ads

Xlangkah Lebih Maju Dengan Internet

Senin, 14 November 2011

Xlangkah lebih maju. Pertama kali mengenal internet pada waktu kuliah saya kuliah. Saya ditugaskan mencari artikel yang berhubungan dengan mata kuliah yang saya pelajari. Waktu itu internet penetrasinya belum merata hanya di kota-kota besar saja. Operator selulerpun belum banyak dan masih fokus pada layanan suara dan data hanya berupa sms. Ketika mencari artikel tersebut di mesin pencari ternyata banyak sekali artikel yang behubungan dengan tugas saya tersebut. Betapa takjub saya waktu itu dengan yang namanya internet dan akhirnya tugas dari dosen saya selesaikan dengan baik. Ternyata dengan internet membuat pengetahuan kita semakin bertambah dan Xlangkah lebih maju.

Setelah mengetahui kehebatan internet dengan mesin pencarinya, sayapun semakin penasaran dengan yang namanya internet. Saya biasanya menggunakan internet di warnet yang waktu itu harganya masih mahal dan kecepatannya pun masih lambat sekali. Melihat teman saya asyik berchatting ria dengan temannya yang jauh disana akhirnya saya penasaran dan tanya kepada teman saya tersebut.Ternyata teman saya tersebut menggunakan aplikasi yang bernama Yahoo messenger. Sayapun akhirnya ikut menggunakan aplikasi itu untuk berkomunikasi dengan adik saya yang waktu itu bekerja di luar negeri. Dengan internet membuat hidup saya Xlangkah lebih maju karena bisa berkomunikasi dan bertatap muka dengan keluarga dan teman yang letaknya nun jauh disana.

Setelah kualiah selesai akhirnya saya bekerja di salah satu perusahaan jasa akomodasi di Puncak. Sewaktu saya bekerja di bagian Accounting, tempat kerja saya berdekatan dengan teman saya yang bertugas sebagai EDP (Electronic Data Processing). Teman saya yang bagian EDP ini mempunyai kendala dengan pekerjaannya yang ada di Puncak, diapun mengontak atasannya yang ada di Jakarta. Kemudian atasanya menyuruh dia untuk menghubungkan komputer tersebut dengan internet, betapa terkejutnya ketika monitor di komputer tersebut kursornya bergerak sendiri tanpa digerakkan oleh teman EDP tersebut. Kemudian dia mulai memperbaiki program tersebut dengan bantuan akses internet, ternyata mereka menggunakan aplikasi yang bernama Remote Assistance. Dalam hati saya ternyata internet membuat pekerjaan lebih mudah dan Xlangkah lebih maju.

Di tempat kerja saya waktu itu sistem penggajian mengalami perubahan. Sistem penggajian terbaru melalui bank jadi tidak harus antri di depan ruang personalia lagi. Dengan menggunakan sistem penggajian melalui bank, saya tertarik dengan fisilitas yang disediakan XL dengan Mobile Banking BCA. Akhirnya saya mendaftarkan nomor XL saya untuk aplikasi tersebut. Ketika teman-teman harus bolak-balik ke ATM untuk mengecek rekeningnya apakah saldonya apakah sudah bertambah atau belum, saya hanya mengecek lewat handphone saja dan tidak perlu bolak-balik ke ATM. Sangat praktis dan efisien membuat saya Xlangkah lebih maju dibandingkan dengan teman-teman saya.

Setelah sepuluh tahun bekerja di industri jasa karena orang tua saya yang sakit-sakitan, akhirnya saya memutuskan pindah kerja di dekat tempat tinggal orang tua saya. Saya bekerja sebagai pengajar di salah satu SMP. Dunia jasa dan pendidikan memang berbeda tetapi tetap berhubungan dengan pelayanan. Saya kebetulan ditugaskan mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah tersebut. Waktu itu ada pelajaran yang membahas tentang peta. Kalau peta dan atlas mungkin sudah ada semenjak murid saya masih di SD tetapi saya mulai memperkenalkan aplikasi Google Map yang ada di handphone saya. Anak-anak sangat antusias sekali apalagi waktu itu saya tunjukkan lokasi sekolah dilihat dari atas melalui bantuan aplikasi Google Map dan akses internet. Maklum waktu itu akses internet belum banyak digunakan karena lokasi saya jauh dari kota. Tetapi dengan adanya handphone dan aplikasi Google Map membuat pengetahuan murid-murid saya Xlangkah lebih maju dibandingkan dengan teman-teman yang belajar di sekolah lain.

Untuk menambah pengetahuan dan kemampuan mengajar, saya akhirnya belajar menulis melalui blog. Saya menggunakan internet dengan bantuan bluetooth dongle dan handphone sebagai modem. Saya membuat media pembelajaran seperti soal online, soal-soal latihan, soal-soal ujian nasional, dan materi tentang mata pelajaran yang saya ajarkan lalu diposting di blog saya. Murid saya ditugaskan untuk mengerjakan soal online dan membaca materi pembelajaran tersebut kemudian mengirim lewat email. Kebetulan setelah beberapa tahun saya mengajar mulai banyak bermunculan warnet-warnet dan sudah banyak handphone pintar yang dimiliki oleh murid saya. Dengan mulai mengenal blog, email dan internet membuat murid-murid saya Xlangkah lebih maju pengetahuan tentang teknologinya tidak kalah dengan teman-temannya yang ada di daerah perkotaan.

Dari pengalaman berselancar di dunia maya akhirnya banyak ilmu yang saya dapat. Termasuk beberapa situs yang menyediakan informasi-informasi yang sangat bermanfaat untuk saya pribadi, murid-murid saya, dan juga rekan-rekan saya. Murid saya sangat tertarik setelah saya tunjukkan situs-situs yang bisa melihat kondisi lalu lintas secara langsung, situs yang berisi informasi soal-soal yang sesuai dengan jenjang pendidikannya, dan lain-lain. Rekan-rekan saya sesama pengajar juga selalu bertanya kepada saya mengenai informasi terbaru seputar informasi pendidikan terbaru seperti RPP terbaru, Kalender Pendidikan, Sertifikasi Guru, dan lain-lain. Jadi dengan sering mengakses internet kita tidak tertinggal informasi dan Xlangkah lebih maju dari yang lainnya.

Ketika jejaring sosial facebook mulai melanda masyarakat Indonesia. Saya memelopori dan mendorong rekan-rekan saya dan murid saya untuk menggunakan jejaring sosial tersebut untuk pendidikan. Setiap ada informasi tentang pendidikan atau kegiatan sekolah saya selalu menulis status di facebook. Dengan facebook ini informasi pendidikan dan aktifitas dan kegiatan murid kita bisa dipantau. Kita sebagai pengajar dapat menegur siswa kita jika ada murid kita yang menggunakan kata-kata yang kasar dan menyinggung orang lain atau mengunggah gambar yang tidak patut di facebook. Kita juga bisa berinteraksi dengan murid atau orang tua tentang perilaku anaknya di sekolah atau di luar sekolah. Dengan jejaring sosial ini membuat informasi dua arah dan membuat sekolah kita Xlangkah lebih maju dibandingkan dengan sekolah lain.

Seiring dengan perkembangan teknologi akhirnya banyak bermunculan jejaring sosial yang baru salah satunya adalah twitter. Sayapun memelopori siswa saya untuk membuat akun twitter. Karena dari twitter kita bisa mendapatkan informasi, pengetahuan dan hal-hal yang bermanfaat lainnya. Dampak negatifnya menurut saya sangat sedikit jika dibandingkan dengan faccebook. Apalagi sekarang banyak sekali akun twitter yang memberikan banyak hadiah membuat mereka semakin tertarik membuat akun twitter. Sekali lagi dengan internet siswa saya Xlangkah lebih maju dalam hal jejaring sosial.

Pada saat ini saya sedang antusias sekali mendorong siswa saya untuk membuat blog. Apalagi setelah saya sebagai gurunya mendapatkan beberapa penghargaan dari blog dan mendapat undangan acara blogger tingkat nasional maupun internasional, seperti Blogger Nusantara, Asia Pasific Mlearning 2011 dan ASEAN Blogger 2011. Ditambah seringnya saya menginformasikan kepada murid saya bahwa blog bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan mengikuti program adsense baik lokal maupun intenasional, adsense lokal yang saya rekomendasikan adalah dari Idblognetwork. Membuat siswa saya semakin banyak yang terinspirasi dengan saya dan mulai belajar ngeblog. Walaupun masih banyak yang copy paste tetapi saya tetap memberikan pengarahan agar mereka mencantumkan sumbernya sebagai bentuk penghargaan dan menghargai hak cipta orang lain dan mulai mengembangkan kemampuan menulisnya. Dengan semakin banyaknya siswa saya yang belajar ngeblog membuat mereka Xlangkah lebih maju.

21 komentar for Xlangkah Lebih Maju Dengan Internet:

  1. woooow ... keren pa,,,,,

    BalasHapus
  2. mantap ya XL ya makin berkembang

    BalasHapus
  3. widih baca artikel ini langsung terkenang suasana KOPDAR di Sidoarjo kemaren ...

    XLangkah lebih maju bergema di sana kan... Ingat nggak? Pasti ingat lah *ingat tukul : NDESO!

    BalasHapus
  4. semoga masalah XL bisa semakin diminimalisir :D

    BalasHapus
  5. dengan mengenal kang Didno, sy jadi ikut XLangkah lebih maju juga :D

    BalasHapus
  6. terima kasih ya... yg udah komen

    BalasHapus
  7. ini yang membuat dunia maya membius semua orang dan semua umur

    BalasHapus
  8. hal indah semoga bebrbuah manis, dan mafaat bagi semuanya

    BalasHapus
  9. jadi ingat masa dulu, mau internet harus beli dulu pulsa, karena ke warnet jarak tempuhnya sangat jauh, apalagi kalau malam, sulit bangeut mencari informasi untuk bahan keesokan harinya, ini adalah satu langkah yang memberikan kemajuan untuk negeri Qita

    BalasHapus
  10. semakin lebih maju dengan internet, tentunya XL akan XLalu lebih maju dengan berbagai pelayanan mulai dari SMS, Telpon, hingga Data untuk menjadikan masyarakat indonesia XLangkah lebih maju.

    BalasHapus
  11. Keren Bos XL semakin KErwen.......
    :)

    BalasHapus
  12. Dari dulu XLalu.. dan trbukti XLangkah lebih maju

    BalasHapus
  13. Sukses Mas untuk kontesnya.Oh ya Enak ya jalan-jalan terus nih mas didno.Terkenal hehehe

    BalasHapus
  14. terima kasih ya mas atas doanya

    BalasHapus
  15. wah, semoga murid-muridnya mau ngeblog mas. kalau saya saat ini konsen ke guru-gurunya. karena saya ngajar di sebuah sekolah dasar di pelosok daerah, maka belum memungkinkan saya mengajarkan blog kepada murid saya yang komputer saja belum bisa mengoperasikan :-)

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam