ads

Tips Aman Belanja Lewat Internet

Sabtu, 13 Oktober 2012

Sekarang sepertinya kita susah untuk tidak terlepas dengan yang namanya internet. Begitu juga dengan yang namanya belanja. Belanja kini tidak melulu bertatap muka dan terjadi tawar menawar. Tapi kini belanja bisa dilakukan hanya dengan duduk di depan monitor dan langsung bayar menggunakan internet banking. 

Kini banyak sekali bermunculan situs-situs yang menjual barang secara online. Mulai dari barang barang mewah, elektronik, pakaian, perhiasan, hingga perlengkapan sehari-hari. Namun kemudahan belanja secara online pasti mempunyai resiko. Untuk mengatasi resiko tersebut ada baiknya kita mengetahui tips aman belanja lewat internet.

Berikut tips aman belanja lewat internet

  1. Cari Toko Online Yang Terpercaya. Sebelum memutuskan bertransaksi, ada baiknya melihat “review” atau “reward” yang diberikan pelanggan untuk sebuah toko “online”. Di facebook anda bisa mencoba menanyakan kepada pembeli, apakah pelayanan yang didapat memuaskan dan barang terkirim dengan baik. 
  2. Sabar. Namanya juga toko “online” belum tentu pemilik atau petugasnya “online” setiap waktu. Kadang ada toko yang menyanggupi jika pelanggannya berkirim SMS supaya responsnya cepat. Tapi adakalanya Anda juga harus bersabar menunggu stok barang dalam arti jangan bertransaksi, kecuali barang benar-benar tersedia. Kalau tidak, uang terlanjur dikirim, barang kosong, Anda sendiri yang rugi. Jarang ada toko yang mau mengembalikan uang yang terlanjur dikirim. 
  3. Teliti Deskripsi Barang. Biasanya untuk membeli baju Anda harus teliti mencermati rinciannya, seperti ukuran lingkaran dada, panjang, warna, dan bahannya. Jangan lupa untuk selalu mengukur lingkar dada jika ingin membeli baju baru, siapa tahu Anda tambah gemuk atau kurus. Sedangkan untuk barang-barang elektronik, Anda harus mengecek spesifikasinya apakah sesuai dengan keinginan Anda atau tidak. 
  4. Lihat Cara Pembayaran dan Biaya Kirim. Kadang ada orang tergiur dengan harga yang murah, tetapi tidak memperhatikan cara pembayaran dengan kartu kredit atau transfer. Sebaiknya anda berhati-hati saat menggunakan kartu kredit jangan sampai salah dan dimanfaatkan oleh orang lain. Selain itu Anda juga harus memperhitungkan ongkos kirim dan biaya transfer yang harus ditanggung. Juga biaya asuransi jika membeli barang elektronik atau barang pecah-belah. Usahakan berbelanja di toko yang rekening banknya sama dengan rekening kita. Sebab, transfer antar-bank biasanya dikenakan biaya tambahan. 
  5. Cari Tanda Bahwa Situs Itu Aman. Lihat dan cari bahwa situs yang kita kunjungi aman dengan mencari tanda berupa gambar gembok di baris status (status bar) browser. Sebelum memasukkan informasi pribadi Anda, dan periksa tanda itu ada. Pada saat Anda meminta untuk memasukkan informasi pendaftaran nomor kartu kredit, lihat alamat situs web. Harusnya alamat situs web berubah dari http ke 'shttp' atau 'https'. Artinya informasi pembayaran itu dienkripsi, lebih aman. 
  6. Matikan PC Setelah Melakukan Transaksi. Setelah menggunakan pc atau laptop untuk belanja online sebaiknya matikan pc atau laptop anda. Karena biasanya ada malware yang sengaja ditanam untuk mengambil alih kendali PC dan melakukan transaksi. 
  7. Simpan Bukti Transaksi. Setelah melakukan transaksi online sebaiknya bukti-bukti fisik jangan dibuang. Untuk jaga-jaga kalau terjadi permasalahan di kemudian hari.

2 komentar for Tips Aman Belanja Lewat Internet:

  1. thank ya sob, ini bisa jadi pelajaran baru dan bisa aku trapakn di bisniss terbaru ku ini :)

    good luck yah....

    BalasHapus
  2. biasanya kalo aku rajin baca testimoni dari temen2 yang udah akrab dulu, kalo direkomendasikan ya baru deh brani belanja.. :D paling sering order baju

    BalasHapus

Mari budayakan komentar dengan menggunakan kata-kata yang baik dan sopan tanpa spam