Oct 24, 2021

Sepasang Gadget Untuk Aktivitas Sehari-hari

Sepasang Gadget Untuk Aktivitas Sehari-hari

Sesi sharing dengan guru-guru di sekolah (Dok. Didno)

Aktivitas saya sehari-hari adalah mengajar di salah satu Sekolah Menengah Pertama di kabupaten Indramayu. Setiap pagi sebelum berangkat kerja saya selalu membaca informasi terbaru dari rekan-rekan melalui aplikasi perpesanan atau media sosial pada smartphone.


Sebelum sarapan pagi, saya menyempatkan menonton berita melalui televisi agar tidak ketinggalan informasi dari sudut pandang yang berbeda, atau membaca berita dan informasi dari media online baik nasional maupun lokal.


Perlengkapan kerja saya yang biasa saya bawa yakni laptop dengan travel charger, charger smartphone dan berbagai buku daftar nilai, dan absensi siswa. Kegunaan selalu membawa laptop ke sekolah tentu untuk membuat perangkat pembelajaran, rekapitulasi penilaian, presentasi di kelas dan lain-lain. Sementara itu smartphone selalu berada di saku celana bila sewaktu-waktu ada telpon atau pesan masuk.


Alasan selalu membawa laptop ke sekolah tentu jika ada hal yang harus dikerjakan mendadak maka laptop dapat diandalkan untuk bisa mengerjakan tugas tersebut di sekolah. Layarnya yang lebih lebar serta mendukung berbagai aplikasi yang tidak ada di smartphone menjadi pilihan menggunakan perangkat tersebut.


Selain digunakan untuk aktivitas mengajar, laptop juga sering digunakan untuk mengisi kegiatan workshop atau pelatihan untuk guru-guru di sekolah sendiri atau di sekolah lain. Selain itu saat mengisi materi tentang pemanfaatan blog untuk mendapatkan penghasilan, pemanfaat media sosial untuk jualan online dan lain di pelosok desa.  

Mengisi materi blog (Dok. Pribadi)

Beberapa workshop atau pelatihan yang harus menggunakan laptop seperti kegiatan workshop tentang pengembangan kurikulum, pembuatan soal online, dan lainnya. Oleh karena itu laptop yang digunakan harus mendukung kinerja seperti ringkas, ringan, performa cepat dan baterai tahan lama agar tidak cepat-cepat mengisi ulang dan pilihannya jatuh pada ASUS ZenBook 14 UM431DA.


Sedangkan smartphone yang digunakan saat ini adalah ASUS Zenfone 5 yang bermanfaat untuk mengambil gambar atau video, membalas pesan melalui media sosial, serta mengedit gambar dan video untuk konten di Youtube, blog atau media sosial yang saya miliki.

ASUS Zenfone 5 (Dok. Pribadi)

Selain itu smartphone juga sesekali diandalkan untuk akses internet dengan menggunakan sebagai hotspot ketika tidak ada akses Wi-fi pada saat kegiatan yang mengharuskan terkoneksi dengan internet, seperti saat simulasi UNBK, zoom meeting dan lain-lain.


Smartphone saat ini seperti memiliki bank sendiri. Karena kini smartphone dapat dimanfaatkan untuk transfer uang, bayar kartu kredit, bayar telpon, bayar listrik dan lain sebagainya. Sehingga memudahkan sekali penggunanya.  


Sebenarnya sepasang gadget yang dimiliki belum seperti yang diharapkan salah satunya adalah smartphone. Saat ini RAM yang digunakan hanya 4GB dan memori internalnya 64GB. Untuk RAM sebesar itu rasanya belum maksimal saat digunakan mengedit foto dan video menggunakan smartphone.


Begitu juga dengan penyimpanannya, dengan memori hanya 64GB rasanya tidak cukup saat merekam video dengan durasi lebih dari 1 jam, menyimpanan ratusan foto di smartphone. Oleh karena itu membutuhkan smartphone dengan RAM dan ROM yang besar.


Untuk mencari referensi gadget saya biasanya membaca ulasan dari Carisinyal.com karena ulasannya mudah dipahami, jujur dan berimbang. Carisinyal memberikan ulasan yang menarik terutama untuk pembaca yang sedang mencari perangkat yang diinginkan.

 

Menu yang ada di Carisinyal yakni Spesifikasi, Update Harga, Smartphone, Tablet, Laptop, Aksesoris, Hardware, Aplikasi, Game, Tips & Trik, dan Review.

 

Untuk menu Spesifikasi berisi spesifikasi perangkat yang sedang dicari oleh pembaca. Biasanya berisi ulasan umum seperti tahun rilis, jaringan, dan SIM Card yang digunakan. Selain itu ada bodi yang berisi dimensi, berat, ketahanan dan fitur lainnya. Lalu ada informasi mengenai layar dari jenis layar, ukuran, refresh rate, resolusi, rasio, kerapatan, proteksi dan lain-lain. 

Menu Spesifikasi

Serta ulasan mengenai hardware dari spesifikasi gadget tersebut seperti chipset yang digunakan, CPU, dan GPU. Selain itu ada juga informasi mengenai RAM, memori internal atau memori eksternal yang disematkan pada perangkat tersebut. 


Ada juga ulasan Kamera baik kamera depan maupun kamera belakangnya. Dari jumlah kamera, konfigurasi, dan fitur-fiturnya. Untuk ulasan Konektivitasnya berisi tentang jaringan Wi-Fi yang digunakan, ketersediaan bluetooth, NFC, Infrared, GPS dan USB.


Ulasan lainnya adalah baterai, Carisinyal mengulas lengkap tentang jenis baterai yang digunakan dalam perangkat tersebut, kapasitasnya, serta fitur-fitur yang digunakan dalam baterai tersebut. Selain itu diulas juga tentang fitur-fitur lainnya.


Nah bagi penjual gadget, carisinyal juga menyediakan menu Update Harga gadget terbarunya yang bisa dimanfaatkan oleh penjual atau pembeli yang akan membeli perangkat. Ada update harga smartphone berbagai merek.

Menu Update Harga


Untuk menu Smartphone, carisinyal menuliskan tentang handphone-handphone terbaru dari berbagai merek seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Realme, Vivo, ASUS, dan lain-lain.  



Sedangkan untuk menu Tablet, carisinyal menuliskan tentang produk-produk tablet terbaru dari berbagai merek baik yang beredar di Indonesia ataupun di luar negeri.



Bagi rekan-rekan yang sedang mencari laptop idaman yang disesuaikan dengan kebutuhan dan budgetnya maka silakan buka menu Laptop. Carisinyal menuliskan rekomendasi-rekomendasi berdasarkan harga dan kebutuhannya sehingga memudahkan pembaca untuk mencari laptop idamannya.



Carisinyal juga memiliki menu Aksesoris yang didalamnya berisi artikel tentang perangkat aksesoris seperti router, antena televisi, tripod, lensa, printer, kabel dan lain-lain.

Menu Aksesoris


Sedangkan menu Hardware, carisinyal memberikan informasi seputar prosesor, chipset, RAM, harddisk, SSD, HDD, motherboard dan lain-lain.



Bagi rekan-rekan yang membutuhkan aplikasi yang sesuai dengan kesukaan atau bakat masing-masing maka Menu Aplikasi sangat membantu pembaca Carisinyal yang membutuhkan referensi aplikasi-aplikasi favorit atau yang wajib dicoba.


Buat gamer atau penyukai game, ada menu yang pasti disukai di Carisinyal yakni Game. Anda akan mendapatkan banyak informasi seputar game yang sedang populer saat ini, kode cheat, bahkan pernak-pernik game seperti kursi gamer, keyboard, mouse pad gamer dan lain-lain.    



Untuk rekan-rekan yang ingin mengetahui hal-hal baru seperti tips dan trik, Carisinyal memiliki menu tersebut. Ada banyak informasi menarik seperti tips dan trik saat menggunakan smartphone, laptop, tablet, media sosial, atau aplikasi perpesanan.



Dan menu yang terakhir adalah menu Review, menu ini berisi ulasan mengenai laptop, smartphone, gadget, konsol game, hardisk, RAM, flashdisk dan lain-lain. Semua diulas secara rinci dan enak dibaca sehingga pembaca yang baru mengenal teknologi sekalipun mudah memahaminya.


Dengan beragam menu yang ada di carisinyal.com maka situs ini direkomendasikan bagi sedang mencari gadget yang sesuai dengan pilihan Anda, dan Carisinyal layak dinobatkan sebagai media informasi soal gadget dan teknologi di Indonesia. 
  

Sepasang Gadget Untuk Aktivitas Sehari-hari
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon