10 Aplikasi Edit Foto Sebelum Diposting Ke Instagram Biar Foto Lebih Keren

Minggu, 24 September 2017
Aplikasi Pixlr (Gambar Cnet.com)

Instagram merupakan salah satu aplikasi jejaring sosial berbasis foto yang paling populer saat ini. Banyak anak muda dan orang dewasa yang menggunakan aplikasi ini untuk eksistensi diri di dunia maya. Bahkan saat ini banyak orang menggunakan Instagram untuk meraup keuntungan dengan promosi produk dan jasanya di jejaring sosial ini. 

Untuk menghasilkan foto yang keren dan menarik tentu tidak asal jepret, lalu upload di Instagram tetapi sudut pandang dalam pengambilan gambar dan dibantu dengan menggunakan berbagai aplikasi pengeditan foto yang dihasilkan lebih baik dan terlihat seperti fotografer profesional.

Berikut ini 10 Aplikasi editan foto gratis sebelum diposting ke Instagram biar gambar terlihat lebih profesional : 

  1. VSCO Cam (Android, iOS). Aplikasi ini bukan hanya aplikasi pengedit foto tetapi juga semacam jaringan sosial. VSCO Cam memiliki lebih banyak fitur minimalis yang bermanfaat seperti Instagram, kemampuan pengeditan sebenarnya terbatas. Aplikasi ini menawarkan penyesuaian geser untuk kecerahan, kontras, kejelasan, ketajaman, saturasi, sorotan, bayangan, suhu dan warna kulit, serta pilihan untuk memberi warna yang berbeda foto Anda atau menambahkan efek butir atau vinyet. VSCO Cam hadir dengan beberapa filter gratis dan juga menawarkan paket filter khusus untuk pembelian di tokonya. 
  2. Priime (iOS). Aplikasi edit foto ini sebenarnya gratis namun jika ingin dilengkapi dengan berbagai fitur maka aplikasi ini berbayar. Priime sangat mirip VSCO tanpa aspek sosial. Semua gaya yang akan Anda temukan di Priime dikembangkan bekerja sama dengan fotografer papan atas, dan masing-masing dilengkapi dengan backstory dan info tentang fotografer yang mengembangkan gayanya. 
  3. Snapseed. Aplikasi edit foto dari Google Snapseed (Android, iOS) adalah salah satu aplikasi pengeditan foto terbaik dan digunakan oleh penulis, berkat kontrol yang luar biasa yang diberikan atas gambar yang Anda miliki. Aplikasi ini memiliki sembilan alat pengeditan untuk mengutak-atik foto Anda, termasuk alat sikat yang memungkinkan Anda menyesuaikan pencahayaan, saturasi, dan suhu warna secara selektif, dan tools atau alat yang memungkinkan Anda menghapus noda atau menghapus objek dari foto sepenuhnya. Snapseed juga memiliki seperangkat filter tersendiri (diurutkan ke dalam 11 kategori berbeda, termasuk Retrolux, Noir dan Glamour Glow). Tidak seperti Instagram, Snapseed memungkinkan Anda menyempurnakan efek filter dengan memodifikasi atribut seperti kecerahan, saturasi dan kekuatan tekstur. 
  4. Pixlr (Android, iOS). Aplikasi pengeditan foto dan filter yang memungkinkan Anda membuat filter Instagram-like Anda sendiri dengan efek, hamparan dan tekstur. Pixlr memiliki berbagai alat pengedit foto, termasuk fixer mata merah dan pencahayaan, suhu, kontras, kecerahan dan penyesuaian kejenuhan, serta alat sikat untuk komponen yang lebih cerah, gelap dan pixelating dari foto Anda. 
  5. Darkroom (iOS). Adalah editor foto berbasis filter yang relatif sederhana yang memungkinkan Anda membuat filter sendiri dari preset yang disertakan dengan aplikasi. Tidak seperti beberapa aplikasi yang lain yang telah saya sebutkan, Darkroom bukan aplikasi edit foto lengkap. Alat editing Anda terbatas pada cropping dan menyesuaikan beberapa aspek yang berbeda seperti brightness, contrast dan sharpness. 
  6. Litely (iOS). Adalah salah satu dari beberapa aplikasi pengeditan foto (Pixlr yang lain) yang mendukung ekstensi pengeditan foto IOS, yang berarti Anda dapat menggunakannya langsung dari aplikasi Foto Anda. Litely adalah editor foto berbasis filter yang sangat sederhana seperti aplikasi berbasis filter lainnya, alat pengeditannya terbatas. Aplikasi ini memiliki slider untuk pemaparan, kontras, getaran, suhu, vinyet, sorotan, bayangan dan ketajaman, serta alat pemotong. Aplikasi ini dilengkapi dengan sembilan filter, yang sebenarnya hanya tiga filter dengan tiga variasi, namun Anda dapat membeli filter tambahan di toko Litely. 
  7. Over (Android, iOS). Aplikasi edit foto ini merupakan aplikasi berbayar untuk mendapatkan versi lengkapnya. Aplikasi ini lebih dari sekedar mendandani foto Anda daripada mengeditnya. Fitur utama Over adalah kemampuan untuk menambahkan teks artistik dan lapisan ke gambar Anda. Jika Anda pernah melihat foto-foto Instagram inspirasional yang dilapisi dengan kata-kata atau ungkapan yang mengilhami mereka kemungkinan menggunakan Over. 
  8. Word Swag (Android, iOS). Aplikasi ini merupakan aplikasi edit foto berbayar pengguna Android dan iOS. Seperti Over, aplikasi ini menambahkan teks bergaya ke gambar Anda. Perbedaan utama antara keduanya adalah kemudahan penggunaan Word Swag dan Anda bisa membuat teks sendiri. Ini juga memungkinkan Anda memilih pengaturan tertentu untuk berbagai kegunaan sosial, seperti posting atau sampul Facebook, Pinterest dan Twitter. 
  9. Photo Editor by Aviary (Android, iOS). Aplikasi edit foto ini praktis menjadi one-stop shop. Editor foto ini memiliki segalanya, mulai dari kemampuan pengeditan lanjutan (termasuk kemampuan untuk menyempurnakan kecerahan, pemaparan, bayangan, sorotan, kehangatan, kejenuhan dan getaran) terhadap filter, efek dan lapisan. Anda juga dapat memotong dan memutar foto, menambahkan teks ke gambar dan doodle langsung pada foto Anda dengan alat pena kustom. Untuk pengeditan cepat, Photo Editor by Aviary dilengkapi dengan Enhance section dengan perangkat tambahan preset untuk pengaturan yang berbeda, seperti pemandangan, makanan dan foto malam hari. Aviary Supply Shop memiliki ribuan filter, bingkai, stiker dan lapisan artistik semuanya gratis untuk waktu yang terbatas. 
  10. Adobe Photoshop Express (Android, iOS). Aplikasi ini menawarkan pengeditan foto lanjutan serta fitur pengeditan korektif, seperti koreksi mata merah dan penghapusan cacat. Aplikasi ini gratis dengan pembelian dalam aplikasi dan fitur premium yang dapat diakses jika Anda masuk dengan akun Adobe Creative Cloud Anda. Adobe Photoshop Express memiliki kemampuan penyaringan, bingkai dan cropping dan penyesuaian gambar, serta semua fitur pengeditan yang biasa Anda gunakan: pencahayaan, kontras, sorotan, bayangan, suhu (kehangatan), warna dan getaran. Aplikasi ini memiliki beberapa penyesuaian ekstra yang tidak akan Anda temukan di aplikasi lain, termasuk kemampuan untuk mempertajam gambar, mengurangi kebisingan, defog dan meningkatkan kejelasan, seperti dikutip dari Cnet (18/05/2017). 
Itulah aplikasi-aplikasi edit foto terbaik sebelum diunggah ke media sosial Instagram atau untuk media sosial lainnya.

1 komentar on 10 Aplikasi Edit Foto Sebelum Diposting Ke Instagram Biar Foto Lebih Keren

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam