ads

Wow ! Kini Hasil USG Bisa Dicetak Dalam Bentuk 3 Dimensi

Selasa, 14 Agustus 2012

Bagi ibu yang sedang hamil biasanya memeriksa kandungannya dengan di foto USG di rumah sakit atau klinik bersalin, kemudian USG-nya dicetak dalam bentuk film. Tapi kini ada hasil USG bisa dicetak dalam bentuk 3 dimensi dan ini merupakan layanan cetak foto USG bayi yang belum lahir dalam bentuk 3D pertama di dunia. Layanan ini dibuat oleh Fasotec dan Hiroo Ladies Clinic, dan layanan ini sudah dimulai sejak 30 Juli lalu. 

Model 3D yang dihasilkan menggunakan teknologi khusus, yang disebut BioTexture, untuk pemrosesan 3D diambil dari data gambar tulang setiap pasien dan organ menggunakan CT atau MRI. Kemudian, model 3D dibentuk dengan printer 3D, yang menggunakan semprotan dua resin secara bersamaan, warna transparan untuk tubuh ibu dan putih untuk bayi.

Dengan cetak 3D ini sangat bermanfaat bagi para dokter dan mahasiswa kedokteran dapat menggunakannya sebagai sarana berlatih sayatan dan belajar tentang struktur dalam tubuh. Ke depannya teknologi ini digunakan untuk kesehatan dan industri. 

Bagi ibu yang sedang hamil, teknologi ini dapat melihat bagaimana tampak bayi mereka sebelum dilahirkan, dan untuk dapat mengenali bagian tubuh mereka sendiri. Sehinggi mereka dapat merasakan yang namanya "Hamil”. Layanan ini dikenakan biaya 100.000 Yen atau sekitar 12 jutaan, belum termasuk biaya pengambilan gambar. Karena sebagian besar biaya digunakan untuk menciptakan data 3D BioTexture, mulai sekarang Fasotec berencana untuk memperluas berbagai pilihan harga, dan menyesuaikan dalam berbagai bentuk dan ukuran.
 

Sumber

3 komentar for Wow ! Kini Hasil USG Bisa Dicetak Dalam Bentuk 3 Dimensi:

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam