ads

Layanan Telepon Penterjemah Berbasis Cloud Kini Hadir

Selasa, 14 Februari 2012

Anda mungkin pernah kesulitan ketika menelepon seseorang yang ada dari luar negeri sedangkan anda tidak fasih menggunakan Bahasa Inggris, Bahasa Jepang atau bahasa lainnya. Atau sebaliknya ketika ada seseorang yang menelepon kita dari luar negeri menggunakan Bahasa Inggris, Bahasa Jepang atau bahasa lainnya. Tapi sekarang tidak usah khawatir lagi karena salah satu operator dunia asal Jepang yakni NTT Docomo sedang mengembangkan layanan telepon penterjemah berbasis Cloud. 

Docomo meluncurkan layanan ini berdasarkan permintaan atau on-demand. Pelanggan hanya berbicara menggunakan bahasanya masing-masing saat bertelepon dengan penerima lainnya. Penerima dapat mendengarkan dalam bahasa pilihannya mereka masing-masing. Sebagai ilustrasi jika orang Jepang menelepon orang Inggris, orang Jepang menelepon cukup menggunakan Bahasa Jepang sedangkan orang Inggris tidak usah mencari penterjemah karena otomatis bahasa dari si penelepon akan berubah menjadi Bahasa Inggris.

Teknologi ini masih dalam uji coba nantinya akan sangat bermanfaat untuk dunia pendidikan, pariwisata, pengadilan, perusahaan ritel, rumah sakit dan lain-lain. Teknologi ini memang masih belum sempurna karena masih ada jeda sekitar dua detik saat menterjemahkan dari Bahasa Jepang ke Inggris atau sebaliknya. Tetapi layanan ini sudah memiliki tingkat akurasi yang hampir mencapai 80 persen. Layanan ini rencananya akan dirilis pada akhir Maret nanti. Saat ini bahasa yang sudah bisa digunakan selain Bahasa Inggris dan Jepang adalah Bahasa China dan Korea, sedangkan untuk bahasa lainnya akan segera menyusul. 

1 komentar on Layanan Telepon Penterjemah Berbasis Cloud Kini Hadir

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam