ads

Tokoh-tokoh Penting Dibalik Munculnya Internet

Minggu, 31 Maret 2013

Internet telah mengubah dunia secara drastis dan Anda bisa membayangkan jika dunia tanpa internet. Sehari saja kita tidak membuka facebook, twitter, browsing atau membuka berita melalui internet, sepertinya membuat kita mati gaya. Kini bagi sebagian orang internet sudah menjadi kebutuhan dasar sperti makan, minum dan bernafas. 

Internet menawarkan informasi, koneksi, komunikasi sosial, bisnis dan pekerjaan, hiburan yang pernah berakhir. Tapi pernahkah anda berpikir siapa saja orang-orang dibalik munculnya intenet dan dan punya ide paling gila untuk meningkatkan potensi dari internet. 

Berikut Tokoh-tokoh penting dibalik munculnya Internet
  1. Vint Cerf dan Bob Kahn. Kedua orang ini layak disebut Bapak Internet, dia yang menciptakan internet. Robert Elliot "Bob" Kahn dan Vinton G. Cerf adalah pelopor internet Amerika, insinyur dan ilmuwan komputer, yang menemukan Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP), yang merupakan jantungnya Internet. 
  2. Tim Berners-Lee adalah Penemu World Wide Web (WWW). Sir Timothy John adalah seorang ilmuwan komputer Inggris yang menemukan World Wide Web. Dia membuat proposal untuk sistem manajemen informasi di Maret 1989, dan ia menerapkan komunikasi yang sukses pertama antara klien Hypertext Transfer Protocol (HTTP) dan server melalui internet pertengahan November 1989. Berners-Lee adalah direktur World Wide Web Consortium (W3C), yang mengawasi perkembangan lebih lanjut tentang Web. Ia juga merupakan pendiri dari Yayasan World Wide Web, dan merupakan peneliti senior dan pemegang Ketua Pendiri di MIT Computer Science dan Artificial Intelligence Laboratorium (CSAIL). Dia adalah direktur Web Science Research Initiative (WSRI), dan anggota dewan penasehat dari Pusat MIT untuk Kecerdasan Kolektif. 

  3. Linus Torvalds adalah seorang insinyur perangkat lunak keturunan Finlandia Amerika dan hacker, yang merupakan kekuatan utama di balik pengembangan sistem operasi Linux kernel. Setelah belajar UNIX di universitas, ia mulai mengembangkan apa yang akan menjadi tesisnya Linux. Sejak publikasi kode Linux pada tahun 1991, saat ini jutaan orang menggunakan pada komputer pribadi mereka. Ini adalah sistem operasi terkemuka pada server dan sistem besi besar lainnya seperti komputer mainframe dan superkomputer. 
  4. Rasmus Lerdorf. Dia adalah seorang programmer dari Denmark dengan kewarganegaraan Kanada. Ia terkenal untuk menciptakan bahasa pemograman PHP, pemilik dari dua versi bahasa pemograman dan berpartisipasi dalam pengembangan versi yang lebih baru. PHP adalah bahasa pemrograman yang dirancang untuk pengembangan web, tetapi juga digunakan sebagai bahasa pemrograman untuk tujuan umum. PHP sekarang terinstal pada lebih dari 20 juta situs web dan 1 juta web server. Sementara PHP awalnya berdiri untuk Personal Home Page, sekarang berdiri sendiri untuk PHP: Hypertext Preprocessor. 
  5. Roy Thomas Fielding. Dia adalah seorang ilmuwan komputer Amerika, salah satu penulis utama spesifikasi HTTP, otoritas pada arsitektur komputer jaringan dan co-founder Apache HTTP Server Project. 
  6. Hakon Wium Lie. Dia adalah pelopor web, seorang aktivis standar, dan pada tahun 2013, dia menjadi Chief Technology Officer dari Opera Software. Ia terkenal karena mengusulkan konsep Cascading Style Sheets (CSS) saat bekerja dengan Tim Berners-Lee dan Robert Cailliau di CERN pada tahun 1994. Sebagai seorang karyawan di W3C, ia mengembangkan CSS menjadi Rekomendasi W3C dengan Bert Bos. CSS adalah salah satu standar web paling dasar, dengan dampak yang mendalam pada tipografi, estetika, dan aksesibilitas di web. Cascading Style Sheets adalah lembar gaya bahasa yang digunakan untuk menggambarkan semantik presentasi (tampilan dan format) dari dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Aplikasi yang paling umum adalah untuk halaman web yang ditulis dalam kode HTML dan XHTML, tetapi bahasa juga dapat diterapkan untuk setiap jenis dokumen XML, termasuk XML, SVG dan XUL. 
  7. Ray Tomlinson. Dikenal sebagai Bapak Email. Raymond Samuel Tomlinson adalah seorang programmer AS yang menerapkan sistem email pada tahun 1971 pada ARPANET. Ini merupakan sistem pertama yang mampu mengirim email antara pengguna pada host yang berbeda terhubung ke ARPAnet. Untuk mencapai hal ini, ia menggunakan tanda @ untuk memisahkan pengguna dari mesin mereka, yang telah digunakan dalam alamat email sejak saat itu. Email pertama Ray Tomlinson dikirim adalah tes e-mail. Email pertama bertuliskan “QWERTYUIOP". Pada awalnya, sistem pesan email-nya tidak dianggap sebagai masalah besar. Ketika Tomlinson menunjukkan kepada rekannya Jerry Burchfiel, katanya "Jangan bilang siapa-siapa! Ini bukan yang seharusnya kita kerjakan. 
  8. Robert Tappan Morris. Dia adalah pembuat Virus Worm Pertama. Robert Tappan Morris adalah seorang ilmuwan komputer Amerika, paling dikenal untuk menciptakan Worm Morris pada tahun 1988, dianggap sebagai worm komputer pertama di Internet-dan kemudian menjadi orang pertama yang dihukum undang-undang penyalahgunaan dan penipuan komputer. Morris menciptakan worm atau cacing sementara ia adalah seorang mahasiswa pascasarjana di Cornell University. Maksud dia adalah untuk mengukur ukuran Internet. Dia merilis cacing dari MIT untuk menyembunyikan fakta bahwa sebenarnya berasal dari Cornell. Worm ini mengeksploitasi beberapa kerentanan untuk bisa masuk ke sistem target. 
  9. Tom Anderson. Pembuat situs jejaring sosial online pertama "Myspace”. Thomas "Tom" Anderson adalah pengusaha internet AS. Dia salah satu pendiri situs jejaring sosial Myspace tahun 2003 dengan Chris DeWolfe, dan kemudian menjadi presiden Myspace dan penasihat strategis bagi perusahaan sampai ia meninggalkannya pada tahun 2009. Karena akun Myspace yang baru dibuat awalnya termasuk Tom sebagai "teman" defaultnya, wajahnya menjadi terkenal sebagai gambar default di Myspace, dan ia sering disebut sebagai "Tom dari Myspace" atau "Myspace Tom". 
  10. Jimmy Wales Pembuat Wikipedia. Jimmy Donal "Jimbo" Wales adalah seorang pengusaha internet Amerika terbaik dikenal sebagai co-founder dan promotor non-profit ensiklopedia online Wikipedia dan mencari keuntungan melalui perusahaan web-hosting. Pada tanggal 15 Januari 2001, dengan Larry Sanger dan lain-lain, Wales meluncurkan Wikipedia, sebuah ensiklopedia bebas dengan konten terbuka dengan popularitas dan pertumbuhan yang cepat, dan sebagai profil publik untuk pertumbuhan Wikipedia, ia menjadi promotor proyek dan juru bicara. Dia secara historis disebut sebagai co-founder Wikipedia, meskipun ia telah membantah penunjukan “co-“ dan dia merupakan pendiri satu-satunya. 
  11. Fanning Shawn Pembuat Napster. Shawn Fanning adalah seorang programmer komputer Amerika, pengusaha serial, dan investor. Dia mengembangkan Napster, salah satu platform berbagi dengan rekan yang pertama peer-to-peer ("P2P") pada tahun 1998. Popularitas Napster tersebar luas dan Fanning hadir di sampul majalah Time. Situs dalam inkarnasi awal P2P gratis ditutup pada tahun 2001 setelah perusahaan gagal banding dari perintah pengadilan yang timbul karena dianggap mendorong materi hak cipta secara ilegal. Napster kemudia dibeli oleh Rhapsody pada 1 Desember 2011. Setelah keterlibatannya dengan Napster, ia bergabung, dan berinvestasi dengan startup perusahaan teknologi. 
  12. Bram Cohen adalah seorang programmer komputer asal Amerika, paling dikenal sebagai penulis peer-to-peer (P2P) protokol BitTorrent, serta program berbagi file pertama yang menggunakan protokol, juga dikenal sebagai BitTorrent. Dia juga co-founder CodeCon, penyelenggara pertemuan hacker San Francisco Bay Area P2P, dan co-founder Codeville. 
  13. Jeff Bezos Pembuat situs Amazon.com. Jeffrey Preston "Jeff" Bezos adalah seorang pengusaha Amerika yang memainkan peran kunci dalam pertumbuhan e-commerce sebagai pendiri dan CEO Amazon.com, Inc, seorang pedagang online dari buku dan kemudian berbagai macam produk. Di bawah bimbingannya, Amazon.com menjadi pengecer terbesar di World Wide Web dan model untuk penjualan di internet. 
  14. Mark Zuckerberg. Dengan nama lengkap Mark Elliot Zuckerberg adalah seorang programmer komputer Amerika dan pengusaha internet. Ia terkenal sebagai salah satu dari lima co-founder situs jejaring sosial Facebook. Zuckerberg adalah ketua dan kepala eksekutif Facebook, Inc. Facebook.com adalah jaringan sosial terbesar di dunia dengan lebih dari satu miliar pengguna.


  15. Larry Page & Sergey Brin Pembuat situs mesin pencari raksasa Google. Mereka bersama-sama mendirikan Google.com, mesin pencari terbesar di dunia. Perusahaan ini kemudian melakukan diversifikasi ke banyak daerah dari jaringan sosial online seperti Google+ untuk ponsel Android OS untuk cloud computing, dan tidak diragukan lagi itu adalah perusahaan internet terbesar di dunia. Mereka adalah pengusaha internet terkaya dan paling sukses dalam sejarah, dan sepertinya tidak akan tergantikan dalam waktu dekat. 

3 komentar for Tokoh-tokoh Penting Dibalik Munculnya Internet:

  1. Sangat bermanfaat sob. terimakasih...

    BalasHapus
  2. artikel dan info yang sangat bermampaat, terima kasi dan salam kenal

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam