ads

Robot Pakaian Khusus untuk Lansia & Penyandang Cacat

Jumat, 01 Maret 2013
Robot Pakaian Khusus untuk Lansia & Penyandang Cacat - Jepang memang dikenal sebagai negara pencipta robot berteknologi tinggi. Kali ini, Jepang menunjukkan inovasi terbarunya dengan menciptakan robot pakaian secara bertahap yang berfungsi untuk membantu orang yang sudah tua ataupun cacat. Inovasi setelan robot ini telah mendapat sertifikat di Jepang dan menjadi pintu untuk peluncuran ke seluruh dunia.

The Hybrid Assistive Limb (HAL) merupakan sepasang tenaga pembantu kaki robot yang dikembangkan oleh Cyberdyne, Jepang. Sebelumnya, Cyberdyne juga telah mengembangkan lengan robot serupa. HAL menggunakan baterai bertenaga yang dapat mendeteksi impuls otot untuk mengantisipasi dan mendukung gerakan dari tubuh pengguna. HAL dirancang untuk membantu orang yang sudah tua dengan mobilitas cukup tinggi. Selain itu juga dapat membantu penjaga rumah sakit atau perawat untuk mengangkat pasien. Sejak 2010 HAL sudah disewakan sebanyak 330 unit di 150 rumah sakit dan panti jompo di Jepang seharga 178 ribu yen (USD1.950) per baju setiap tahunnya.

Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) Jepang, Toshimitsu Motegi, mengharapkan dengan dikeluarkannya sertifikat keselamatan robot pribadi yang telah berstandar Internasional  di Tokyo ini, maka dapat disetujui secara global akhir tahun ini.

Sebab HAL yang terbuat dari logam dan plastik berbentuk seperti tulang kaki ini merupakan  robot keperawatan pertama yang memenuhi standar sertifikasi rancangan, lanjutnya. "Hal ini sangat penting bagi Jepang karena mampu memperoleh sertifikasi ini sebelum orang lain di dunia ini dapat menciptakannya," ungkap Yoshiyuki Sankai, kepala Cyberdyne.

Sumber

1 komentar on Robot Pakaian Khusus untuk Lansia & Penyandang Cacat

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam