Sep 16, 2015

Gara-gara Chip Ini, Komputer Bisa Meledak Otomatis

Gara-gara Chip Ini, Komputer Bisa Meledak Otomatis

Chip Canggih 

Teknologi terkadang diambil dari pemikiran yang sebelumnya hanya bisa dilihat pada film fiksi ilmiah tetapi sekarang menjadi kenyataan. Begitu juga dengan chip komputer yang bisa meledak yang awalnya mungkin hanya ada dalam film Mission Impossible. Terkini, insinyur Xerox PARC di California, Amerika Serikat mengembangkan chip dengan kemampuan 'self-destruction' sebagai cara untuk mengamankan data atau informasi penting. 


Chip ini bisa meledak menjadi beberapa potong dan dikembangkan sebagai bagian dari proyek Vanishing Programmable Resources oleh DARPA. Chip tersebut kabarnya juga didukung dengan Gorilla Glass, bukan material plastik dan logam biasa. 


Seperti kita diketahui, Gorilla Glass biasanya digunakan pada perangkat smartphone. Namun, menurut ahli, pertukaran ion pada kaca tersebut bisa menimbulkan reaksi. Sepotong kaca yang ditekan kuat akan pecah dan hancur. 

Tim mendemonstrasikan teknologi tersebut menggunakan fitur laser untuk memicu proses 'self-destruction'. Proses penghancuran diri juga bisa dipicu tidak hanya dengan laser, tetapi bisa melalui sinyal radio atau tombol fisik. 

Chip tersebut suatu hari bisa dipakai untuk mendukung keamanan data. Sehingga, pihak asing tidak dapat mencuri atau mengakses data sensitif milik pengguna maupun data milik perusahaan. Sehingga data tidak bisa dilihat oleh orang yang tidak bertanggungjawab. 

Gara-gara Chip Ini, Komputer Bisa Meledak Otomatis
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon