Dec 9, 2019

Soal Remedial PAS IPS Kelas 7 Semester Ganjil Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020

Soal Remedial PAS IPS Kelas 7 Semester Ganjil Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020


Soal Remedial PAS IPS Kelas 7 Semester Ganjil Kurikulum 2013 – Remedial biasanya dilakukan untuk memperbaiki nilai yang kurang dari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) atau KBM (Ketuntasan Belajar Minimal) peserta didik. 

Setiap guru biasanya menerapkan KKM atau KBM yang berbeda-beda tergantung mata pelajaran dan tingkat kesulitan mata pelajaran tersebut. Tetapi ada juga sekolah yang menerapkan KKM atau KBM sama untuk semua mata pelajaran.

Berikut ini soal remedial PAS IPS Kelas 7 Semester Ganjil Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020, silakan dicoba dan lihat langsung nilainya : 



1. Jika ada tetangga yang sedang tertimpa musibah, maka kita ikut merasakan kesedihannya dan berusaha membantunya. Ini merupakan salah satu proses interaksi sosial berdasarkan faktor…..
A. Imitasi
B. Identifikasi
C. Simpati
D. Sugesti

2. Hubungan antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok merupakan pengertian dari … 
A. Lembaga Sosial 
B. Interaksi Keruangan 
C. Interaksi Sosial 
D. Lembaga Pendidikan

3. Menjelang musim hujan, bapak-bapak yang ada di desa sedang membersihkan selokan yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Mereka bekerja tanpa dibayar hal tersebut merupakan salah satu contoh dari …. 
A. Kerjasama 
B. Kompetisi 
C. Asimilasi 
D. Akomodasi

4. Pertandingan Sepak bola Liga 1 Indonesia merupakan salah satu contoh dari bentuk proses disosiatif yang positif yakni ….
A. Asimilasi 
B. Konflik 
C. Kompetisi 
D. Kontravensi

5. Keseluruhan dari sistem norma yang terbentuk berdasarkan tujuan dan fungsi tertentu dalam masyarakat atau himpunan norma-norma yang berhubungan dengan kebutuhan pokok dalam masyarakat disebut dengan … 
A. Kegiatan Sosial 
B. Lembaga Sosial 
C. Makhluk Sosial 
D. Interaksi Sosial

6. Norma yang menunjukkan kepada suatu bentuk perbuatan sanksi yang ringan terhadap pelanggarnya disebut dengan norma …
A. Adat Istiadat 
B. Cara 
C. Kebiasaan 
D. Tata Kelakuan

7. Keluarga berperan dalam pembentukan kepribadian dan perilaku anak agar sesuai dengan harapan orang tua dan masyarakat. Hal tersebut menunjukkan bahwa keluarga mempunyai fungsi . . . 
A. Afeksi 
B. Sosialisasi 
C. Ekonomi 
D. Reproduksi

8. Lembaga sosial yang mengatur hubungan antar manusia dalam pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari merupakan pengertian dari lembaga … 
A. Ekonomi 
B. Keluarga 
C. Agama 
D. Pendidikan

9. Salah satu agama yang diakui oleh Pemerintah adalah Agama Hindu, salah satu hari raya yang selalu diperingati sebagai hari libur nasional adalah ….
A. Imlek 
B. Nyepi 
C. Natal 
D. Idul Fitri

10. Lembaga pendidikan yang dimulai dari jenjang pra-sekolah hingga kejenjang pendidikan tinggi baik yang bersifat umum maupun khusus disebut dengan … 
A. Pendidikan non formal 
B. Pendidikan formal 
C. Pendidikan agama 
D. Pendidikan dasar

11. Tempat di permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian yang digunakan oleh makhluk hidup untuk tinggal disebut dengan …
A. Akomodasi 
B. Rumah 
C. Interaksi 
D. Ruang

12. Salah satu unsur peta yang digunakan untuk menunjukkan nama dari peta tersebut disebut dengan … 
A. Simbol Peta 
B. Judul Peta 
C. Legenda 
D. Garis Koordinat

13. Indonesia berbatasan langsung dengan beberapa negara ASEAN lainnya, salah satu negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia yang letaknya di sebelah utara adalah… 
A. Singapura 
B. Timor Leste 
C. Australia 
D. Papua Nugini

14. Perhatikan tabel berikut ini, manakah dari tabel tersebut yang memiliki fungsi ekonomis dari hutan mangrove : 

A. 1, 2, 3 
B. 3, 4, 5 
D. 2, 4, 5 
D. 1, 3, 5

15. Perpindahan penduduk tidak bisa diindahkan lagi termasuk perpindahan penduduk dari desa ke kota. Apa istilah untuk perpindahan penduduk tersebut …. 
A. Urbanisasi 
B. Transmigrasi 
C. Imigrasi 
D. Emigrasi

16. Indonesia memiliki berbagai keanekaragaman budaya yang tersebar di berbagai provinsi, selain tarian, pakaian juga ada rumah adat. Gambar di bawah ini merupakan rumah adat dari provinsi ….


A. Papua 
B. Yogyakarta 
C. Padang 
D. Bali

17. Fauna yang ada di Indonesia barat, tengah dan timur memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Sehingga beberapa ilmuwan memberikan nama garis tersebut untuk memisahkannya. Garis yang memisahkan fauna Indonesia tengah dan timur disebut dengan garis ….
A. Weber 
B. Charles 
C. Raflesia 
D. Wallace

18. Binatang ini merupakan salah satu fauna yang hidup di Indonesia Timur yang keberadaannya semakin sedikit dan menjadi salah satu binatang yang dilindungi oleh pemerintah. Apa nama fauna tersebut… 

A. Burung Nuri 
B. Badak Bercula Satu 
C. Anoa 
D. Walabi

19. Perubahan jumlah penduduk suatu wilayah disebabkan oleh tiga faktor yakni kelahiran atau natalitas, kematian (mortalitas) dan perpindahan (migrasi). Hal tersebut merupakan pengertian dari ….
A. Mayoritas Penduduk 
B. Pertumbuhan Penduduk 
C. Dinamika Penduduk 
D. Komposisi Penduduk

20. Seorang anak perempuan sering melihat ibunya memasak di dapur, kemudian dia mengajak teman-temannya bermain masak-masakan. Hal tersebut merupakan berlangsungnya proses interaksi sosial yang disebut dengan ….
A. Imitasi 
B. Sugesti 
C. Simpati 
D. Identifikasi
Soal Remedial PAS IPS Kelas 7 Semester Ganjil Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2019/2020
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon