ads

Smartphone dan Tablet Sebagai Perangkat Medis

Senin, 05 September 2011

Revolusi dalam dunia kesehatan dan profesi medis diam-diam telah berlangsung dua tahun terakhir, dengan menggunakan smartphone dan tablet yang akan mengubah cara kita mendapat dan memproses informasi medis. Biasanya kita akan pergi ke dokter untuk mengecek tekanan darah, mengecek gula darah, USG, atau aktifitas kesehatan lainnya. Tapi sekarang tidak lagi karena ada beberapa aplikasi dan perangkat yang bisa kita gunakan pada smartphone atau tablet kita dan ini disebut dengan mHealth (mobile health). Aplikasi ini bisa berjalan untuk sistem operasi iOS, Android, dan BlackBerry. Mungkin kedepannya bisa digunakan untuk semua platform.

Berikut aplikasi dan perangkat kesehatan untuk smartphone atau tablet :
1. iBGStar Blood Glukose Meter
Alat ini digunakan untuk mengukur glukosa darah, yang dikembangkan oleh AgaMatrix. iBGStar dapat melacak glukosa anda, asupan karbohidrat, dan dosis insulin yang harus diberikan. pengguna iPhone dan Android dapat menggunakan alat dan aplikasi ini dengan menghubungkannya melalui bluetooth. Alat ini sangat bermanfaat untuk penderita diabetes atau kencing manis.
2. Thinklabs Stethoscope App
Aplikasi untuk iPhone ini digunakan untuk memvisualkan dan merekam gelombang detak jantung secara real time. Kemudian rekaman tadi bisa diedit dan direkam untuk keperluan diagnosa dokter.

3. Mobius SP1
Alat dan aplikasi ini digunakan untuk mendiagnosa kandungan atau USG (ultrasonografi). Alat yang bentuknya kecil ini dapat mengambil dapat dengan mudah dan aman menyimpan semua arsip dengan menggunakan jaringan seluler, Wi-Fi, atau konektivitas langsung ke komputer pribadi.

Memang alat dan aplikasi ini harus berbayar tapi kita sebagai pengguna smartphone atau tablet semakin dimanjakan dan dipermudah apalagi jarak dari rumah ke dokter pribadi kita sangat jauh.

Sumber


7 komentar for Smartphone dan Tablet Sebagai Perangkat Medis:

  1. wah keren sekarang Smartphone dan Tablet aja ud bisa di gunain untuk alat kedokteran. Nice info sobat

    kunjungan balik ke blog saya ==> http://7mana.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. ya.. jaman makin maju om.. Semua barang ga berguna di sekitar kalo mau diolah, pasti jadi barang yang sangat2 berguna

    BalasHapus
  3. kita harus punya tuh... pentinggggggg

    BalasHapus
  4. makin lama teknologi makin canggih, menggantikan posisi manusia tentunya dengan hasil yang lebih akurat

    BalasHapus
  5. Ini release di Indonesia kapan yah?

    BalasHapus
  6. sudah bisa dibeli aplikasi ini lewat situs diatas klik aja linknya..

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam