35 Soal Penilaian Harian IPS Kelas 9 Semester Ganjil Materi Perubahan Sosial Budaya

Friday, October 22, 2021


Bagi rekan-rekan guru yang mengampu mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 9 mungkin membutuhkan soal-soal penilaian harian untuk digunakan peserta didiknya di sekolahnya masing-masing. 


Pada kesempatan ini kami bagikan soal Penilaian Harian IPS Kelas 9 Semester ganjil materi Perubahaan Sosial Budaya yang dibuat oleh Bapak Mustofa Kemal Faturohman Guru IPS SMP PGRI 7 Kota Bogor Jawa Barat. 

 

Soal IPS Kelas 9 Semester Ganjil Materi Perubahaan Sosial Budaya : 

1. Faktor penyebab perubahan yang berasal dari dalam masyarakat adalah ….

a. peperangan untuk mempertahankan negara

b. penemuan teknologi baru

c. terjadinya perubahan iklim

d. penemuan teknologi tepat guna


Jawaban B

Faktor penyebab perubahan yang berasal dari dalam masyarakat adalah penemuan teknologi baru. Penemuan¬-penemuan baru merupakan suatu proses sosial dan kebudayaan yang besar, tetapi terjadi dalam jangka waktu yang tidak lama (innovation).

 

2. Perubahan yang terjadi pada struktur dan organisasi sosial dalam masyarakat merupakan pengertian perubahan sosial budaya menurut ….

a. Bruce Cohen

b. Kingsley Davis

c. Mac Iver

d. Ginsberg


Jawaban A

Perubahan yang terjadi pada struktur dan organisasi sosial dalam masyarakat merupakan pengertian perubahan sosial budaya menurut Bruce Cohen.

 

3. Perubahan¬perubahan dalam hubungan sosial atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan hubungan sosial merupakan pengertian perubahan sosial budaya menurut ….

a. Bruce Cohen

b. Kingsley Davis

c. Mac Iver

d. Ginsberg


Jawaban C

Perubahan¬perubahan dalam hubungan sosial atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan hubungan sosial merupakan pengertian perubahan sosial budaya menurut Mac Iver.

 

4. Berikut adalah beberapa kecenderungan perubahan kebudayaan dalam masyarakat, kecuali ….

A. kehidupan dalam masyarakat itu selalu terbuka untuk melakukan perubahan dan perbaikan

B. setiap kebudayaan juga mempunyai kecenderungan untuk berubah karena kenyataan yang dihadapi manusia bukan merupakan keteraturan yang kuat

C. pada perubahan sosial, yang berubah adalah struktur dan hubungan sosialnya, sedangkan pada perubahan kebudayaan, yang berubah adalah kebudayaannya

D. kebudayaan yang kurang maju akan punah


Jawaban D

Beberapa kecenderungan perubahan kebudayaan dalam masyarakat adalah

a. setiap kebudayaan cenderung untuk bertahan;

b. kehidupan dalam masyarakat itu selalu terbuka untuk melakukan perubahan dan perbaikan;

c. setiap kebudayaan juga mempunyai kecenderungan untuk berubah karena kenyataan yang dihadapi manusia bukan merupakan keteraturan yang kuat;

d. pada perubahan sosial, yang berubah adalah struktur dan hubungan sosialnya, sedangkan pada perubahan kebudayaan, yang berubah adalah kebudayaannya.

 

5. Pertentangan dalam masyarakat merupakan salah satu penyebab terjadinya ….

a. perubahan kebudayaan

b. perubahan sosial budaya

c. integrasi kebudayaan

d. integrasi sosial


Jawaban B

Pertentangan dalam masyarakat merupakan salah satu penyebab terjadinya perubahan sosial budaya. Pertentangan dalam masyarakat menjadi penyebab terjadinya perubahan¬perubahan sosial dan kebudayaan. Pertentangan dapat terjadi antarorang perorang dengan kelompok atau antarkelompok itu sendiri karena adanya perbedaan kepentingan sehingga menimbulkan suatu perubahan dalam masyarakat.


6. Fenomena yang timbul sebagai hasil pertemuan kelompok manusia yang mempunyai kebudayaan berbeda dan mengadakan kontak secara langsung dan terus¬menerus disebut ….

a. difusi

b. akulturasi

c. disintegrasi

d. akomodasi


Jawaban B

Fenomena yang timbul sebagai hasil pertemuan kelompok manusia yang mempunyai kebudayaan berbeda dan mengadakan kontak secara langsung dan terus¬menerus disebut akulturasi. Hal itu akhirnya menimbulkan perubahan dalam pola kebudayaan asli satu kelompok atau keduanya.

 

7. Perubahan kebudayaan dalam masyarakat secara damai dan tidak ada pertentangan karena kedua kebudayaan yang berpadu sudah sinkron arahnya disebut ….

a. difusi

b. akulturasi

c. disintegrasi

d. sinkretisme


Jawaban D

Perubahan kebudayaan dalam masyarakat secara damai dan tidak ada pertentangan karena kedua kebudayaan yang berpadu sudah sinkron arahnya disebut sinkretisme. Dalam sinkretisme kemungkinan juga terjadi penyimpangan, tetapi keduanya tidak saling mengancam sehingga tidak terjadi konflik yang hebat.

 

8. Lahirnya kebudayaan Hindu¬Jawa karena proses akulturasi antara budaya Hindu dan Jawa atau budaya Islam dan Jawa merupakan contoh ….

a. difusi

b. akulturasi

c. disintegrasi

d. sinkretisme


Jawaban B

Lahirnya kebudayaan Hindu¬Jawa karena proses akulturasi antara budaya Hindu dan Jawa atau budaya Islam dan Jawa merupakan contoh akulturasi.

 

9. Proses mempelajari dan menyamakan alam pikiran serta sikap dengan adat, sistem norma, dan peraturan yang hidup dalam kebudayaan sendiri, serta dimulai sejak kecil disebut ….

a. difusi

b. akulturasi

c. disintegrasi

d. inkulturasi


Jawaban D

Proses mempelajari dan menyamakan alam pikiran serta sikap dengan adat, sistem norma, dan peraturan yang hidup dalam kebudayaan sendiri, serta dimulai sejak kecil disebut inkulturasi. Inkulturasi disebut juga pembudayaan.

 

10. Teori bahwa peradaban besar berada dalam siklus yang meliputi kelahiran; pertumbuhan; keruntuhan; kematian dikemukakan oleh ….

a. Bruce Cohen

b. Kingsley Davis

c. Mac Iver

d. Toynbee


Jawaban D

Teori bahwa peradaban besar berada dalam siklus yang meliputi kelahiran; pertumbuhan; keruntuhan; kematian dikemukakan oleh Toynbee. Teori ini disebut cyclical theories.

 

11. Masyarakat bangsa Jepang dan Korea Selatan yang memiliki semangat kerja tinggi, sekarang mengalami kemajuan yang sangat pesat adalah contoh perubahan ….

a. laten

b. manifes

c. tidak disengaja

d. regresif


Jawaban B

Perubahan manifes, yaitu suatu perubahan yang gejala maupun prosesnya dapat diamati, seperti masyarakat bangsa Jepang dan Korea Selatan yang memiliki semangat kerja tinggi, sekarang mengalami kemajuan yang sangat pesat.

 

12. Kehancuran para pengusaha di Bali, setelah ada teror bom adalah contoh perubahan ….

a. laten

b. manifes

c. tidak disengaja

d. regresif


Jawaban A

Perubahan laten, yaitu suatu perubahan yang gejala maupun prosesnya tidak dapat diamati atau dideteksi, seperti kehancuran para pengusaha di Bali, setelah ada teror bom.

 

13. Masyarakat pinggir pantai yang mendapat rezeki karena ada ikan terdampar adalah contoh perubahan 

a. laten

b. manifes

c. tidak disengaja

d. regresif


Jawaban C

Perubahan unintended atau tidak disengaja, yaitu suatu perubahan yang terjadi secara kebetulan, seperti masyarakat pinggir pantai mendapat rezeki karena ada ikan terdampar.

 

14. Meningkatkan sumber daya manusia, dengan memberi kesempatan memperoleh pendidikan, tugas belajar, peningkatan biaya atau anggaran pendidikan, peningkatan standar mutu pendidikan, dan peningkatan daya saing bangsa secara internal dan global adalah contoh perubahan ….

a. laten

b. manifes

c. tidak disengaja

d. disengaja


Jawaban D

Perubahan intended atau disengaja, yaitu suatu perubahan yang dilakukan secara sadar demi kemajuan, seperti meningkatkan sumber daya manusia, dengan memberi kesempatan memperoleh pendidikan, tugas belajar, peningkatan biaya atau anggaran pendidikan, peningkatan standar mutu pendidikan, dan peningkatan daya saing bangsa secara internal dan global.

 

15. Kerusakan akibat bencana alam tsunami di Aceh dan gempa bumi di Yogyakarta adalah contoh perubahan ….

a. laten

b. manifes

c. tidak disengaja

d. regresif


Jawaban D

Perubahan regresif, yaitu suatu perubahan yang mengarah pada keadaan yang lebih buruk, menuju pada kemunduran, seperti kerusakan akibat bencana alam tsunami di Aceh dan gempa bumi di Yogyakarta.

 

16. Datangnya Ratu Adil sebagai mesias (penyelamat) merupakan contoh ….

a. difusi

b. sinkretisme

c. asimilasi

d. milenarisme


Jawaban D

Milenarisme disebut juga mesianisme, yaitu perubahan kebudayaan dalam masyarakat yang sudah dinantikan bersamaan dengan munculnya pemimpin yang dianggap bijaksana, wibawa, dan adil. Contohnya, pada zaman Perang Kemerdekaan, bangsa Indonesia membutuhkan fgur yang mampu mengangkat martabat bangsa Indonesia sehingga dalam masyarakat muncul keinginan menunggu datangnya Ratu Adil sebagai mesias (penyelamat).

 

17. Bertemunya kelompok manusia yang mempunyai kebudayaan berbeda dan mengadakan kontak secara langsung dan terus¬menerus merupakan contoh gejala ….

a. difusi

b. sinkretisme

c. asimilasi

d. akulturasi


Jawaban A

Akulturasi meliputi fenomena yang timbul sebagai hasil pertemuan kelompok manusia yang mempunyai kebudayaan berbeda dan mengadakan kontak secara langsung dan terus¬menerus. Hal itu akhirnya menimbulkan perubahan dalam pola kebudayaan asli satu kelompok atau keduanya. Jadi, akulturasi (kontak kebudayaan) adalah pertemuan dua kebudayaan dari bangsa berbeda yang berakibat satu sama lain saling memengaruhi dan terjadi perpaduan kebudayaan yang prosesnya berlangsung dalam kurun waktu lama dan terus¬menerus sehingga terjadi perubahan pola kebudayaan lama. Misalnya, lahirnya kebudayaan Hindu¬Jawa karena proses akulturasi antara budaya Hindu dan Jawa atau budaya Islam dan Jawa.

 

18. Makin berkurangnya perbedaan antara individu dan kelompok atau makin eratnya persatuan aksi, sikap, serta proses mental yang berhubungan dengan kepentingan serta tujuan yang sama merupakan contoh gejala ….

a. difusi

b. sinkretisme

c. asimilasi

d. akulturasi


Jawaban C

Asimilasi adalah suatu proses sosial yang ditandai oleh makin berkurangnya perbedaan antara individu dan kelompok atau makin eratnya persatuan aksi, sikap, serta proses mental yang berhubungan dengan kepentingan serta tujuan yang sama. Individu yang berasimilasi dalam kelompok tertentu akan kehilangan sifat¬sifat khasnya. Individu tersebut akan menyesuaikan diri dengan anggota kelompok. Lancar tidaknya proses asimilasi tergantung pada faktor toleransi, simpati, perkawinan campuran, dan faktor keamanan.

 

19. Tersebarnya unsur¬unsur kebudayaan dari satu individu ke individu lain atau dari satu masyarakat ke masyarakat lain merupakan contoh gejala ….

a. difusi

b. sinkretisme

c. asimilasi

d. akulturasi


Jawaban A

Difusi kebudayaan adalah suatu proses persebaran unsur¬unsur kebudayaan dari satu individu ke individu lain atau dari satu masyarakat ke masyarakat lain. Dengan proses difusi, manusia dapat menghimpun berbagai masukan yang akhirnya dikumpulkan sebagai suatu penemuan baru. Penemuan¬penemuan baru ini dapat diteruskan dan disebarluaskan kepada masyarakat sehingga bisa dimanfaatkan.

 

20. Perubahan kebudayaan dalam masyarakat secara damai merupakan contoh gejala ….

a. difusi

b. sinkretisme

c. asimilasi

d. akulturasi


Jawaban B

Sinkretisme adalah perubahan kebudayaan dalam masyarakat secara damai dan tidak ada pertentangan karena kedua kebudayaan yang berpadu sudah sinkron arahnya. Dalam sinkretisme kemungkinan juga terjadi penyimpangan, tetapi keduanya tidak saling mengancam sehingga

terjadi konflik yang hebat.


Dampak Perubahan Sosial Budaya 

21. Berikut adalah dampak positif perubahan kebudayaan, kecuali ….

a. perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

b. perubahan nilai

c. perubahan sikap

d. peningkatan swasembada pangan


Jawaban D

Dampak positif perubahan kebudayaan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, yaitu perubahan nilai, perubahan sikap, dan meningkatnya kualitas hidup.

 

22. Berikut adalah dampak negatif perubahan sosial budaya, kecuali ….

a. pola hidup hemat

b. pola hidup konsumtif

c. individualisme

d. kesenjangan sosial


Jawaban A

Dampak negatif perubahan sosial budaya, yaitu

a. pola hidup konsumtif;

b. individualisme;

c. kesenjangan sosial;

d. gaya hidup kebarat-baratan.

 

23. Berikut dampak positif globalisasi terhadap budaya Indonesia, kecuali ….

a. masyarakat berwawasan makin luas

b. masyarakat dapat mengambil hikmah dari peristiwa penting di luar negeri

c. masyarakat bersifat kritis terhadap kebijakan pemerintah

d. masyarakat mengenal bermacam kebudayaan dari luar negeri


Jawaban C

Dampak positif globalisasi terhadap budaya Indonesia, yaitu

a. masyarakat berwawasan makin luas;

b. masyarakat dapat mengambil hikmah dari peristiwa penting di luar negeri;

c. masyarakat mengenal bermacam kebudayaan dari luar negeri;

d. masyarakat dapat mengembangkan kebudayaan bangsa yang sesuai dengan peradaban kita dengan konsep dari luar negeri.

 

24. Golongan masyarakat yang menerima arus globalisasi adalah ….

a. individu atau kelompok masyarakat dari kalangan generasi muda yang memiliki kecenderungan terbuka menerima unsur-unsur perubahan dan modernisasi

b. individu atau kelompok masyarakat tertinggal yang berada di daerah terasing yang kontaknya dengan budaya luar relatif terbatas

c. individu atau kelompok masyarakat dari kalangan generasi tua

d. individu atau kelompok masyarakat yang belum mapan dan belum siap menerima perubahan-perubahan, baik mental maupun fisik


Jawaban A

Golongan masyarakat yang tidak menerima arus globalisasi adalah

a. individu atau kelompok masyarakat tertinggal yang berada di daerah terasing yang kontaknya dengan budaya luar relatif terbatas;

b. individu atau kelompok masyarakat dari kalangan generasi tua;

c. individu atau kelompok masyarakat yang belum mapan dan belum siap menerima perubahan-perubahan, baik mental maupun fisik.

 

25. Terjadinya modernisasi dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut, kecuali …

a. perkembangan ilmu pengetahuan

b. perkembangan teknologi

c. perkembangan industri

d. perkembangan investasi asing


Jawaban D

Terjadinya modernisasi dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut:

a. perkembangan ilmu pengetahuan;

b. perkembangan teknologi;

c. perkembangan industri;

d. perkembangan ekonomi;

 

26. Berikut adalah unsur budaya yang paling rentan terhadap pengaruh asing, kecuali ….

a. ilmu pengetahuan

b. sistem adat

c. perangkat teknologi dan komunikasi

d. mata pencaharian


Jawaban B

Unsur budaya yang paling rentan terhadap pengaruh asing adalah

a. ilmu pengetahuan;

b. perangkat teknologi dan komunikasi;

c. mata pencaharian;

d. musik dan hiburan;

 

27. Kelompok masyarakat yang mempunyai kecenderungan untuk mencurigai unsur-unsur globalisasi adalah kalangan ….

a. generasi tua

b. wanita

c. anak-anak

d. generasi muda


Jawaban A

Kelompok masyarakat yang mempunyai kecenderungan untuk mencurigai unsur-unsur globalisasi adalah kalangan generasi tua. Mereka mempunyai kecenderungan untuk mencurigai unsur- unsur globalisasi tersebut.


 

28. Contoh unsur budaya yang sukar disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan masyarakat desa adalah 

a. pupuk

b. penyuluhan pertanian

c. sistem bercocok tanam

d. traktor


Jawaban D

Contoh unsur budaya yang sukar disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan masyarakat desa adalah traktor. Selain harganya mahal, alat ini sulit dirawat oleh para petani.

 

29. Meniru mode pakaian yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa, mode rambut dicat pirang, gaya bicara dan adat sopan santun pergaulan orang Barat merupakan wujud ….

a. modernisasi

b. globalisasi

c. reformasi

d. westernisasi


Jawaban D

Meniru mode pakaian yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa, mode rambut dicat pirang, gaya bicara dan adat sopan santun pergaulan orang Barat merupakan wujud westernisasi. Westernisasi ialah usaha meniru gaya hidup orang Barat secara berlebihan. Misalnya, meniru mode pakaian yang tidak sesuai dengan kepribadian kita, mode rambut dicat pirang, gaya bicara dan adat sopan santun pergaulan orang Barat, dan sering ditambah dengan sikap merendahkan bahasa nasional dan adat sopan santun pergaulan Indonesia.

 

30. Berikut ini adalah gejala-gejala globalisasi, kecuali ….

a. disintegrasi bangsa Uni Soviet

b. saling ketergantungan (interdependensi) di antara bangsa-bangsa dan penduduk di dunia

c. kesamaan dalam kebutuhan dan persamaan di antara individu-individu dan masyarakat di seluruh dunia

d. terjadi perkembangan bidang transportasi, komunikasi, perekonomian yang bersifat global


Jawaban A

Gejala-gejala globalisasi adalah saling ketergantungan (interdependensi) di antara bangsa-bangsa dan penduduk di dunia, kesamaan dalam kebutuhan dan persamaan di antara individu-individu dan masyarakat di seluruh dunia, terjadi perkembangan bidang transportasi, komunikasi, perekonomian yang bersifat global, dan kebutuhan untuk melihat berbagai isu dan kejadian dalam konteks global.

 

31. Berikut adalah dampak negatif perubahan sosial budaya, kecuali ….

a. pola hidup hemat

b. individualisme

c. kesenjangan sosial

d. gaya hidup kebarat-baratan


Jawaban A

Dampak negatif perubahan sosial budaya, antara lain pola hidup konsumtif, individualisme, kesenjangan sosial, dan gaya hidup kebarat-baratan.

a. Pola Hidup Konsumtif

Pola hidup konsumtif muncul dan meningkat karena adanya promosi yang gencar di media massa. Masyarakat makin rakus mengonsumsi produk-produk yang dihasilkan produsen. Agar tidak terjebak pada pola hidup konsumtif, hendaknya manusia dapat menentukan sendiri prioritas kebutuhannya.

b. Sikap Individualistik

Persaingan hidup yang makin keras dan ketat menyebabkan nilai-nilai kemanusiaan mengalami pergeseran, seperti munculnya sikap individualistik. Budaya gotong royong dan tolong-menolong lebih bersifat fungsional yang disalurkan melalui lembaga sosial. Di masyarakat perkotaan, sikap individualistik sangat kentara.

c. Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial muncul karena perubahan kebudayaan hanya dinikmati oleh sekelompok masyarakat tertentu. Kelompok yang dapat memanfaatkan perubahan dengan baik akan memiliki kemampuan sosial ekonomi yang lebih baik bila dibandingkan dengan mereka yang tidak mengalami perubahan.

d. Gaya Hidup Kebarat-baratan (Westernisasi)

Pengaruh budaya yang datang ke Indonesia ada juga yang berasal dari Barat. Nilai-nilai budaya Barat bagi masyarakat sering dianggap sebagai budaya yang maju dan modern. Ada sekelompok masyarakat yang lebih suka bersikap kebarat-baratan agar dinilai sebagai orang-orang modern. Nilai-nilai budaya yang datang dari Barat tidak selamanya positif,

tetapi ada pula nilai negatifnya.

 

32. Berikut adalah faktor nilai budaya luar yang termasuk aspek-aspek modernisasi, kecuali ….

a. senantiasa meningkatkan pengetahuan

b. patuh pada hukum

c. kemandirian

d. ketertutupan


Jawaban D

Globalisasi terbentuk akibat adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi komunikasi internasional yang merupakan faktor teknis dan fisik. Faktor lain yang sangat berpengaruh terhadap terjadinya perubahan sosial budaya sebagai akibat globalisasi adalah faktor nilai budaya luar. Faktor-faktor nilai budaya tersebut adalah termasuk aspek-aspek modernisasi, seperti

a. senantiasa meningkatkan pengetahuan;

b. patuh pada hukum;

c. kemandirian;

d. kemampuan melihat ke depan;

e. keterbukaan;

f. etos kerja;

g. rasionalisasi;

h. efsiensi dan produktivitas;

i. keberanian bersaing dan bertanggung jawab;

j. keberanian menanggung risiko.

 

33. Terjadinya guncangan budaya bangsa akibat globalisasi disebut ….

a. cultural lag

b. cultural shock

c. cultural error

d. cultural leg


Jawaban B

Dampak globalisasi dapat bersifat negatif dan positif. Dampak negatifnya, antara lain sebagai berikut.

1. Terjadinya guncangan budaya bangsa (cultural shock) akibat informasi penonjolan budaya asing.

2. Terjadinya ketimpangan budaya (cultural lag) masyarakat maju di kota-kota dengan masyarakat desa di daerah terpencil.

3. Memperkecil unsur-unsur kebudayaan asli di Indonesia karena ada desakan budaya asing.

4. Masyarakat cenderung bersifat konsumerisme.

 

34. Pada dasarnya dampak negatif pembangunan terjadi karena ….

a. adanya segolongan masyarakat yang menolak pembangunan

b. kurang berkembangnya iptek

c. ketidaksiapan masyarakat menghadapi perubahan-perubahan yang ditimbulkan oleh pembangunan

d. kuatnya nilai-nilai tradisional


Jawaban C

Pada dasarnya dampak negatif pembangunan terjadi karena ketidaksiapan masyarakat menghadapi perubahan- perubahan yang ditimbulkan oleh pembangunan. Proses pembangunan membutuhkan penguasaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi yang seimbang dengan kondisi alam, sosial, dan kebutuhan masyarakat. Namun, seringkali terjadi bahwa teknologi modern yang diterima masyarakat tidak diimbangi dengan perubahan tata nilai dan norma masyarakat. Misalnya, fasilitas-fasilitas mewah yang diberikan kepada para pemuka masyarakat akan menimbulkan keretakan, kecemburuan sosial, bahkan konsumerisme pada masyarakat jika tidak diimbangi sikap mental yang baik dalam penggunaan fasilitas itu. Pembangunan dan modernisasi memiliki dampak positif dan negatif.

 

35. Berikut ini yang bukan faktor-faktor yang memengaruhi modernisasi oleh adalah ….

a. perkembangan ilmu pengetahuan

b. perkembangan teknologi

c. perkembangan industri

d. perkembangan militer


Jawaban D

Terjadinya modernisasi dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut:

a. perkembangan ilmu pengetahuan;

b. perkembangan teknologi;

c. perkembangan industri;

d. perkembangan ekonomi.


Bagi Anda yang membutuhkan Soal Penilaian Harian IPS Kelas 9 Semester Ganjil Materi Perubahan Sosial Budaya silakan unduh di sini 

0 komentar:

Post a Comment test