Cara Merekam Layar Menggunakan Aplikasi Bandicam

Tuesday, May 5, 2020
Aplikasi perekam layar Bandicam

Saat pandemi Covid-19, kegiatan belajar mengajar tidak bisa dilakukan di kelas melainkan di rumah saja. Oleh karena itu bapak dan ibu guru harus mengikuti perkembangan zaman dengan membuat soal online atau video pembelajaran untuk peserta didiknya di rumah. 

Tetapi tidak semua guru bisa membuat soal online atau video pembelajaran karena memang ada beberapa faktor dari keterbatasan sarana, dan juga ada yang belum mengetahui aplikasi yang digunakan serta cara menggunakannya. 


Kalau beberapa hari yang lalu, kami sudah membahas tentang cara membuat soal online menggunakan google formulir. Maka pada kesempatan ini kami akan berbagi cara merekam layar di laptop untuk pembuatan video pembelajaran. 

Bapak dan ibu guru biasanya mempresentasikan dihadapan siswa tetapi karena pandemi ini, maka bapak dan ibu guru hanya menjelaskan menggunakan powerpoint dan direkam menggunakan aplikasi. Ada banyak aplikasi rekam layar dari yang bawaan dari sistem operasi dan juga aplikasi lain. 

Salah satu cara merekam layar pada laptop, netbook atau komputer adalah dengan menggunakan aplikasi Bandicam. Berikut cara menggunakan aplikasi perekam layar Bandicam

Unduh dan instal aplikasi Bandicam di sini 


Setelah itu buka aplikasi Bandicam tersebut 

Lalu pilih pengaturan layar yang akan direkam layarnya/select a recording area pilihannya ada Retangle on screen, Full screen atau Around mouse. Selain itu ada juga pilihan untuk Gaming Recording dan HDMI. 

Pilihan layar
Setelah diatur, Anda bisa cek dulu pengaturan lainnya seperti cursor, microfon, dan kamera 


Setelah semuanya diatur, sekarang buka Powerpoint untuk presentasi yang nantinya akan dibuat video untuk peserta didik Anda. 


Lalu tekan Rec atau Record pada pojok kanan atas 


Setelah presentasi berakhir maka Anda hanya menekan kembali Rec

Untuk mencari file rekamannya bisa cek di Documents => Bandicam 


Sedangkan untuk mengeditnya Anda bisa menggunakan aplikasi Bandicut 

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda semua.. 

0 komentar:

Post a Comment test