KI dan KD Bahasa Indramayu SMP

Saturday, August 3, 2019
KI dan KD Bahasa Indramayu SMP

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Indramayu SMP - Pembelajaran Bahasa Indramayu sebenarnya sudah diberlakukan sejak tahun 1994 berdasarkan Keputusan Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat No. No. 849/102/Kep/A/1994.

Pada kurun waktu tersebut diberlakukan mata pelajaran Muatan Lokal (Mulok), yakni Bahasa Sunda, dan Bahasa Indramayu. Pembelajaran Bahasa Sunda diberlakukan di seluruh sekolah di Jawa Barat berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Jawa Barat No. 6 Tahun 1996 tentang Pemeliharaan, Pembinaan, dan Pengembangan Bahasa, Sastra, dan Aksara Sunda, yang menyebutkan bahwa bahasa daerah yang ada di Jawa Barat adalah bahasa Sunda.

Perda Provinsi Jawa Barat itu kemudian direvisi menjadi Perda No. 5 Tahun 2003 Tentang Pemeliharaan, Pembinaan, dan Pengembangan Bahasa, Sastra, dan Aksara Daerah di Jawa Barat. Perda tersebut menyatakan bahasa daerah di Jawa Barat adalah bahasa Sunda, bahasa Cirebon, dan bahasa Melayu Betawi. Penyebutan bahasa Cirebon memiliki dasar pemikiran sebagai bahasa daerah yang berada di wilayah kultural Cirebon. Artinya, bahasa daerah yang berkembang di Indramayu disebut sebagai bahasa Cirebon.

Perda Jawa Barat mengalami revisi kembali menjadi Perda No. 14 Tahun 2014 Tentang Revisi Perda No. 5 Tahun 2003 Tentang Pemeliharaan, Pembinaan, dan Pengembangan Bahasa, Sastra, dan Aksara Daerah di Jawa Barat.

Perda tersebut menyatakan bahasa daerah di Jawa Barat adalah bahasa daerah yang ada di Jawa Barat. Dalam Perda tersebut tidak disebut lagi adanya tiga bahasa daerah sebagaimana Perda No. 5/2003. Dengan demikian penyebutan nama mata pelajaran Bahasa Indramayu dalam struktur dan muatan Kurikulum di Kabupaten Indramayu dijamin dalam Perda No. 14/2014 tersebut.

Mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 79 Tahun 2014 Tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum mata pelajaran muatan lokal Bahasa Indramayu perlu dilakukan sebagai penegasan terhadap keberadaan mata pelajaran Bahasa Indramayu yang menyesuaikan diri dengan Kurikulum 2013.

Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Indramayu merupakan mata pelajaran pada satuan pendidikan yang berisi muatan bahasa daerah Indramayu dan proses pembelajaran tentang potensi dan keunikan lokal yang dimaksudkan untuk membentuk pemahaman peserta didik terhadap keunggulan dan kearifan daerah Indramayu.

Mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan pada Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 tersebut, pengembangan disesuaikan dengan materi dan esensi bahasa Indramayu sebagai mata pelajaran muatan lokal Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Indramayu. 

Bagi bapak dan ibu guru yang membutuhkan KI dan KD Bahasa Indramayu SMP silakan unduh file KI dan KD Bahasa Indramayu SMP :


0 comments:

Post a Comment test