ads

Blog Sebagai Sarana Interaksi Antara Guru dan Murid

Kamis, 15 September 2011

Kata Blog mungkin masih asing untuk sebagian masyarakat kita. Tidak terkecuali dengan pendidik atau guru. Apalagi yang lokasinya berada di daerah pedesaan. Masih banyak yang belum tahu apa itu blog. Kalau diprosentasi mungkin hanya sekitar 20 % saja yang sudah tahu blog dan memiliki blog. Padahal blog ini sangat membantu para guru atau pendidik untuk tidak hanya menyalurkan hobi menulisnya tetapi juga sebagai media interaksi antara guru dan murid. Selain itu blog juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari adsense atau iklan yang terpampang di blog kita.

Berikut cara memanfaatkan blog sebagai sarana interaksi antara guru dan murid :

Pertama, Guru menulis atau memposting hal-hal yang ada hubungannya dengan pendidikan atau tutorial tentang suatu pelajaran, misalnya kita membuat materi tentang pelajaran yang akan dibahas di kelas. Kemudian menjelaskan materi tersebut kepada siswa di kelas. Karena waktu mengajar yang terbatas maka apabila ada siswa yang belum jelas tentang materi yang diberikan, maka guru menyarankan muridnya untuk melihat materi tersebut di blog guru yang bersangkutan dengan memberikan link urlnya atau nama blognya.

Kedua, Guru harus kreatif dengan membuat soal online yang disimpan dan diterbitkan di blog guru tersebut. Saya sudah mencoba dengan membuat soal online untuk siswa saya. Dengan bantuan salah satu situs proprofs.com saya membuat soal online dan dan menerbitkannya ke blog. Kemudia siswa disuruh mengerjakan soal online tersebut. Nah dengan bantuan situs ini kita bisa mengetahui kapan siswa mengerjakan soal tersebut, dimana, dan nilainya berapa. Jadi guru tidak perlu repot – repot mengoreksi nilainya. Kemudian kita menyarankan siswa dengan disuruh mencantumkan nama dan kelas atau identitas lainnya untuk membedakan dengan pengguna yang bukan murid kita. Pada saat mengerjakan soal online ini siswa juga bisa mencetak hasilnya berupa sertifikat yang bisa dijadikan bukti untuk orang tuanya bahwa dia sudah mengerjakan tugas atau bukti untuk gurunya.

Ketiga, Memanfaatkan kolom komentar di blog untuk berinteraksi antara guru dan siswa. Dengan cara menyuruh murid memberikan komentar pada postingan tentang materi pendidikan atau soal online yang kita terbitkan. Dengan demikian kita akan tahu permasalahan yang dihadapi oleh siswa kita. Dan sebagai sarana atau forum tanya jawab antara guru dan siswa.

Keempat, Memanfaatkan jejaring sosial seperti facebook dan twitter sebagai media promosi dan informasi kepada murid kita tentang pembahasan materi, soal online atau informasi seputar sekolah dengan mengupdate status atau tweet yang menyertakan link ke blog kita.

Dengan cara seperti ini kita sebagai pendidik atau guru bisa berbagi ilmu tidak hanya untuk murid kita tetapi juga untuk pembaca blog kita. Selain itu dengan cara ini blog kita sebagai guru akan semakin ramai dikunjungi bayangkan saja kalau murid yang kita didik sebanyak 300 orang, maka pengunjung blog kita tiap hari bisa dikunjungi lebih dari 100 orang mungkin juga ribuan. Karena banyak juga pengunjung yang mencari materi tentang pendidikan dari mesin pencari seperti google. Oleh karena itu kita jangan sampai jadi guru yang ketinggalan informasi dan gagap teknologi.


2 komentar for Blog Sebagai Sarana Interaksi Antara Guru dan Murid:

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam