Aug 5, 2022

Rangkuman IPS Kelas 7 Materi Keberadaan Diri dan Keluarga

Rangkuman IPS Kelas 7 Materi Keberadaan Diri dan Keluarga



Keluarga adalah unit sosial yang terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari ayah, ibu dan anak. Keluarga merupakan lingkungan pertama dan terdekat bagi sebagian besar kehidupan kita. 


Silsilah keluarga adalah susunan nama anggota keluarga dari beberapa generasi baik dari keluarga inti atau keluarga besar.  Silsilah keluarga menggambarkan keterkaitan antara manusia, waktu, dan ruang sebagai unsur-unsur sejarah.


Peristiwa keluarga yang terjadi di masa lalu seperti kebiasaan, norma, dan benda-benda peninggalan yang dapat menjadi pedoman untuk hidup. 


Kalian dapat merasakan capaian kesuksesan para pendahulu (unsur manusia) pada masa lalu (unsur waktu) dalam kehidupan mereka masing-masing (unsur ruang). 


Manusia merupakan pelaku sejarah yang beraktivitas pada masa lampau. Unsur waktu menggambarkan periode berlangsungnya perjalanan kisah manusia tersebut. Unsur ruang dalam sejarah berfungsi menjelaskan lokasi atau tempat di mana aktivitas manusia pada masa lampau. 


Ruang ini merupakan tempat di bumi dalam bentuk perairan di darat maupun laut, daratan permukaan maupun di dalam bumi yang memengaruhi kehidupan. Berbagai makhluk hidup di bumi menjadi bagian dari ruang. 

Rangkuman IPS Kelas 7 Materi Keberadaan Diri dan Keluarga
4/ 5
Oleh
Add Comments

Silakan berkomentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam
EmoticonEmoticon