ads

Meriahnya Acara ON|OFF 2011

Sabtu, 03 Desember 2011

Hari Sabtu tanggal 3 Desember 2011 tepatnya pukul 10.15 acara ON|OFF 2011 dibuka. Dengan diawali Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dibawakan oleh Renata Tirta. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari chairwoman acara ON|OFF 2011 yakni Aulia Halimatussadiah atau yang sering disapa dengan Ollie. Ollie menekankan peranan blogger dan media online di Indonesia dan dunia. Setelah sambutan dari Ollie acara dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Duta Besar Amerika Ted Osius sebagai sponsor utama dari Acara ON|OFF 2011.

Setelah acara sambutan dari Kedutaan Besar Amerika Serikat, acara dilanjutkan pidato inspirasi dari Anies Baswedan. Anies mengungkapkan pengalamannya tentang peran internet dan sosial media yang sungguh menjadi inspirasi buat blogger dan pengguna internet di Indonesia. Setelah itu acara dilanjutkan dengan guyonan-guyonan khas anak-anak muda Indonesia yakni Stand-Up Comedy oleh Isman dan kawan-kawan. Peserta terhibur dengan adanya Stand-Up Comedy ini.

Acara dilanjutkan dengan persembahan musik dari musisi rapper kondang dari negeri ini yakni siapa lagi kalau bukan Saykoji. Lagu Saykoji yang cukup menggelitik saya sih lagu “Alamat Palsu” yang biasa dinyanyikan Ayu Tingting kini dinyanyikan oleh Saykoji dengan musiknya yang khas membuat peserta acara ON|OFF 2011 terhibur.

Beberapa saat kemudian acara dilanjutkan dengan perkenalan blogger dari negera-negara ASEAN. Ada beberapa yang saya kenal sewaktu acara ASEAN Blogger di Bali lalu. Mereka memperkenalkan diri satu persatu dan mereka senang melihat acara seperti di Indonesia ini. Bahkan di beberapa negera jumlah blogger hanya ada ribuan saja dan itupun gerak-geriknya dibatasi oleh pemerintahnya.

Setelah perkenalan blogger dari negara-negara ASEAN, acara dilanjutkan dengan makan siang dan shalat. Di waktu senggang ini banyak dimanfaatkan oleh peserta dan beberapa booth untuk menggelar acaranya seperti dari Acer yang mengajak peserta ON|OFF untuk merasakan notebook terbarunya yakni Acer Aspire S3. Notebook Acer Aspire S3 ini begitu ramping dan nyaman saat digunakan. Selain itu fitur Instant On pada Acer Aspire S3 ini sangat cocok sekali buat yang sering online karena hanya hitungan beberapa detik notebook ini siap digunakan sangat sesuai seperti saya dan rekan-rekan blogger. Selain itu kecerahan notebook Acer Aspire S3 ini sangat memukau tidak kalah dengan para pesaingnya.

Kemudian VOA juga yang mengajak peserta ON|OFF menjadi reporter VOA di studio mininya, termasuk saya ikut acara ini saya ikut merasakan bagaimana jadi pembaca berita di televisi. Serasa penyiar berita banget apalagi setelah selesai dapat hadiah flashdisk, topi dan goody bag. Selain itu yang baca di Booth AXIS ada yang lomba joget gembira khas AXIS yang lucu. Dan masih banyak booth yang menggelar acara sehingga peserta menjadi terhibur apalagi diimingi dengan souvenir yang menarik.

Setelah selesai makan dan shalat, peserta kemudian disuguhi musik akustik dari Nikki & Sheila Wannabe dan Danger Ranger. Di samping itu banyak peserta yang mengunjungi booth-both di lantai satu dan dua seperti booth dari Blogger Bogor, Blogvaganza, Seruit, Blogger Benteng Cisadane, Dot Semarang, Blogger Bekasi, dBlogger, Komunitas blogger pengguna Qwords, Mbatikyuuuk, Kartunet, Indonesia Future Leaders, Piknik Asik, HijUp, Blood for Life, Lentera Indonesia, Internet Sehat, The Hermes, IMO, Coin a Chance, Motivakids, Indonesian Student Job, Faksimini, Komunitas Nimas Putri Sabdojati, GeGtlueID, Rotaract Semanggi Jakarta, Selamatkan Ibu, Nokia Ice, Start Up Lokal, Nulisbuku, LocalBrand, Forum Lingkar Pena, Peduli Musik Anak, SPEAK (Suara Pemuda Anti Korupsi), Aktif Positif, Peduli anak untuk negeri, Kelompok pengguna Linux Indonesia, Indo Harry Porter, Indo Star Trek, Ganti Baju, dan Womenpreneur.

Pada saat musik akustik peserta ON|OFF 2011 yang mempunyai ketertarikan dengan beberapa topik mengikuti acara Breakout Session 1 yang mengetengahkan topik menarik seperti Menulis dari Gagasmedia dan Fiksimini, Fotografi dari Jerry Aurum, Start-up & Investor dari Satya Witoelar & Cyberagent Venture, Fashion dari Fahionese Daily, Expressing Yourself online & offline oleh Google, Acer featuring Standup Comedy Indonesia & Pandji.

Setelah acara musik akustik selesai panitia mengumumkan Breakout Session 2 yang menghadirkan beberapa topik seperti Traveling dari Komunitas Keluarumah & Aci, Love, Sex, and Dating dari Zoya Amirin, Partnership/speed networking oleh IDS, Ideas & Incubators oleh Project Eden & Telunjuk, serta Acer featuring Indonesia mengajar. Saya mengikuti sesi ini karena tertarik dan sesuai dengan profesi saya sebagai guru. Tapi saya belajar dari pengajar muda yang ditempatkan di daerah-daerah terpencil di Indonesia seperti Maluku, Kalimantan, Sumatera, dan Sulawesi. Mereka mengungkapkan suka dan dukanya menjadi pengajar di daerah tertinggal yang tidak ada listrik, wc yang tidak pakai septic tank, harus pakai pelampung kemana-mana dan masih banyak lagi lainnya.

Di panggung utama diadakan acara Fashion Show dari HijUp yang menampilkan beberapa model busana muslim yang sangat menarik. Diperagakan oleh model-model cantik dengan lenggak-lenggoknya yang menarik membuat suasana di sekitar panggung sangat meriah. Banyak dari peserta yang mengabadikan gambarnya dengan kamera DSLR, kamera handphone atau smartphone serta menggunakan tablet untuk mengambil gambarnya.

Setelah acara Breakout Session II selesai bersamaan dengan selesainya acara peragaan busana, di panggung utama acara dilanjutkan dengan Preview Film Garuda Didadaku 2 yang dibawakan oleh Rudi Soedjarwo dan teman-teman. Disini ditampiklan cuplikan film Garuda Didadaku 2 yang akan tayang pada tanggal 15 Desember nanti. Setelah preview film acara dilanjutkan dengan musik akustik dari Masova & Lisa dan Easy Tiger.

Disaat bersamaan diadakan acara Breakout Session III yang menampilkan topik menarik seperti Lingkungan oleh Indonesia berkebin & Holycow Steak, Workshop pembuatan layang-layang oleh Museum Layang-layang Indonesia, Edukasi oleh Bincang Edukasi, Womenpreneurship oleh Komunitas Womenpreneur Academy, Asean’s Digital Landscape dari blogger negara-negara ASEAN, dan Youth oleh Magazine. Setelah acara Breakout Session selesai semua peserta berkumpul kembali di depan panggung utama.

Acara kemudian dilanjutkan dengan peluncuran buku Berkat Ngeblog dibawakan oleh Doro Kakung dan teman-teman. Buku ini sebenarnya kumpulan para blogger yang menuliskan pengalaman pribadinya selama ngeblog. Cerita itu kemudian ditulis di blog masing-masing pada tanggal 27 Okotober lalu sebagai Hari Blogger Indonesia dan link tulisan itu dikirim ke twitter @onoffID. Setelah acara peluncurkan buku selesai kemudian acara dilanjutkan dengan peragaan busana dari Local Brand.

Acara dilanjutkan kembali dengan games dari sponsor AXIS yakni joget gempita. Peserta sebelumnya sudah mengikuti lomba Joget Gempita di booth AXIS dengan gayanya yang lucu dan menarik membuat peserta ON|OFF yang melihatnya pasti tersenyum atau tertawa terpingkal-pingkal.

Setelah Games acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang beberapa acara yang sudah dilaksanakan sebelumnya yakni Three on Three, Apresisasi Blog, Most inspiring twitter user dan Guraru atau Guru era baru. Beberapa rekan saya seperti Wijaya Kusumah dari Blogger Bekasi dan Agus Sampurno dari Jakarta sebagai Penerima Guraru Award yang berhak menerima hadiah persembahan dari Acer. Sedangkan pemenang Apresiasi Blog dimenangkan oleh rekan saya Eko Sutrisno Hape dari blogger Bekasi. Acara yang ditunggu-tunggu peserta sampai akhir adalah door prize persembahan dari Acer. Banyak peserta yang sengaja tidak pulang untuk mendapatkan hadiah dan seperti biasa saya tidak berhasil mendapat hadiah. Acara ditutup dengan penampilan dari Indonesia Beatbox.

Selama acara berlangsung sebenarnya saya banyak ngobrol dengan rekan-rekan dari blogger bekasi dan Rhesya Agustine dari Lentera Indonesia yakni suatu komunitas yang peduli terhadap korban perkosaan dan pelecehan seksual. Saya sangat tertarik dengan kegiatan Lentera Indonesia yang berusaha memahami dan mengerti bagaimana sulitnya membangun kepercayaan diri para korban pelecehan perkosaan dan pelecehan seksual bahkan kenangan itu tidak bisa hilang seumur hidup.

Acara ON|OFF 2011 benar-benar meriah dan membawa kenangan tersendiri bagi seluruh pesertanya. Sangat sesuai dengan tema “Ideas Meet Opportunities”. Buat blogger semuanya mudah-mudahan kita masih diberi kesempatan untuk berkumpul lagi, berbagi, bercanda, dan bergurau. Sampai ketemu lagi tahun depan.

14 komentar for Meriahnya Acara ON|OFF 2011:

  1. Wah sudah di review nih ..
    Asyik banget ,, SERU tapi sayang pulang tidak membawa Doorprize :(

    BalasHapus
  2. Memang seru banget tuh acara On|Off,
    Sekarang lebih banyak komunitasnya yg keren2..

    BalasHapus
  3. Kami juga ada kemarin di ComFest..:)

    Salam kenal..

    BalasHapus
  4. \o/
    Seru ya kemarin...
    Betah deh pokoknya kalo online ketemu di offline :)

    Next time musti sering-sering kumpul2 lagi sesama banci online :D

    Join Fan Pages VIVAlog
    Best Regards, Gal's

    BalasHapus
  5. wow menarik sekali acara kemaren, tetapi aku tak datang eum. Semangat.

    BalasHapus
  6. menurut saya tidak semua blogger hebat datang kemarin di Rasuna,karena masalah waktu & tempat yang menghambat para blogger indonesia
    walaupun kantor saya,ikut dalam kategori start up local,hehehe

    BalasHapus
  7. Wah, jauh...
    Ga bisa ikut...

    BalasHapus
  8. kaya nya seru nih

    http://www.j-fleece.com/fleecious/asokurubi

    BalasHapus
  9. aku kemarin ngga ikut acara pembukaan, tertinggal, habis kelamaan nongkrong di mac D Pasar Festival :)

    BalasHapus
  10. wahh hebatt tuhh on|of ,,kerenn amattt,,,cuman sayangnya gak ngajak-ngajakkk,,heheh

    BalasHapus
  11. wah semua blogger di undang cuma mungkin kita ada beberapa kendala seperti lokasi yang jauh dari tempat tinggal, dan kegiatan lain yang tidak bisa ditinggalkan. Mudah-mudahan kita diberi umur panjang dan bisa ikut acara Pesta Blogger (on|0ff) tahun depan...

    BalasHapus
  12. postingannya bagus kang,salut dan sukses atas berhasilnya acara OnOff 2011.. semoga tahun depan bisa ikut..

    BalasHapus
  13. memangnya undangan via apa kang? hehe

    BalasHapus
  14. undangannya langsung dibeli ditempat acara mas...

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam