ads

Video Konferensi Terbaru, Melibatkan Banyak Orang Seolah Dalam Satu Ruangan

Rabu, 04 April 2012

MM-Space yakni sebuah sistem yang dirancang dikembangkan oleh sebuah laboratorium di NTT untuk pengguna sistem video konferensi yang melibatkan beberapa orang, seolah-olah mereka berbicara satu sama lain dalam satu ruangan yang sama. Sistem ini merekam wajah dan suara pengguna dari ruangan di mana mereka berbicara, dan mengirimkannya ke ruang di mana percakapan itu terjadi. Sebuah ruang rekreasi yang memiliki beberapa proyektor, layar tembus pandang, aktuator, dan speaker, yang posisinya dapat disesuaikan dengan pengguna lainnya.

Dengan sistem ini pengguna video conference merasa seolah-olah percakapan terjadi secara mulus bak di dunia nyata, sistem ini dapat menghilangkan latar belakang dari setiap penggunanya, dan memproyeksi gambar seukuran aslinya pada layar tembus pandang.

Dalam sebuah percakapan tatap muka yang sebenarnya, informasi nonverbal, seperti melihat seseorang, menggelengkan kepala, dan mengangguk, memainkan peran penting dalam komunikasi yang lancar. Jadi dalam sistem ini, gerakan kepala si pengguna dicerminkan melalui gerakan fisik layar, dengan menggunakan pelacakan wajah. Hal ini membuat mudah bagi penggunanya untuk melihat siapa yang melihatnya. Sistem ini membantu pengguna untuk melihat ke arah yang benar, yang selama ini menjadi masalah dalam video conference.

Saat ini, NTT sedang berusaha untuk membuat sistem ini berfungsi secara real time. Perusahaan berencana untuk melakukan tes secara menyeluruh, serta mempertimbangkan posisi kamera yang optimal dan isu keterlibatan dalam berkomunikasi secara real-time.


Sumber

2 komentar for Video Konferensi Terbaru, Melibatkan Banyak Orang Seolah Dalam Satu Ruangan:

  1. teknologi sekarang memang canggih.

    http://www.unikgaul.com/2012/02/cara-mengatasi-kecanduan-rokok.html

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam