ads

Untung Rugi Rooting Pada Perangkat Android

Kamis, 29 November 2012

Bagi pemilik perangkat Android, anda pasti mengetahui yang namanya “Rooting”. Pengertian Rooting adalah memberikan hak secara penuh kepada pengguna Android untuk masuk ke dalam sistem Android. Namun root pada Android memiliki keuntungan dan kerugian bagi pengguna Android. 


Berikut ini keuntungan root pada Android
  1. Kustomisasi Aplikasi lebih fleksibel. Dengan melakukan rooting anda bisa memilih aplikasi-aplikasi apa saja yang terinstal termasuk aplikasi bawaan yang tidak perlu. Tapi jika anda berniat melakukan ini sebaiknya berhati-hari karena jika salah uninstall dapat menyebabkan kinerja perangkat menjadi tidak sempurna. Jadi jangan dilakukan bila tidak benar-benar perlu. 
  2. Modifikasi Performa Hardware. Rooting memungkinkan anda untuk dapat memaksimalkan kinerja perangkat Android. Salah satunya adalah melalui overlocking processor. Overlocking processor dapat meningkatkan kinerja prosessor secara paksa. Sehingga ia dapat bekerja lebih cepat dari kecepatan bawaan. 
  3. Instalasi Aplikasi-aplikasi tertentu. Rooting juga memungkinkan anda untuk dapat menginstal aplikasi yang membutuhkan akses root alias masuk lebih dalam ke sistem yang diijinkan oleh vendor. 
  4. Instalasi Custom ROM. Sistem operasi Android dapat di kustom alternatif atau bukan bawaan vendor. Custom ROM dikembangkan oleh komunitas penggemar sistem operasi Android agar bisa tampil lebih unik atau sesuai dengan kehendak para developernya. 
Berikut Kerugian Rooting pada Android
  1. Garansi tidak berlaku lagi. Kerugian pertama yang akan dialami oleh pengguna yang melakukan rooting adalah kehilangan garansi. Pabrikan tidak bertanggung jawab bila ada kerusakan pada perangkat dikarenakan pengguna mengubah default sistem pada perangkat. 
  2. Rentan akan virus dan Malware. Ada yang beranggapan bahwa dengan melakukan “rooting” maka aplikasi merusak seperti malware, virus atau Trojan dapat dengan mudahnya masuk ke file sistem untuk tujuan merusak atau melakukan pencurian data pengguna. 
  3. Memperpendek Usia Prosessor. Dengan mempercepat kinerja prosessor maka prosessor diajak kerja lebih cepat sehingga membuat prosessor lebih cepat panas, boros baterai dan juga sistem tidak stabil.
Semoga bermanfaat.

8 komentar for Untung Rugi Rooting Pada Perangkat Android:

  1. Mending kalau mau rooting setelah masa garansi nya abis aja sob, hehehe

    BalasHapus
  2. Kekurangan yang pertama benar, garansi tidak berlaku. :)
    Yang kedua masih bisa diakali, caranya adalah dengan temporary unroot. :)
    Yang ketiga ini bias, karena ada penjelasan yang hilang, yakni overclock. Rooting tidak serta merta membuat prosesor jadi overclock lho.

    BalasHapus
  3. ada yang tau cara rooting g gan

    BalasHapus
  4. menyesal beli android, kagak bisa simpan instal aplikasi di memory card, so ujungnya wajib rooting, for samsung android melakukan pembatasan pengguna

    BalasHapus
  5. apakah rooting menyalahi hak cipta? karna telah mengotak atik sistemnya? katanya kalo android rooting dan injek an kalo di bandara kena tangkap?

    BalasHapus
  6. setau saya sih ga masalah kalo di root

    BalasHapus
  7. simpan aplikasi di sdcard gk perlu root, cukup paai clean master

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam