ads

Karya-karya Anak Bangsa Siap Mendunia

Jumat, 10 Februari 2012

Setelah melalui beberapa tahap seperti pendaftaran dan seleksi, akhirnya ajang Lenovo Do Network sampai pada tahap final. Pada tahap ini proyek-proyek hasil dari ide terbaik karya anak bangsa ditampilkan dan dipilih oleh masyarakat. Sebelumnya para juri memilih proyek-proyek tersebut berdasarkan jumlah pilihan yang paling populer, keberhasilan atas suatu ide yang dibuat, dan seleksi dari para mentor. Maka terpilihlah sepuluh proyek yang mendapat nilai tertinggi dan terpilih sebagai finalis. 

Dalam tahap final yang dimulai dari tanggal 9 hingga 22 Pebruari 2012. Masyarakat bisa memilih karya terbaik dan pemenangnya akan diumumkan pada tanggal 1 Maret 2012 nanti. Tahun ini Lenovo Do Network membuat beberapa tantangan. Tantangan pertama adalah Pendidikan Portable yakni mendesign sebuah “classroom in box” yang bisa dikirim ke daerah terpencil dimana pendidikan berkualitas masih kurang , sedangkan tantangan kedua adalah menciptakan solusi baru untuk menjawab masalah kemacetan. Tantangan ketiga adalah produk = kemajuan yakni menemukan produk konsumen baru yang dirancang untuk membawa efek positif bagi lingkungan. Dan tantangan terakhir bebas yang tidak termasuk dari ketiga tantangan.

Berikut kesepuluh karya terbaik anak bangsa yang siap mendunia lewat Lenovo Do Network : 
  1. GratiSains adalah sebuah aplikasi situs web, aplikasi situs web versi mobile dan juga berupa aplikasi Android yang diisikan ke dalam tablet Lenovo atau tablet Android lainnya. GratiSains merupakan karya Danny Ismarianto Ruhiyat dari Bandung. 
  2. Dibungkus.com yakni situs yang menyederhanakan dan mengatur proses pemesanan makanan dari berbagai pilihan menu yang disediakan oleh berbagai restaurant yang telah bekerja sama dan menyediakan bermacam-macam metode pembayaran demi memudahkan dalam pemesanan makanan. Dibungkus merupakan karya Giannova Ryandanny Satoto dari Bali. 
  3. Jung Dictionary of Law atau JUNG Kamus Hukum karya adalah karya Frederic Tumanggor dari Jember. JUNG adalah sebuah software untuk seluruh lapisan masyarakat dan beragam profesi seperti akademisi, penegak dan praktisi hukum, aktifis LSM, birokrat, jurnalis hukum, dosen dan mahasiswa yang sering berkutat dengan dunia hukum di Indonesia. 
  4. W-Dance Go Go merupakan peralatan karya yang dibuat khusus dengan mengikuti perkembangan teknologi yang mengedepankan aspek-aspek yang selama ini dianggap tidak terdapat pada konsol game biasa. W-Dance Go Go merupakan karya Widi Putro Iriantoro dari Yogyakarta.
  5. GameForSmart adalah sebuah game online pendidikan yang dibuat untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan cara yang menyenangkan. GameForSmart merupakan karya Fatkul Amri dari Malang.
  6. DLS (Distance Limitation System) merupakan sistem untuk mendeteksi jarak tempuh setiap mobil dengan menggunakan piranti ECU (Electronic Control Unit). Jarak tempuh tersebut sebagai parameter untuk memberikan denda apabila melanggar batas maksimal yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. DLS ini merupakan karya Bryan Rahardy dan kawan-kawan dari Surabaya. 
  7. eumkm-dot-com adalah solusi total sistem online UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) Indonesia dengan menyediakan teknologi tepat guna untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya UMKM dengan sistem yang terintegrasi mulai manajemen bisnis dan keuangan di internal UMKM, website profil dan e-commerce untuk semua UMKM, dan sistem yang membantu UMKM dalam permodalan kredit lunak dari perbankan, terutama untuk masyarakat yang belum bankable. eumkm-dot-com merupakan karya Rosa Kurniawan dari Malang. 
  8. Bintang sekolah merupakan sebuah revolusi cara belajar dan pengembangan kemampuan kognitif dengan teknik belajar yang efektif, mudah dipahami, dan enjoyable. Bintang Sekolah merupakan karya Nizar Lutfiansyah, ST dari Malang. 
  9. Muvon adalah alat charge, yang menggabungkan 2 sumber energi terbarukan, yaitu SOLAR CELL dan KINETIC ( atau tenaga gerak ). Alat ini merupakan karya Ariesta Satryoko dari Jakarta.  
  10. Sistem Pengaturan Lalu Lintas Cerdas dan Adaptif dengan menggunakan metode Principal Component Analysis (PCA), Algoritma Viola-Jones dan Kalman Filter untuk penghitungan jumlah mobil sehingga memiliki fungsionalitas untuk dapat memahami kondisi jalan. Sistem ini merupakan karya Dr. Petrus Mursanto, M.SC dari Bogor. 
Nah anda bisa berpartisipasi menentukan proyek mana yang paling bermanfaat bagi Indonesia. 

23 komentar for Karya-karya Anak Bangsa Siap Mendunia:

  1. wwuuaaahhh.... keren2 yaa karya2nya..... sepertinya yg pnting tu yg pengaturan lalu lintas..... sbnarnya yg lebih pnting tu utk mengatur SDA... tapi kok gak ada yaa ????

    BalasHapus
  2. salut dengan karya anak bangsa

    BalasHapus
  3. wow keren akhirnya mereka sudah berkarya mantaps

    BalasHapus
  4. silakan mampir dan baca2 yo..

    BalasHapus
  5. Wah sangat keren banget sob.. mantap deh kar

    BalasHapus
  6. Saya sangat bangga dengan mereka :)

    BalasHapus
  7. wow sadis ini sih, turut bangge ane. Dukung trs karya nyata anak bangsa :)

    BalasHapus
  8. turut senang dan terus berkarya ya

    BalasHapus
  9. ini baru bikin aq bangga, terus sempurnakan 'state of the art'

    BalasHapus
  10. mantap....
    dukung karya bangsa...
    :)
    http://abadiorkes.blogspot.com/

    salam blogger:)

    BalasHapus
  11. idonesia masih ada cahaya ditengah hitamnya korupsi melanda negaraku .indonesia.......maju

    BalasHapus
  12. maju terus indonesia ku..

    berkarya terus anak2 bangsa..

    salam Software toko

    BalasHapus
  13. Like this job !

    terus berkarya berinovasi demi kesuksesan.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  14. selamat berkarya anak bangsa...buktikan pada dunia bahwa kita bisa

    best regard
    3-wicak

    BalasHapus
  15. yg seperti ini nih yang harus didukung, bukan lomba2 boyband atw girlband dan semacamnya #eh

    BalasHapus
  16. keren2 nih karya anak bangsa, harus di kembangkan n jd contoh buat yg anak2 bangsa indonesia yg lain

    BalasHapus
  17. Teruslah membuat karya yg lebih baik,agar negara ini dipandang lebih baik lagi oleh dunia.

    review ipod touch 4g

    BalasHapus
  18. sangat-sangat bangga dengan merka.. kapan aku atau kita bisa sperti merka.. :D

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam