ads

Cara Menyusun Kata Acak Menjadi Kalimat Yang Benar

Minggu, 30 Maret 2014
(menyusun kata acak menjadi kalimat yang benar)

Sebentar lagi siswa dan siswi SMP/MTs, SMA/MA atau SMK akan mengadakan US (Ujian Sekolah) dan UN (Ujian Nasional). Banyak pelajar yang mengganggap pelajaran-pelajaran tertentu sebagai pelajaran yang sulit. Selain Matematika, pelajaran Bahasa Inggris juga dianggap sebagai pelajaran yang susah. Apalagi kalau kata-kata yang digunakan dalam soal tersebut adalah kata yang baru pertama kali dibaca. Pasti soal tersebut membuat kepala pelajar jadi semakin tambah pusing. 


Salah satu soal yang sering muncul di Ujian Nasional tingkat SMP/MTs, SMA/MA atau SMK adalah menyusun kata acak menjadi kalimat yang benar. Sebenarnya jawaban dari soal tersebut sangat sederhana dan mudah tapi kalau Anda mengetahui triknya. 


Berikut cara menyusun kata acak menjadi kalimat yang benar

  1. Perhatikan kata demi kata, apakah susunan kata tersebut termasuk kalimat positif, negatif, atau tanya. Cirinya mudah jika ada kata not maka termasuk kalimat negatif, jika ada tanda tanya maka kalimat tersebut adalah kalimat tanya, sedangkan kalimat positif tentu tidak memiliki kata not dan tanda tanya. 
  2. Carilah subyeknya. Subyek disini bisa berisi nama orang, nama binatang, atau menggunakan kata-kata seperti They, We, I, You, He, She atau It. 
  3. Setelah itu carilah to be pada kalimat acak tersebut jika ada dan ditempatkan setelah subyek, jika tidak ada carilah verb (kata kerja). 
  4. Kemudian carilah obyeknya. Obyek disini bisa menggunakan kata-kata seperti them, our, me, your, his, her, it atau menggunakan pengganti lainnya. 
  5. Cari adverb atau kata keterangan, di dalamnya bisa keterangan tempat atau adverb of place atau keterangan waktu (adverb of time). 
  6. Setelah disusun kalimat tersebut harus bermakna dan logis. Tinggal cocokan dengan jawaban yang tersedia dalam soal tersebut, jika soalnya dalam bentuk pilihan ganda. 
Bagaimana mudah bukan?. Mudah-mudahan tips ini bermanfaat.

2 komentar for Cara Menyusun Kata Acak Menjadi Kalimat Yang Benar:

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam