Cara Membuat e-Book Seperti Buku Bacaan Biasa

Friday, July 23, 2021

 

Cara Membuat e-Book

Cara membuat e-book seperti buku bacaan biasa yang bisa dibuka lembar per lembar - Sejak pandemi bapak dan ibu guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran dari mulai membuat media pembelajaran dan metode pembelajaran agar siswa tertarik dengan materi yang diajarkan. 


Walaupun banyak materi yang bertebaran di dunia maya, tetapi peserta didik masih enggan membaca buku elektronik atau e-book tersebut. Selain ukuran besar juga tidak menarik. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tutorial tentang cara membuat e-Book yang bisa dibuka layaknya membaca buka biasa. 


Pada kesempatan kali ini kita menggunakan aplikasi berbasis web atau menggunakan aplikasi bernama Anyflip. Tetapi kali ini yang akan kita bahas Anyflip adalah berbasis web. 


Berikut cara membuat e-Book menggunakan Anyflip : 



Buka www.anyflip.com 


Lalu tekan Sign Up untuk mendaftar 


Setelah itu muncul tampilan seperti ini, lalu Sign Up ada pilihan menggunakan Google, Facebook atau membuat akun sendiri 

Setelah login menggunakan username dan password maka akan muncul tampilan seperti ini 


Untuk membuat e-Book maka pilih menu Quick Upload lalu tekan +ADD NEW BOOK 

Kemudian masukkan Title (Judul), Description (Deskripsi), Keywords (Kata Kunci), Category (Kategori), Lalu tekan Allow readers to download PDF atau mengizinkan pembaca mengunduh PDF dan Label pilih None untuk yang gratisan. Setelah itu cara file word yang sudah diubah menjadi PDF atau file buku dalam format PDF. Kemudian tekan UPLOAD YOUR PDF 


File tidak boleh lebih dari 150 MB untuk yang gratisan. Kemudian tekan Save untuk menyimpan file tersebut 



Setelah disimpan lalu kita bagikan e-Book tersebut dengan cara  menekan gambar share 

 

Anda tinggal bagikan sesuai keinginan Anda masing-masing bisa bagikan link, facebook, twitter, google atau yang lainnya. 


Selamat mencoba semoga berhasil 


0 komentar:

Post a Comment test