ads

10 Hal Prediksi Industri Smartphone Tahun 2016

Minggu, 29 November 2015
Sony Xperia Z5 Premium

Bulan Nopember akan segera berakhir dan berganti bulan Desember, artinya tahun 2015 akan segera berakhir dan berganti tahun yang baru yakni tahun 2016. Beragam hal tentang smartphone yang menarik selama 2015 mulai dari bentuk, fitur hingga teknologi yang dibenamkan pada smartphone-smartphone tahun 2015. 


Produsen smartphone di tahun 2016 kembali berkompetisi untuk membuat smartphone yang bisa mendongkrak penjualannya sehingga tetap eksis di ranah smartphone dunia. Kini para produsen sedang menyusun rencana, menguji coba produk-produk terbarunya yang akan di pasarkan pada tahun 2016 mendatang. 


Berikut 10 Hal Prediksi Industri Smartphone Tahun 2016

  1. Pengguna Smartphone akan Melampaui 2 Miliar di Seluruh Dunia. Menurut penelitian oleh eMarketer, jumlah pengguna smartphone di seluruh dunia akan melampaui 2 miliar tahun depan. Dengan lebih dari 1,9 miliar orang yang menggunakan smartphone pada akhir tahun 2015, jumlah ini diperkirakan akan naik menjadi sekitar 2,2 miliar tahun depan. Smartphone Android atau mungkin Windows murah diprediksi akan meramaikan pasar smartphone dunia. 
  2. Smartphone lipat akan semakin marak. Desain smartphone yang bisa dilipat buatan Korea Selatan seperti Samsung dan LG akan semakin ramai dijual dipasaran dunia. Kemungkinan produsen lain pun akan mengekor Samsung dan LG untuk membuat smartphone yang bisa dilipat. 
  3. Persaingan yang ketat antar vendor smartphone. Tahun 2016 hampir sepertiga dari vendor dunia berjuang untuk sepotong kue pasar smartphone dunia, sisanya akan berasimilasi dalam merger. Beberapa pemain dunia seperti Apple dan Samsung masih bertahan ditambah dengan vendor-vendor asal China. Perusahaan seperti LG, Sony, HTC, dan BlackBerry berada pada posisi yang sulit, kecuali ada kebijakan dan inovasi yang spektakuler. 
  4. Penetrasi Layar dengan resolusi 4K resolusi Semakin Bertambah. Beberapa vendor dunia sudah menggunakan layar dengan resolusi 4K seperti yang pada smartphone Sony Xperia Z5 Premium. Tahun 2016 diprediksi produsen smartphone seperti Samsung, Xiaomi, LG dan vendor lain akan berlomba membuat smartphone dengan resolusi layar 4K. 
  5. Pemindaian keamanan dengan iris mata. Tingkat keamanan smartphone akan semakin ditingkatkan. Kalau selama ini menggunakan finger print atau sidik jari, tahun 2016 diprediksi banyak smartphone yang menggunakan keamanan dengan scan iris mata. Microsoft sudah memberikan pola pengenalan dorongan iris yang baik dengan fitur Windows Hello yang ada perangkat Lumia terbarunya. 
  6. Pengisian supercepat akan semakin marak. Beberapa handset di luar sana sudah menggunakan pengisian baterai sangat cepat, tapi pembuat perangkat tampaknya tidak akan berhenti untuk meningkatkan teknologi baterai super cepat. Kabarnya produsen top asal China telah mengembangkan baterai yang dapat diisi sepuluh kali lebih cepat daripada baterai biasa. Baterai dengan kapasitas 600 mAh unit akan bisa diisi hingga 68% hanya dalam waktu dua menit. Sementara itu, rata-rata baterai dengan kapasitas 3000 mAh dengan menggunakan flagships Android akan memakan waktu sekitar lima menit untuk pengisian sampai 48%. 
  7. Asisten ponsel proaktif dan kontekstual akan semakin lebih pintar. Teknologi asisten smartphone yang digunakan untuk menjawab sekelompok perintah suara langsung dan membuat ponsel Anda melaksanakan sederhana, kini akan semakin pintar. Teknologi seperti Google Now, Apple Siri, dan Microsoft Cortana telah menjadi bagian penting dalam industri smartphone saat ini. Berdasarkan data dan pola penggunaan perangkat, asisten ponsel mengumpulkan dan menghasilkan informasi yang bermakna, seperti rute komuter harian, meminta untuk menambahkan peristiwa yang disebutkan dalam percakapan di dalam scheduler, atau mengundang semua teman Anda untuk reunian dan lain-lain. 
  8. Sistem pembayaran mobile akan menjadi tren. Sejak Apple mulai debutnya menggunakan sistem transaksi mobile Apple Pay, pesaing dari tanah Android pun telah bergegas untuk mengejar dan menyajikan alternatif. Samsung mengeluarkan Samsung Pay yang sudah tersedia di Korea Selatan dan Amerika Serikat. Kemudian, Google melanjutkan untuk mengimplementasikan keamanan sidik jari dan mobile pembayaran interface ke Android Marshmallow, yang telah membuka gerbang untuk mereka yang ingin menggelar sistem membayar mereka sendiri. LG salah satunya yang memutuskan untuk terjun ke usaha keuangan mobile, dengan meluncurkan LG Pay dan menjalin kemitraan dengan perusahaan kartu kredit Korea. 
  9. USB Type C Menjadi Standar. Port USB tipe C akan menjadi standar perangkat mobile, selain untuk mengisi ulang baterai juga untuk transfer data yang lebih cepat dan menggantikan kabel USB OTG, micro dan mini-USB. USB tipe C adalah USB yang paling canggih yang akan banyak digunakan pada smartphone tahun depan. 
  10. Android Tetap menjadi platform paling banyak digunakan. Menurut perusahaan riset IDC, Android akan memegang posisi pertama selama lima tahun ke depan, terutama didorong oleh penjualan produk Samsung. Sistem operasi Google siap untuk mempertahankan kepemimpinannya, iOS masih mengekor dibelakangnya disusul oleh Windows & BlackBerry. 

0 komentar:

Poskan Komentar test