ads

Ancaman Potensial Dari Internet

Rabu, 17 Oktober 2012


Internet bagaikan pisau bermata dua. Di satu sisi bisa digunakan ke arah yang positif, disisi yang lain bisa digunakan ke arah yang negatif.  Dengan internet seseorang bisa berbuat sesuatu dari sekedar mencari informasi, mencari kawan, bergaul, berbuat sosial untuk sesama, sampai mencari nafkah untuk menghidupi keluarganya.

Tapi selain memiliki banyak manfaat,  internet juga memiliki potensi yang berbahaya bagi penggunanya. Dari yang sekedar hanya menerima spam, malware, penipuan, dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa ancaman potensial dari internet :

  1. Spam. Spam adalah e-mail sampah yang kerap datang bertubi-tubi ke mailbox kita, tanpa kita kehendaki. Isi spam tersebut bermacam-macam dari sekedar menawarkan produk/jasa, hingga penipuan berkedok bisnis kerjasama, tawaran multi-level marketing, mendapatkan hadiah jutaan dolar, dan iklan-iklan yang tidak dikehendaki. Spam termasuk ke dalam masalah keamanan yang serius karena dapat digunakan untuk mengirim Trojan, virus, worm, spyware, dan sasaran serangan phishing.
  2. Malware. Malware adalah sebuah program berisi kode berbahaya, termasuk diantaranya virus, worm, dan Trojan. Malware menyebarkan diri dengan memanfaatkan media-media komunikasi populer, seperti email, pesan instan, situs, dan material download lewat koneksi peer-to-peer. Malware juga akan berusaha mengeksploitasi kelemahan pada sistem.
  3. Spyware. Spyware adalah sebuah program jahat yang bersembunyi di dalam komputer. Sesuai namanya, program ini akan memata-matai segala aktivitas yang kita lakukan di internet tanpa sepengetahuan kita, lalu mencuri data-data penting seperti username, password, dan informasi rekening bank. Spyware biasanya terinstal secara otomatis ketika kita mendownload software tertentu, atau mengklik iklan tertentu dari sebuah situs atau mengklik link tertentu dari sebuah pesan e-mail atau yang muncul secara tiba-tiba di pesan instan.
  4. Phishing. Phising dikenal juga sebagai aksi penipuan online yang mencoba mencuri data-data penting pengguna internet seperti username, password, dan detil informasi kartu kredit. Teknik sserangan yang dilakukan umumnya dengan rekayasa sosial, misalnya memanfaatkan isu-isu terkini seperti bencana alam banjir, gempa bumi, tsunami dan lain sebagainya. Teknik ini digunakan untuk mengelabui kita agar menyerahkan informasi pribadi.
  5. Cyber Bullying. Cyber Bullying adalah perilaku anti-sosial yang melecehkan ataupun merendahkan seseorang. Kebanyakan menimpa anak-anak dan remaja, baik dilakukan secara online atau melalui telepon seluler. Cyber Bullying memanfaatkan pesan SMS, email, instan messaging, blog, situs jejaring sosial, atau halaman web untuk mengganggu, mempermalukan dan mengintimidasi. Bentuknya bermacam-macam seperti menyebarkan isu-isu palsu, memposting foto-foto memalukan, pelecehan seksual, ancaman hingga tindakan berbuntut pemerasan.

Sumber Buku Internet Sehat.

7 komentar for Ancaman Potensial Dari Internet:

  1. Waduhh Ternyata Gak Di Dunia Nyata Atau Di Dunia Maya Ada Aja Ancaman !

    Sukses Selalu Salam TB4all

    BalasHapus
  2. wah harus hati-hati ya..

    BalasHapus
  3. terima kasih infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  4. thanks for your information... I like it..

    BalasHapus
  5. informasi yang sangat berguna sekali nih buat para onliners

    BalasHapus
  6. mantap infonya......thanks ya.....!!!

    BalasHapus
  7. ini baru berita hangat,,buat nambah referensi,,

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam