang terjadi sesama teman. Film ini sukses membuat para penonton terbawa perasaan, terutama para wanita. Dilan menampilkan sosok lelaki yang sangat diidam-idamkan oleh para wanita. Latar film Dilan ini juga sesuai dengan judulnya tahun 1990. Demikian, properti yang digunakan dalam film ini juga tidak jauh berbeda dari tahun 90-an.   
Sayangnya, film ini tidak menggambarkan suasana 1990–an secara keseluruhan. film Dilan 1990 ini merupakan film bagian pertama yang akan ada kelanjutan filmnya. Sehingga, bisa dibilang akhir dari film Dilan 1990 ini dinilai “nanggung”, tetapi cukup membuat penasaran banyak orang. film ini tidak hanya berpengaruh untuk kalangan remaja, tetapi orang yang sudah dewasa juga sangat antusias untuk menontonnya  karena teringat kenangan di masa muda tepatnya tahun 1990-an.

2. Objek dalam teks ulasan di atas adalah  ....
A. Teks ulasan film, berisi penilaian mengenai keunggulan dan kelemahan film disertai alasan pendukung yang berkaitan dengan bidang perfilman.
B. Teks ulasan film, berisi kesimpulan isi film disertai keunggulan dan kelemahan film.
C. Teks ulasan film, berisi penilaian mengenai keunggulan dan kelemahan film, berupa buku nonfiksi dilengkapi dengan alasan pendukung
D. Teks ulasan film, berisi gambaran umum mengenai tokoh tokoh pemeran disertai alasan pendukung yang berkaitan dengan proses penciptaan karya sastra.

3. Kalimat yang menyatakan kekurangan karya berdasarkan kutipan teks ulasan di atas adalah….
A. Tema yang diangkat adalah tema umum
B. Film ini  berlatar belakang kehidupan remaja tahun 1990-an
C. Film ini tidak menggambarkan suasana tahun 1990-an secara keseluruhan
D. Penggambaran tokoh acap kali berubah-ubah

4. Keunggulan karya yang diapresiasi penulis dalam teks ulasan di atas adalah  ....
A. tema, penokohan C. kemasan cerita, tema  
B. kemasan cerita, gaya bahasa D. tema, perjuangan hidup

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan 6!
(1) Cerita pendek ini disajikan dengan bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami para pembaca  (2) Cerpen ini juga menjadi sebuah motivasi yang luar biasa serta menjadi panutan dalam kehidupan. (3) Dengan kemasan yang apik, sang penulis memberi nasihat-nasihat yang baik bagi para pembaca terutama kalangan anak muda. (4) Namun, alurnya mudah ditebak dan sosok tokoh ayah dalam cerpen “Nasihat Untuk Anakku” karya Motinggo Busye ini tidak digambarkan jelas.
5. Pernyataan yang menunjukan kekurangan buku ditandai dengan kalimat bernomor ....
A. (1) B. (2) C. (3) D. (4)

6. Bagian struktur dari teks ulasan di atas adalah  ....
A. orientasi C. penafsiran
B. sinopsis D. kesimpulan

7. Cermati teks ulasan berikut!
(1) Rindu, karya sastra dari penulis besar, Darwis Tere Liye. (2) Novel Rindu ini diterbitkan pada tahun 2014. (3) Di dalamnya menceritakan tentang perjalanan panjang sebuah kerinduan. (4) Perjalanan kerinduan yang banyak menimbun beban di hati. (5) Mulai dari bagaimana ia menempuh perjalanan dengan dosa yang tak terhitung di masa lalu. (6) Kemudian seseorang yang menempuh perjalanannya dengan penuh kebencian. (7) Sebuah perjalanan yang disebabkan karena dia yang kehilangan cintanya. (8) Latar waktu pada novel menceritakan pada masa pemerintah Hindia Belanda, yaitu saat Belanda masih menjajah Indonesia.
Bagian orientasi pada teks ulasan di atas ditandai dengan nomor ….
A. (1) dan (2)               B. (3) dan (4)    C. ( 5) dan 6        D. (7 ) dan  (8)

8. Keluarga Cemara versi layar lebar menempatkan diri sebagai prekuel. Di layar kaca, Abah (Adi Kurdi) dan Emak (Lia Waroka) digambarkan hidup sederhana. Di film dijelaskan, dulu Abah (Ringgo) orang kaya. Ia mengembangkan bisnis properti dan tinggal di sebuah klaster dengan Emak (Nirina), Euis (Zara), dan Ara (Widuri). Musibah datang pada hari ulang tahun Euis. 
Kutipan  novel tersebut menunjukan bagian ….
A. gambaran umum  B. sinopsis            C. kesimpulan    D. penafsiran

9. Sang Pemimpi masih trilogi dari novel Laskar Pelangi, karya Andre Hirata. Novel ini mengusung tema persahabatan dan perjuangan dalam mengarungi kehidupan serta kepercayaan terhadap kekuatan sebuah mimpi. Dalam novelnya menceritakan tentang sebuah kehidupan tiga orang anak Melayu Belitong, yaitu Arai, Ikal, dan Jimbron yang penuh dengan perjuangan, tantangan, dan lika-liku kehidupan yang memesona. Kisah tokoh tokoh tersebut akan membuat kita yakin adanya kekuatan cinta, percaya pada kekuatan mimpi, dan kekuasaan Allah SWT.
Kalimat yang menggunakan konjungsi penerang dalam teks ulasan di atas adalah ....
A. Sang Pemimpi masih trilogi dari novel Laskar Pelangi, dari Andre Hirata.
B. Novel ini mengusung tema persahabatan dan perjuangan dalam mengarungi kehidupan serta kepercayaan terhadap kekuatan sebuah mimpi.
C. Dalam novelnya menceritakan tentang sebuah kehidupan tiga orang anak Melayu Belitong, yaitu Arai, Ikal, dan Jimbron yang penuh dengan perjuangan, tantangan, dan lika-liku kehidupan yang memesona.
D. Kisah tokoh tokoh tersebut  akan membuat kita yakin adanya kekuatan cinta, percaya
    pada kekuatan mimpi, dan kekuasaan Allah SWT.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 10 dan 11!
(1) Cerpen dengan judul “Aku, Ibu, dan Takdir” ditulis oleh Bahtari Anugerah. (2) Cerpen dengan tema kekeluargaan dan sosial ini dipublikasikan pada tahun 2015.(3) Cerpen ini mengisahkan tentang kerasnya kehidupan yang harus dilalui seorang gadis belia. (4) Ia bernama Bella, seorang gadis yang terpisah dengan Ibu kandungnya. (5) Bella gadis belia yang kini duduk di bangku SMA,  sejak bayi ia dititipkan kepada nenek tua ini. (6) Cerpen ini cocok untuk semua umur terutama kaum remaja karena banyak mengandung amanat.

10. Penggunaan konjungsi temporal terdapat pada kalimat  nomor…
 A. (1) B. (2) C. (4)          D (5) 

11. Kalimat saran membaca pada teks ulasan di atas ditandai dengan nomor ….
A. (2) B. (3)          C. (5)          D. (6) 

12. Paragraf di bawah ini yang merupakan teks persuasi adalah….
A. Tari topeng Indramayu adalah jenis kesenian tradisional berupa gerakan berirama yang dikenal oleh masyarakat Indramayu. Dari pengertian tersebut dapat kita ketahui bahwa kata pengikut yakni “Indramayu” termasuk nama daerah dimana jenis tarian tersebut dikenal. Hal ini dapat dikatakan karena jika kita menilik lebih jauh terkait dengan kesenian tari dengan menggunakan topeng sebagai properti utamanya maka kita akan mendapati tarian ini juga dikenal di daerah lain seperti Cirebon, Betawi, Malang, dan Jawa Timur.
B. Sepanjang abad 20 dan 21, gempa telah mengakibatkan banyak kematian dan kerugian material yang sangat besar. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa tak pernah ada peristiwa alam lain dalam sejarah yang berpengaruh langsung pada manusia, selain gempa bumi. Bencana gempa bumi telah menjadi peristiwa yang sangat ditakuti.
C. Menyantap mi instan yang dibarengi nasi putih merupakan hal lazim yang biasa dilakukan oleh masyarakat kita. Padahal tahukah Anda bahwa kebiasaan tersebut dapat menimbulkan dampak negatif untuk tubuh? Perlu Anda ketahui bahwa mengkonsumsi mi instan yang dibarengi atau dicampur dengan nasi putih akan dapat mengakibatkan obesitas. 
D. Adakah kata-kata sehat yang keluar dari mulut orang gila? Ini pertanyaan sederhana. Namun, layaknya pertanyaan sederhana, yang ini pun membutuhkan jawaban yang rumit. Celakanya, jawaban dari pertanyaan inilah yang akan menentukan persepsi penonton terhadap Beth, film terbaru garapan sutradara muda Aria Kusumadewa.

13. Bacalah teks berikut!
Saat ini masih banyak dari guru dan orang tua murid yang tidak sabar dalam mendidik anak. Padahal, dalam mendidik anak kesabaran sangatlah diperlukan. Seperti yang telah diutarakan oleh salah satu filsuf legendaris Yunani yaitu Plato, bahwa pendidikan merupakan proses yang panjang dan dijalani seumur hidup sejak manusia itu masih kecil hingga manusia beranjak dewasa.
Berdasarkan pada kutipan teks persuasi di atas, ajakan yang ingin disampaikan penulis pada pembaca adalah….
A. Penulis mengajak guru dan orang tua untuk berorientasi pada proses perkembangan Anak
B. Penulis mengajak  guru dan orang tua untuk sabar dalam mendidik anak
C. Penulis mengajak semua pihak untuk belajar mulai dari kecil hingga beranjak dewasa
D. Penulis mengajak pembaca untuk menauladani filsuf legendaris Plato

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 14, 15, dan 16!
(1) Sebagian orang tidak terbiasa makan di pagi hari dengan alasan belum lapar, buru buru berangkat kerja atau sekolah dan lain lain. (2) Padahal sarapan merupakan hal yang paling penting saat kita akan memulai kegiatan di pagi hari. (3) Tubuh yang kekurangan asupan makanan di pagi hari maka akan kekurangan tenaga di siang hari saat melakukan aktivitas. (4) Namun, kita juga harus memperhatikan porsi sarapan, usahakan porsi makanan tidak banyak agar tidak menimbulkan kantuk saat beraktivitas. (5) Jadi, sarapan pagi secukupnya saja yang penting perut tidak kosong sehingga memiliki tenaga yang cukup untuk beraktivitas.

14. Simpulan yang tepat berdasarkan  teks persuasi di atas adalah…
A. Sebagian orang menganggap sarapan pagi bukan hal yang penting dilakukan
B. Membiasakan sarapan pagi yang cukup akan membuat tubuh memiliki kecukupan energi untuk melakukan berbagai aktivitas. 
C. Tubuh yang kekurangan asupan makanan akan kekurangan tenaga di siang hari saat melakukan aktivitas. 
D. Sarapan adalah hal yang paling penting dilakukan sebelum berangkat kerja atau Sekolah.

15. Pernyataan penulis yang sesuai dengan kutipan teks persuasi di atas adalah…
A. Sarapan pagi akan membuat tubuh kita bugar, aktivitas lancar, dan mudah meraih prestasi
B. Jika kita tidak sarapan pagi tubuh pasti  menjadi lemas dan kita menjadi malas untuk melakukan aktivitas pada siang hari.
C. Buru buru berangkat kerja atau sekolah menjadi alasan seseorang tidak sempat sarapan pagi.
D. Masyarakat wajib sarapan pagi sebelum melakukan aktivitas apapun sehingga produktivitas kerja tidak terganggu.

16. Fakta yang mendukung argumen penulis dalam teks persuasi di atas ditandai dengan nomor….
A. (1) dan (3) B. (3) dan (5) C. (2) dan (4) D. (1) dan (4)

Cermati kalimat-kalimat di bawah ini untuk menjawab soal nomor 17 s.d. 20!
(1) Bahan-bahan alami yang menjadi bahan pembuatan Sear Soap ini meliputi minyak zaitun, tanah liat, air, minyak kelapa nonsawit, serta mentega. Bahan-bahan tersebut dipilih yang berkualitas baik.
(2) Jadi, mulai sekarang lebih baik anda beralih ke sabun konvensional ini yang tentunya ramah lingkungan dan mampu membunuh kuman-kuman atau bakteri yang menempel di tubuh anda sehingga anda bisa lebih sehat dan bersih.
(3) Bahan-bahan tersebut dipilih yang berkualitas baik dan tidak mengandung zat kimia apapun sehingga tidak memiliki faktor risiko terhadap tubuh anda maupun untuk lingkungan anda.
(4) Sear Soap ini  salah satu produk asli Indonesia yang memiliki harga cukup terjangkau.
(5) Sear Soap merupakan salah satu merk sabun terbaru yang terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak menggunakan zat kimia yang berbahaya,
17. Perbaikan urutan kalimat  yang tepat agar menjadi teks  persuasi yang padu adalah….
A. (2) , (1), (3), (5), (4) C. (2), (1), (5), (4), (3)
B. (5),  (1), (3), (2), (4) D. (1), (2), (5), (3), (4)

18. Kalimat nomor (2) pada kutipan teks persuasi di atas termasuk bagian…
A. Penegasan ulasan karena kalimat tersebut berisi ungkapan yang meyakinkan kembali pembaca untuk menggunakan Sear Soap.
B. Pengenalan isu karena kalimat tersebut berisi pengantar atau penyampaian masalah yang menjadi dasar tulisan atau pembicaraan.
C. Rangkaian argumen karena kalimat tersebut berisi sejumlah fakta yang mendukung pendapat tentang manfaat Sear Soap.
D. Rekomendasi karena kalimat tersebut berisi ajakan pada pembaca untuk menggunakan Sear Soap. 

19. Istilah kesehatan yang digunakan pada kutipan teks persuasi di atas adalah….
A. Sear Soap B. faktor risiko            C. lingkungan D. kuman

20. Kalimat yang menggunakan konjungsi kausalitas pada kutipan teks persuasi di atas adalah….
A. Bahan-bahan alami yang menjadi bahan pembuatan Sear Soap ini meliputi minyak zaitun, tanah liat, air, minyak kelapa nonsawit, serta mentega. 
B. Jadi, mulai sekarang lebih baik Anda beralih ke sabun konvensional ini yang tentunya ramah lingkungan dan mampu membunuh kuman-kuman atau bakteri yang menempel di tubuh.
C. Sear Soap merupakan salah satu merk sabun terbaru yang terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak menggunakan zat kimia yang berbahaya.
D. Bahan-bahan tersebut dipilih yang berkualitas baik dan tidak mengandung zat kimia apapun sehingga tidak memiliki faktor risiko terhadap tubuh Anda.

21. Bacalah teks berikut!
(1) Salah satu penyebab lingkungan tercemar adalah kurangnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. (2) Limbah rumah tangga yang jumlahnya selalu bertambah setiap hari juga merupakan masalah serius yang seharusnya dipecahkan bersama. (3) Tentunya hal ini membutuhkan kesadaran dari setiap individu mengenai kebersihan dan menjaga lingkungan.
Kalimat ajakan yang tepat berdasarkan kutipan teks persuasi di atas adalah…
A. Ayo, kita pecahkan masalah limbah rumah tangga dan kebersihan lingkungan.
B. Mari, kita kurangi pencemaran lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya.
C. Seharusnya kita menjaga lingkungan dengan cara membuang sampah pada  tempatnya.
D. Sebaiknya kita menumbuhkan kesadaran diri untuk menjaga lingkungan dari limbah rumah tangga.

Cermati teks drama berikut untuk menjawab soal nomor 22 s.d 24!
(1) Mayor : Berapa lama lagi aku harus menunggu? Lihat semburat matahari sudah terlihat (sambil menggebrak meja)
(2) Kopral : Sabarlah sedikit, Pak.  
(3) Mayor : Jangan ditawar lagi.
(4) Kopral : Apanya, Pak? 
(5) Mayor : Kesabarannya! Sejak kemarin kesabaran saya habis. Sabar itu prinsip. Tidak bisa  ditawar-tawar, ngerti?
(6) Kopral : Kalau begitu kuralat ucapanku tadi.
(7) Mayor : Ya, tapi pertanyaanku belum Bung jawab. Berapa lama lagi? Semburat matahari sudah terlihat tu!
22. Latar disertai bukti nomor pada kutipan drama tersebut adalah ....
A. siang hari bukti pada dialog nomor (7)
B. menjelang maghrib bukti pada dialog nomor  (5)
C. pagi hari bukti dialog pada nomor (7)
D. sore hari bukti pada dialog nomor (1)

23. Dialog pada kutipan teks drama di atas yang berisi kramagung ditandai dengan nomor…
A. (1) B. (4) C. (3) D. (5)

24. Amanat yang tepat sesuai dengan kutipan teks drama di atas adalah ….
A. Kemarahan bukanlah cara penyelesaian masalah yang bijak
B. Seorang bawahan tidak sepatutnya melawan atasan sekalipun untuk membela kebenaran
C. Kita harus lebih banyak bersabar menghadapi apapun
D. Kita harus mengikuti keinginan atasan kita walaupun kita tidak sejalan dengannya.

Perhatikan ilustrasi drama berikut!
(1) Jo Hey, jalan yang bener dong! (keluar dari mobil)
Yuda : (tampak terkejut dan menguasai diri) Maaf Pak.
(2) Jo : (melotot) maaf, maaf!
Bapak : Sudahlah Jo, dia sudah minta maaf kok, lagi pula ayah buru-buru nanti terlambat ke kantor (cepat menyusul keluar dari mobil).
(3) Jo : Tidak bisa, dia harus diberi pelajaran! (nyaris melayangkan tinju).
Bapak : Sabar Jo, (melihat kasihan pada Yuda) Kau pergilah Nak!
Yuda : Terima kasih Pak!
Bapak : Hey, apa yang kau Bawa, Nak? (heran) Kamu jual lukisan? 
Yuda : Iya Pak, ini lukisan kaca.
Bapak : Sungguh baru kali ini aku melihat lukisan kaca, biasanya saya di rumah memajang lukisan kanvas, lukisan kertas, lukisan bulu dan lain lain. Tapi, lukisan ini? Ah ya berapa kamu menjual ini?
Yuda : Yang mana Pak?
Bapak : Semuanya, Ah, sudah jangan bingung, gini aja gimana kalau lukisan itu saya beli lima juta rupiah.
Yuda : Apa? Lima juta!
Bapak : Apa kurang?
Yuda : Cu….kup Pak 

25. Watak Yuda disertai bukti yang tepat pada kutipan drama di atas adalah ….
A. Penakut, buktinya dia tidak berani membalas kekasaran Jo yang hampir memukulnya.
B. Bertanggung jawab, buktinya dia tidak malu untuk meminta maaf pada Jo atas kesalahannya.
C. Pencinta seni, buktinya ia rela menjual lukisan di pinggir jalan.
D. Rendah diri, buktinya ia gugup saat lukisannya ditawar lima juta oleh Bapak.

Bacalah kutipan teks drama berikut untuk menjawab soal nomor 26, 27, 28, 29, dan 30!
(1) Para pelaku:
Jidul : Anak laki laki berusia 15 tahun
Pak Pikun : Pembantu rumah tangga berumur 40 tahun
Ibu : Nyonya rumah berumur sekitar 40 tahun
Tritis : Gadis 18 tahun
(2) Kisah ini terjadi di sebuah ruang tamu keluarga yang cukup terpandang. Terdapat berbagai perlengkapan yang lazim di ruang tamu, tetapi yang terpenting ialah seperangkat meja dan kursi tamu. Dengan penuh keriangan, Si Jidul membersihkan meja dan kursi kursi.
(3) Pak Pikun : (muncul langsung menuju ke arah Jidul) Ayo! Mana! 
Berikan kembali padaku! Ayo! Mana!
Jidul : (ber -ah uh, sambil memberikan isyarat ketidakmengertiannya)
Pak Pikun : Jangan berlagak bodoh! Siapa lagi yang mengambilnya kalau bukan kamu! Ayo Jidul kamu sembunyikan di mana, heh?
Jidul : (ber-ah uh semakin bingung dan takut )
Ibu : (muncul tergesa-gesa) Eh, ada apa Pak Pikun? Ada apa dengan Jidul?
Pak Pikun : Anak ini tidak bisa dikasihani Bu! Dia mencuri lagi. Arlojiku hilang!
Ibu : Mencuri arloji? Kamu mencuri Jidul?
Jidul : (sambil ber-ah uh menggoyang goyangkan kepala dan tangannya)
Pak Pikun : Mungkir, ya! Padahal jelas Bu! Tadi saya mandi. Setelah itu, arloji saya tertinggal di kamar mandi, lalu dia masuk, entah mengapa. Lalu tiba tiba arloji saya hilang (tangannya menunjuk Jidul).
Ibu : (melihat tangan Pak Pikun) O, arloji Pak Pikun hilang begitu? Lalu arloji yang Pak 
  Pikun pakai di pergelangan tangan kanan itu punya siapa?  (tertawa)
Tritis : (Muncul dan langsung ikut tertawa) Lain waktu jangan main tuduh saja Pak! 

(4) Pak Pikun tertegun memandang pergelangan tangan kanannya. Dilepaskannya Si Jidul. Dengan sangat malu, ia berjalan tertegun tegun. Si Jidul pun tertawa dengan caranya sendiri.  

26. Bagian prolog pada kutipan drama di atas ditandai dengan nomor ….
A. (1) B. (2) C. (3) D. (4)

27. Dialog yang menunjukan bagian resolusi pada teks drama di atas adalah…
A. Jidul : (ber-ah uh semakin bingung dan takut)
B. Pak Pikun : Anak ini tidak bisa dikasihani Bu! Dia mencuri lagi. Arlojiku hilang.
C. Ibu : (melihat tangan Pak Pikun) O, arloji Pak Pikun hilang begitu? Lalu arloji yang Pak Pikun pakai di pergelangan tangan kanan itu punya siapa? (tertawa)
D. Tritis : (Muncul dan langsung ikut tertawa) lain waktu jangan main tuduh saja Pak!)   

28. Dialog yang menggunakan  kalimat perintah  pada kutipan drama di atas adalah ….
A. Pak Pikun  Jangan berlagak bodoh! Siapa lagi yang mengambilnya kalau  kamu! Ayo!
B. Pak Pikun  Anak ini tidak bisa dikasihani Bu ! Dia mencuri lagi. Arlojiku hilang!
C. Pak Pikun  (muncul langsung menuju ke arah Jidul) Ayo! Mana! Berikan kembali padaku! Ayo! Mana!
D. Trittis        (Muncul dan langsung ikut tertawa) lain waktu jangan main tuduh saja Pak!

29. Kata sifat yang digunakan  berdasarkan kutipan drama di atas adalah…
    A. bodoh B. hilang C. mungkir D. tertegun

30. Dialog pada kutipan teks drama di atas yang hanya berisi wawacang adalah….
A. Ibu : Mencuri arloji? Kamu mencuri Jidul?
B. Jidul : (sambil ber-ah uh menggoyang goyangkan kepala dan tangannya)
C. Ibu : (muncul tergesa-gesa) Eh, ada apa Pak Pikun? Ada apa dengan Jidul?
D. Tritis : (Muncul dan langsung ikut tertawa) lain waktu jangan main tuduh saja Pak!

31. Cermati kutipan cerita fiksi berikut!
“Mohammad-san inilah rumahku.” Toshihiko berkata ketika kami sampai di depan sebuah rumah kayu yang sederhana. Lalu berteriak, “Ibu! Ibu! Inilah  tamu yang kita tunggu. Lihatlah, seorang Indonesia yang tersesat di kebun anggur Katsunuma. Bukankah ini suatu kehormatan bagi kita?”
Paragraf di atas termasuk teks fiksi karena…
A. Ditinjau dari struktur teks, paragraf  tersebut dibangun berdasarkan unsur-unsur intrinsik.
B. Struktur teks bersifat sistematis berdasarkan fakta yang ada.
C. Narasi dan dialog menggunakan ragam bahasa baku.
D. Penggunaan peribahasa untuk memperjelas atau membandingkan suatu hal.

32. Paragraf yang merupakan teks nonfiksi adalah…
A. Nurhayati Sri Handini Siti Nukatin atau yang lebih akrab disapa N.H. Dini merupakan sastrawan dan novelis Indonesia. Pada usia itu ia telah menulis karangan yang berjudul "Merdeka dan Merah Putih''. Tulisan itu dianggap membahayakan Belanda sehingga ayahnya harus berurusan dengan Belanda. Namun, setelah mengetahui penulisnya anak-anak, Belanda mengalah.
B. Ku tak mungkin jatuh cinta kan? Tidak sekarang, tidak denganmu. Pesonamu menjeratku tapi aku tak kan membiarkan diriku jatuh cinta kepadamu. Tak kan pernah kupercaya segala tuturmu kepadaku, dan ku akan selalu menganggap bohong apa pun yang kau ucapkan kepadaku sejak itu, termasuk yang itu.
C. Fitri yakin, yang mengambil uangnya bukan Tineke walaupun uangnya ditemukan di tas Tineke. Tineke berusaha tidak terpancing dengan ejekan teman-temannya dan menenangkan hati dengan membaca buku. la ingin sekali masalah ini cepat selesai tetapi ia tidak ingin menyusul Fajar yang sedang bersarapan di kantin, ia tetap menunggu di kelas.
D. Kuingin kau berbohong padaku. Seperti yang kau utarakan kemarin, dan yang kemarin dulu itu. Ketika mentari meredup berpendar di pucuk daun sebelah barat rumah dan ketika kerumunan itu tak lagi bersamamu, kau mulai dengan kisah kebohonganmu yang pertama kepadaku.

Perhatikan daftar indeks buku berikut  untuk menjawab soal nomor 33 dan 34!
Tata Surya 29-56
Drama Modern,87
Catatan Harian Seorang Koruptor, 191, 192
Candi Mendut, 93
Keluarga Cemara, 43
Indramayu, 279
Hidup Kedua, 1970, 129, 277-78
Cisarua, 55-56
Costail Party, 280-1
33. Indeks buku di atas di tulis berdasarkan pada….
A. pengarang B. halaman pendek      C. judul D. topik

34. Berdasarkan kutipan indeks tersebut, dapat ditemukan kisah biografi yaitu ....
A. Candi Mendut C. Catatan Harian Seorang Koruptor
B. Hidup Kedua D. Keluarga Cemara

35. Perhatikan kutipan indeks buku berikut!
Agusta, Leon 307
Ayat, Rohaedi 52, 67
Aku 41, 59, 70, 212
Alegori 135, 144
Alisjahbana, Sutan Takdir 58, 212
Aliran 32, 47
ekspresionisme 40-43
imajis 46-47
impresionisme 42-47
naturalisme 32
realisme sosial 38, 40
romantik 32-35
Amuk 185, 186, 190, 194, 195
Pernyataan yang benar berdasarkan kutipan indeks di atas adalah . . . .
A. Indeks tersebut hanya memuat informasi tentang pengarang.
B. Informasi tentang puisi “Aku” karya Chairil Anwar ada pada halaman 41, 59, 71, 141
C. Informasi tentang Leon Agusta dapat ditemukan pada halaman 207
D. Informasi tentang aliran-aliran dalam penulisan puisi dapat ditemukan pada sejumlah halaman.

Cermati teks fiksi berikut!
(1) Andini ialah gadis yang baik, hatinya lembut serta senang membantu orang yang lain.
(2) Satu sore, Andini bersiap-siap pergi mengantar makanan untuk seorang nenek yang tengah sakit walau rumah nenek itu cukuplah jauh, Andini ikhlas menjenguknya.
(3) Sepulang dari rumah si nenek, Andini kemalaman dan tersesat dalam hutan. Pohon-pohon besar berdiri berjejer seakan ingin menelannya dalam kegelapan, ia pun merasa takut dan kebingungan.
(4) Saat tengah kebingungan, tak terduga tiba tiba muncul ratusan kunang-kunang yang langsung membuat hutan terang benderang oleh kilau cahaya yang keluar dari badan mereka.
(5) Seekor kunang-kunang memimpin di depan seperti mengomando teman-temannya untuk menunjukan jalan pulang pada Andini
(6) “Terima kasih kunang-kunang. Kalian sudah menerangi jalanku!“ kata Andini lega.

36. Kalimat yang menggunakan makna kias  pada teks fiksi tersebut  ditandai dengan nomor ....
A. 1 dan 3 B. 3 dan 5 C. 4 dan 6 D. 1 dan 6

37. Cermati kutipan teks non fiksi berikut!
Perempuan yang cerdas sesuai syariat adalah seseorang yang dengan kecerdasannya akan semakin menambah keimanannya. Perempuan cerdas itu tidak diukur dari seberapa tinggi IQ-nya. Tetapi bagaimana ia mampu menyelesaikan seluruh permasalahan dalam kehidupannya dengan satu tolak ukur tertentu yang bertanggung jawab.
Makna kata bercetak miring di atas adalah …
A. tajam pikiran B. pandai C. pintar D. panjang akal

38. Cermati teks cerita berikut!
Kenari merasa malu dan kurang percaya diri kalau berkumpul dengan teman-temannya. Tubuhnya kecil dan mengeluarkan bau tak sedap. Teman-temannya sering mengejek dan menggodanya. Kenari ingin penampilannya berubah. Dia ingin buktikan kepada teman-temannya bahwa ia bisa tampil bersih dan tidak kalah besar. Kenari pun bangun pagi dan rajin membersihkan diri. Ia tidak malas lagi mencari makan. Berkat ejekan teman-temannya, dirinya membuang jauh-jauh sifat malas.
Kemenarikan tokoh pada cerita di atas adalah….
A. seekor burung kenari yang pandai bicara
B. seekor burung kenari yang pemalu dan kurang percaya diri
C. keberanian kenari memperbaiki diri untuk tidak bersikap malas 
D. teman teman kenari suka menggoda dan mengejek
Cermati pernyataan berikut untuk menjawab soal nomor 39 dan 40!
(1) Menggapai Mimpi berisi tentang kiat meraih sukses dalam hidup. Selain itu, juga dilengkapi testimoni beberapa pesohor negeri yang  sukses membangun usaha di berbagai bidang. Berawal dari sebuah mimpi mereka kemudian berjuang mewujudkan mimpi itu menjadi sebuah realita. 
(2) Sang Pemimpi menceritakan tentang betapa susahnya hidup ditanah Belitung yang diperankan oleh anak-anak yang mempunyai sejuta impian. Mereka adalah seorang bocah yang berjuang untuk hidup dengan banyak tantangan.
(3) Laskar Pelangi  menceritakan tentang kehidupan di pedalaman daerah Belitung yang kontras dan kaya akan hasil timahnya. Akan tetapi masyarakatnya tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.
(4) Sang Pencerah ini menyajikan penggambaran realita kehidupan KH. Ahmad Dahlan dan disajikan secara lancar agak enak dibaca. Sisi kemanusiaan beliau yang  diungkap mulai dari hal-hal yang terbilang kecil hingga sederet dilema hidup yang menekan batinnya.
39. Berdasarkan sinopsis di atas, buku nonfiksi ditandai dengan nomor ….
A. (1) dan (3) B. (3)  dan (4) C.  (2)  dan  (4) D. (1) dan  (4)

40. Penggunaan diksi yang menarik dalam kutipan teks 1 di atas adalah..
A. sukses B. testimoni C. pesohor negeri D. mimpi

II. U R A I A N
Jawablah pertanyaan pertanyaan di bawah ini dengan tepat!

41. Suatu hari di perjalanan pulang dari sekolah, Ika memberhentikan sebuah bus untuk ditumpanginya sampai rumah. Saat di dalam bus, penanya terjatuh dari kursi yang didudukinya. Lalu terdengar suara deheman di sebelah kanan, segera dirapikan kembali duduknya tanpa memungut pena tersebut. “Hem!” getar suara itu lagi untuk kedua kalinya. Ika melirik pemilik suara. Hop! Dia lagi! Rasanya ingin kuterjang tubuh besarnya lalu lari melesat ke bangku lain atau malah melompat dari bus kalau saja tangannya yang kokoh itu tidak mencegah niatku. Kelancangannya, keisengannya, digombali dan dikejar-kejar yang membuatku menjadi kesal dan malah keki sendiri tiap kali bertemu ataupun melihatnya. Dia bilang kalau tindakkannya saat itu tidak disengaja. Teman-temannya yang mengajarinya, blaa…bla… aku tak menanggapi penjelasannya. Namun aku jadi tenggelam pada peristiwa yang diungkitnya itu. Yaaa.. cowok yang duduk di sampingku ini. Cowok yang memaksaku untuk berkenalan. Cowok yang tempo hari saat di kelas melemparkan secarik kertas kepadaku yang bertuliskan “Kamu manis, mau gak jadi cewekku?”. Aku melongok ke belakang, samping kiri dan kanan mencari si penulis kalimat itu. Segerombolan cowok yang duduk dipojokan tertawa riuh. Mereka seperti sengaja memancing kemarahanku.
Buatlah analisis kekurangan dan kelebihan dari kutipan cerpen di atas!

42. Cermati teks persuasi berikut!
Dewasa ini banyak sekali penyakit baru yang bermunculan. Hal ini dikarenakan berkurangnya sistem imun di dalam tubuh kita. Jika sistem imun di dalam tubuh melemah, maka tubuh gampang sekali terkena penyakit. Selain itu, makanan–makanan yang kita konsumsi tidak lagi mengandung vitamin dan mineral yang baik. Bahkan, saat ini telah banyak penjual makanan–makanan yang tidak sehat. Terlebih lagi dengan padatnya aktivitas membuat kita tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Padahal olahraga sangatlah baik untuk kesehatan kita. Akibatnya, tubuh menjadi lemah sehingga mudah terjangkit virus–virus yang ada di sekitar kita. Oleh karena itu, marilah kita menerapkan pola hidup sehat agar kita tidak mudah sakit dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga yang rutin.
Sebutkan bagian struktur dari teks persuasi di atas! Jelaskan alasan dari jawabanmu!

43.  (1)  Adi : Huss, jangan kencang-kencang nanti gurunya dengar.
(2) Sita kalau soal nomor 10, 11, dan 15 jawabannya apa Ban?
(3) Sita Soalnya sulit sekali, masih banyak yang belum aku kerjakan.
(4) Banu Din, aku minta jawaban soal nomor 5 dan 6!
(5) Banu 10 A, 11 D, nomor 15 aku belum.
(6) Dini :    A dan C.
(7) Budi Belum, tinggal 3 soal lagi.
(8) Banu Bud, kamu sudah selesai?
(9) Banu Kenapa? Kita sahabat Bud, kita harus kerja sama.
(10) Budi Tidak bisa Ban.
(11) Dini Iya Bud, kita harus kerja sama.
(12) Banu Aku minta jawaban nomor 15 sampai 20 Bud!
(13) Adi Iya, kamu kan yang paling pintar di sini Bud!
(14) Sita Kenapa memang Bud? Hanya 5 soal saja!
(15) Budi Tapi bukan kerja sama seperti ini teman-teman. Mencontek atau pun memberi contekan adalah hal buruk, yang dosa nya sama. Aku tidak mau mencotek karena dosa, begitu pula memberi contekkan ke kalian. Aku minta maaf.
Susunan  kembali dialog acak di atas agar menjadi teks drama yang baik! 

44. Bacalah teks berikut!
Untuk menopang uang sakunya yang jauh dari cukup, Chairul pun berkuliah sambil berbisnis. Awalnya ia berjualan buku kuliah stensilan, kemudian juga berjualan kaos. Ia bersama temannya kemudian juga membuka usaha foto copy di kampusnya. Ia juga membuka kios di daerah Senen Raya, Jakarta Pusat yang menyediakan aneka kebutuhan dan peralatan kedokteran dan laboratorium. Walau ia harus membagi waktu antara kuliah dan berbisnis, namun Chairul bisa menyelesaikan kuliahnya di kedokteran gigi dengan baik. Ia kemudian menyandang gelar sarjana kedokteran di belakang namanya. Namun karena darah bisnis rupanya lebih kental, ia kemudian memutuskan untuk menjemput rejeki dari bisnis bukan sebagai dokter gigi. Chairul kemudian lebih memantapkan bisnisnya dengan mendirikan PT. Pariarti Shindutama bersama tiga temannya pada tahun 1987. Bisnis ini bermodalkan hutangan dari Bank Exim sebesar 150 juta. 
Menurut pendapatmu kutipan teks di atas termasuk pada teks fiksi atau non fiksi? Sertakan alasan dari jawabanmu!

45. Cermati Kutipan Teks Fiksi berikut!
Alangkah pedih hati Salamah. Marni sebenarnya ingin meminta sesuatu kepadanya. Tapi takut. Takut mengundang amarahnya. Tapi tidak sayangku, bisik Salamah dalam hati. Kau terlalu baik anakku. Kau tidak melawan jika aku tidak memberimu uang. Kau tidak minta apa-apa karena kau tahu betul betapa ibumu ini melarat. Melarat sekali. Kau tidak pernah merengek minta dibelikan mainan. Anakku, ini yang membuat aku begitu terenyuh kepadamu. Kau begitu tabah menghadapi hidup kita yang sengsara ini, Marni. Salamah menatap anaknya yang berdiri di depan tukang loak. Dengan keberanian yang luar biasa, Salamah menanyakan berapa harga sandal jepit bekas itu. “Dua ratus rupiah,” jawab tukang loak dengan acuh tak acuh.
Hatinya semakin teriris. Sedangkan Marni memandang sandal itu dengan mata berkilat-kilat. Alangkah sedihnya hati Salamah. “Seratus rupiah, Bang,” tawarnya. Tukang loak itu tak menjawab, cuma menggelengkan kepalanya. Congkaknya orang itu. Salamah tak segera beranjak dari tempatnya.

Jelaskan kemenarikan tokoh dalam teks fiksi di atas!

Silakan download Soal PAT Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019 di sini 

Silakan download Kunci Jawaban PAT Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019 di sini 

Courtesy : 
Guru-guru MGMP Kabupaten Indramayu Pembuat Soal seluruh mata pelajaran 

13 comments for Soal dan Kunci Jawaban PAT Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019 :

  1. Ini bener tahun pelajaran 2018/2019 kan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tapi tiap daerah atau sekolah biasanya berbeda-beda..

      Delete
    2. Benerkan in tahun sekarang pls lah butuh respon nih agar penerus bangsa naik kls semua.amin....

      Delete
    3. pengen naik kelas kok minta kunci jawaban hadehh

      Delete
  2. Itu tahun kemarin apah sekarang

    ReplyDelete
  3. Hmmmmmm baby i don't understand this :v

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam